Pengembangan Media Peta Digital Keberagaman Suku di Indonesia untuk Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Muhammad Farkhan Sayoga Universitas Negeri Malang
  • Puri Selfi Cholifah Universitas Negeri Malang
  • Khusnul Khotimah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i112023p1017-1030

Keywords:

digital map, ethnic diversity, ADDIE Model, peta digital, keberagaman suku, Model ADDIE

Abstract

Abstract: Today's learning media offers flexibility for users. The development of digital media maps of ethnic diversity in Indonesia was carried out with the aim of producing learning media that received validation from media experts and material experts, media that was practical for teachers to use, and attractive to students in class IV elementary schools. The subjects of this research were fourth grade students at Banjarejo Donomulyo 1 State Elementary School, in January 2023. The ADDIE model was applied in this research in five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The instruments used were observation, interviews and questionnaires. Expert validation on products that have been developed obtained a percentage of 94.44 percent from media experts, and 86.11 percent from material experts. Media products obtained a percentage of 95 percent from practicality trials. And through the results of the attractiveness test, an average percentage of 91.67 percent was obtained from the one-on-one test, 90.71 percent from the small group test, and 94.01 percent from the large group test. Based on these results, the digital media map of ethnic diversity in Indonesia for Class IV Elementary Schools is categorized as valid, practical and interesting.

Abstrak: Media pembelajaran masa kini menawarkan fleksibilitas bagi pengguna. Pengembangan media peta digital keberagaman suku di Indonesia dilakukan dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran yang mendapatkan validasi dari ahli media serta ahli materi, media yang praktis digunakan oleh guru, dan menarik bagi peserta didik di kelas IV Sekolah Dasar. Subjek  dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas empat di Sekolah Dasar Negeri 1 Banjarejo Donomulyo, pada Januari 2023. Model ADDIE diterapkan pada penelitian ini dalam lima tahapan yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan angket. Validasi ahli pada produk yang telah dikembangkan memperoleh persentase 94,44 persen dari ahli media, dan 86,11 persen dari ahli materi. Produk media memperoleh persentase 95 persen dari uji coba kepraktisan. Serta melalui hasil uji coba kemenarikan diperoleh rerata perentase 91,67 persen dari uji satu lawan satu, 90,71 persen dari uji kelompok kecil,  dan 94,01 persen dari uji kelompok besar. Berdasarkan perolehan tersebut media peta digital keberagaman suku di Indonesia untuk Kelas IV Sekolah Dasar termasuk kategori valid, praktis, dan menarik.

References

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Akhmad, N. 2019. Ensiklopedia Keragaman Budaya. Semarang: Alprin.

Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. 2021. Studi literatur: Peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173-184. Dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article /view/43560/17369 (online) diakses pada 11 Mei 2023.

Ardiansyah, H., Sindu, I. G. P., & Putrama, I. M. 2019. Pengembangan Video Pembelajaran PPKn Untuk Pengenalan Suku Dan Budaya Indonesia (Studi Kasus: Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Singaraja). KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 8(2), 319-329. Dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/ article/download/ 18386/11070/0 (online) diakses pada 2 Maret 2023.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Babbie, R. 2020. The Practice of Social Research. Australia: Cengage

Damayanti, L., Suana, W., & Riyanda, A. R. 2022. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis augmeneted reality pengenalan perangkat keras komputer. ikraith-informatika, 6(1), 10-19. Dari google.scholar.com (online) diakses pada 2 Maret 2023.

Dewi, M. P., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. 2020. Perkembangan bahasa, emosi, dan sosial anak usia sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1-11. Dari http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/7369 (online) diakses pada 1 Maret 2023.

Ermiana, I., Hari, A. H., & Khair, B. N. 2019. Pengembangan media berdasar komputer (CBI) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III di SDN 12 Ampenan. In Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 297-303). Dari http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/ ppdn/article/view/1337/677 (online) diakses pada 2 Maret 2023.

Gagne, R. M., Wager, W. W., Golas, K. C., Keller, J. M., & Russell, J. D. 2005. Principles of instructional design (5th ed.). Belmont, CA: Thomson/ Wadsworth.

Januszewski, A., & Molenda, M. (Eds.). 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge.

Kim, M., & Cappella, J. N. 2019. Reliable, valid and efficient evaluation of media messages: Developing a message testing protocol. Journal of Communication Management, 23(3), 179-197. Dari https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/JCOM-12-2018-0132 (online) diakses pada 2 Maret 2023.

Kusnanto. 2009. Keanekaragaman Suku dan Budaya Indonesia. Semarang: Alprin.

Labib, U. A., & Yolida, B. 2019. Pengembangan aplikasi berbasis android yang terintegrasi dengan website sebagai media pembelajaran biologi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(5), 33-42. Dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/17868/13035 (online) diakses pada 2 Maret 2023.

Mahajani, T., & Muhtar, R. H. 2019. Pemerolehan Bahasa dan Penggunaan Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(3), 170-178. Dari https://jurnal.uns.ac.id/jpi/ article/view/46477 (online) diakses pada 1 Maret 2023.

Mokoginta, H., Sojow, L., & Manggopa, H. K. 2021. Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 220-226. Dari http://ejurnal. unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/1337/1303 (online) diakses pada 1 Maret 2023.

Mukhlisa, N. 2021. Miskonsepsi pada peserta didik. SPEED Journal: Journal of Special Education, 4(2), 66-76. Dari https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/ speed/article/view/403/389 (online) diakses pada 1 Maret 2023.

Natalia, W. W. D. 2008. IPS Geografi untuk SMP/ MTs Kelas VII. Jakarta: PT Grasindo.

Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. 2021. Potensi pemanfaatan media sosial tiktok sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran daring. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(02), 425-436. Dari https://uia.e-journal.id/akademika/article/view/1406/1041 (online) diakses pada 2 Maret 2023.

Saifudin, I., & Suharso, W. 2021. Pembelajaran e-learning, pembelajaran ideal masa kini dan masa depan pada mahasiswa berkebutuhan khusus. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 5(2), 30-35 (online) diakses pada 16 Februari 2022.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. 2020. Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ|, 4(2), 163-173. Dari https://online-journal.unja.ac.id/JIITUJ/ article/view/11605/10463 (online) diakses pada 2 Maret 2023.

Septiaji, A. 2018. Pengembangan Nilai-nilai Karakter dalam Teks Sastra Tradisional melalui Media Peta Pikiran Digital sebagai Inovasi Pembelajaran bagi Guru Pendidikan Dasar. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 2(1). Dari http://jurnal.unma .ac.id/index.php/dl/article/view/427 (online) diakses pada 11 Maret 2021.

Supriyono, S. 2019. Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48. Dari https://journal.unesa.ac.id/ index.php/jpd/article/view/6262/3180 (online) diakses pada 7 Maret 2021.

Suryadi, A., Rosa, N. M., & Subandriyo, E. 2020. Perancangan Aplikasi Pengenalan Suku Dan Kebudayaan Berbasis Android. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi) (Vol. 4, No. 1). Dari https://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/ semnasristek/article/view/2497/245 (online) diakses pada 2 Maret 2023.

Susanti, E. A., & Abdul, H. R. 2020. Pemahaman Siswa SMP Terhadap Konsep Pembagian Pecahan Berdasar Tugas Pengajuan Soal Analogis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(3). Dari https://ejournal.unesa.ac.id/ index.php/ mathedunesa/ article/view/38237 (online) diakses pada 1 Maret 2023.

Widianto, E. 2021. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213-224. Dari https://ejournal.uinsuska.ac.id/ index.php/JETE/article/view/11707/6677 (online) diakses pada 28 Februari 2023.

Yaumi, Muhammad. 2019. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yuanta, F. 2020. Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100. Dari https://journal.uwks.ac.id/index.php/trapsila/article/view/ 816/704 (online) diakses pada 2 Maret 2023.

Downloads

Published

30-11-2023

How to Cite

Sayoga, M. F., Cholifah, P. S., & Khotimah, K. (2023). Pengembangan Media Peta Digital Keberagaman Suku di Indonesia untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(11), 1017–1030. https://doi.org/10.17977/um065v3i112023p1017-1030

Issue

Section

Articles