Pengembangan Spot Wisata Edukasi Motorik bagi Anak di Rest Area Desa Pagersari
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v3i102023p953-959Keywords:
tourist spots, education, motorbikes, pagersari, spot wisata, edukasi, motorikAbstract
Abstract: The needs of the community, especially Pagersari Village officials, Ngantang District, Malang Regency, in developing a rest area as a tourist area that is friendly to all ages is very urgent. Pagersari Village is still experiencing several obstacles in making details of each existing spot and related to the procurement of these spots. Apart from that, in relation to the realization process of each existing spot, the village requires assistance regarding technical implementation in the field. Solutions to solve this problem include (a) creating motor-based children's game spot designs, (b) implementing game spot designs. The method for implementing this service activity includes several stages, namely (1) preparation stage, (2) implementation stage, and (3) final stage. At each stage, several activities are carried out in accordance with the needs and plans for completing this community service activity. The output of this community service activity is expected to produce several outputs, including: 1 Copyright, 1 News in the Mass Media, 1 design implementation product, 1 product documentation, 1 published article.
Abstrak: Kebutuhan masyarakat khususnya aparat Desa Pagersari Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang dalam pengembangan rest area sebagai kawasan wisata yang ramah terhadap segala jenjang usia merupakan hal yang sangat mendesak. Desa Pagersari masih mengalami beberapa kendala dalam pembuatan detail dari masing-masing spot yang ada serta terkait pengadaan spot-spot tersebut. Selain itu juga dalam kaitannya dengan proses realisasi dari setiap spot yang ada pihak desa membutuhkan pendampingan terkait teknis implementasi dilapangannya. Solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut diantaranya adalah (a) pembuatan desain spot permainan anak yang berbasis motorik, (b) implementasi desain spot permainan. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini meliputi beberapa tahapan yaitu (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap akhir. Pada masing-masing tahap dilaksanakan beberapa kegiatan sesuai dengan kebutuhan dan rencana penyelesaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Luaran Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini nantinya diharapkan menghasilkan beberapa luaran antara lain: 1 Hak Cipta, 1 Berita di Media Massa, 1 produk implementasi desain, 1 dokumentasi produk, 1 artikel terpublikasi.
References
Admin, T. M. (2020). KKN UM di Desa Pagersari, Ngantang Kabupaten Malang dengan Branding Rest Area. Kumparan. https://kumparan.com/tugumalang/kkn-um-di-desa-pagersari-ngantang-kabupatenmalang-%0Adengan-branding-rest-area-1usbtdHjTW4/full
Alam, W. (2001). Deskripsi Objek Wisata. Bagja Waluya, 660. Desa Pagersari. (2012). Blogspot.com. http://kecngantang.blogspot.com/2012/11/desapagersari.%0Ahtml
Febriyani, A. D. (2020). Dampak Pembangunan Karangploso terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Donowarih. 2507(February), 1–9.
Irawan, A. H. A., Indarti, N., & Sivilokonom. (2013). Analisis Adopsi Inovasi Green Design Studi pada Inisiasi Perencanaan Rest Area Km 6 Jakarta. Universitas Gajah Mada.
Nurhasanah, B. N. A., Rachmayani, I., & Suarta, I. N. (2017). Identifikasi Pemafaatan Alat Permaian Edukatif (Ape) Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 31–40.
Paturusi, S. A. (2001). Perencanaan Tata Ruang Kawasan Pariwisata. Program Pasca Sarjana Universitas Udayana Denpasar, Bali.
Pratito, A. M. (2020). Evaluasi Rest Area Ontowiryo Berdasarkan Prinsip Dasar dan Standar Rest Area [Universitas Islam Indonesia]. http://hdl.handle.net/123456789/20067
Ristianawati, Y., Nugroho, P. S., & Kiswoyo. (2021). Pengembangan Kawasan Wisata pada Rest Area Boja dalam Mendukung Peningkatan Pedapatan Desa Melalui Perilaku Herding (Studi Kasus di Kawasan Wisata Rest Area Desa Boja, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal). Jurnal Ekonomi dan Statistik Indonesia, 1(3), 268–275. https://doi.org/10.11594/jesi.01.03.12
Simamora, M. I. S., Harahap, Y. N., & ... (2022). Edukasi Permainan Edukatif Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Anak Dalam Mengenal Bilangan Matematika. JALIYE: Jurnal …, 1(2), 50–57. https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jaliye/article/view/384%0Ahttps://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jaliye/article/download/384/355
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.