Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Membatik dari Bahan Alam Menggunakan Teknik Ecoprint di Kelompok B

Authors

  • Dwi Nur Ainun Ngadifah Universitas Terbuka
  • Nissa Mawarda Rokhman Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v4i12024p22-29

Keywords:

bahan alam, batik, ecoprint, kreativitas

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu kemampuan kreativitas anak kelompok B RA AL Ma’arif 02 Kertayasa belum berkembang dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak dengan membatik dari bahan alam menggunakan teknik ecoprint. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Objek penelitian adalah kemampuan kreativitas anak. indikator keberhasilan, yaitu 75% atau BSH dan BSB, jika anak memiliki kemampuan untuk mencapai indikator peningkatan kreativitas dan melakukannya secara menyeluruh. Hasil belajar pada kondisi awal pencapaian kriteria keberhasilan kreativitas hanya 36,62% atau 1 peserta didik, untuk kemampuan pada siklus 1 40,00% atau 2 peserta didik dan siklus 2 meningkat menjadi 86,66% atau 4 peserta didik. Berdasarkan observasi ada perubahan kemampuan peserta didik kearah positif setelah dilakukan kegiatan pembelajaran selama 2 siklus.

References

Arikunto, S. (2006). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi orangtua mengatasi kejenuhan anak belajar dari rumah selama pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729–1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961.

Cartwright, Carol A., Carwright, G.Phillip. (1984). Developing Observation Skills. New York: McGraw-Hill.

Felix. (2002). Teknik Eco Dyeing dengan Memanfaatkan Tanaman sebagai Pewarna Alam. Alfabeta. Bandung.

Hanifah, A. N. U., Haq, C. A., Suranto, S., & Susilo, A. (2021). Peningkatan Kreativitas Anak dengan Memanfaatan Barang Bekas Hiasan Kain Flannel bagi Anak TPA Nurul Yaqin Desa Sugihan. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 144–151. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15714.

Hurlock, B Elizabeth. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2. Diterjemahkan Oleh Med. Metasari Tjandrasa, Jakarta: Erlangga.

Irianingsih,A. R. (2018). Yuk Membuat Eco Print Motif Kain Dari Daun Dan Bunga. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Masitoh, dkk. (2017). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta. Universitas Terbuka.

Nilsen, Barbara Ann. (2004). Week by Week, Documenting The Development of Young Children. Clifton Park: Thomson Delmar Learning.

Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Nasional Anak Usia Dini, Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 1668. Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta.

Putri, M. R., Wahyuningsih, S., & Djaelani, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengurutkan Pola Melalui Media Bahan Alam pada Anak Kelompok A1 Tk Desa Wonolopo Tasikmadu Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016. Kumara Cendekia, 6 (1), 32-38.

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Pranada.

Simanungkalit, Y.S. (2020). Teknik Ecoprint Dengan Memanfaatkan Limbah Mawar (Rosa Sp.) Pada Kain Katun. Skripsi. Fakultas Teknik, UNNES.

Reksodiprodjo, S. (1999). Ekonomi Publik, Edisi Pertama. Yogyakarta.

Winarsih, W. (2019). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membatik. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 1(1), 29-42.

Downloads

Published

30-01-2024

How to Cite

Ngadifah, D. N. A., & Rokhman, N. M. (2024). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Membatik dari Bahan Alam Menggunakan Teknik Ecoprint di Kelompok B. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(1), 22–29. https://doi.org/10.17977/um065v4i12024p22-29

Issue

Section

Articles