Strategi Pengelolaan Sarana dan Prasarana Dalam Menunjang Kualitas Pembelajaran Di Sman 1 Tumpang

Authors

  • Eka Asri Pratiwi Universitas Negeri Malang
  • Ali Imron Universitas Negeri Malang
  • Juharyanto Juharyanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i102023p905-917

Keywords:

Management Strategy, Infrastructure, Quality of Learning, Strategi Pengelolaan, Sarana Prasarana, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Abstract: This study aims to describe (1) the overall condition of the facilities and infrastructure in schools, (2) learning space management strategies to support the quality of learning in schools, (3) library and laboratory room management strategies to support the quality of learning in schools, (4) ) Weaknesses and solutions to the management of infrastructure in supporting the quality of learning in schools, and (5) the principal's strategy in managing infrastructure to support the quality of learning in schools. The research method used is qualitative, with a case study design at SMAN 1 Tumpang. The data were collected using observation techniques, in-depth interviews, and documentation. The results of this study include (1) the overall state of facilities and infrastructure in schools, (2) learning space management strategies to support the quality of learning in schools, (3) library and laboratory room management strategies to support the quality of learning in schools, (4) drawbacks and the solution for managing infrastructure in supporting the quality of learning in schools, namely the lack of human resources for infrastructure. The solution for infrastructure is to coordinate with the principal, deputy facilities and infrastructure and the SMAN 1 Tumpang committee team, which then the committee team will carry out fundraising to the guardian of students. and (5) the principal's strategy in managing infrastructure to support the quality of learning in schools, namely developing the philosophy of Ki Hajar Dewantara and accepting suggestions from all residents of SMAN 1 Tumpang.

Abstrak: Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Keadaan secara keseluruhan sarana dan prasrana di sekolah, (2) Strategi pengelolaan ruang pembelajaran dalam menunjang kualitas pembelajaran di sekolah, (3) Strategi pengelolaan ruang perpustakaan dan laboratorium dalam menunjang kualitas pembelajaran di sekolah, (4) Kekurangan dan solusi dari pengelolaan sarana prasarana dalam menunjang kualitas pembelajaran di sekolah, dan (5) Strategi kepala sekolah dalam pengelolaan sarana prasarana untuk menunjang kualitas pembelajaran di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan desain studi kasus di SMAN 1 Tumpang. Data yang dikumpulkan mengguankan teknik obsevasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi (1) Keadaan secara keseluruhan sarana dan prasrana di sekolah, (2) Strategi pengelolaan ruang pembelajaran dalam menunjang kualitas pembelajaran di sekolah, (3) Strategi pengelolaan ruang perpustakaan dan laboratorium dalam menunjang kualitas pembelajaran di sekolah, (4) Kekurangan dan solusi dari pengelolaan sarana prasarana dalam menunjang kualitas pembelajaran di sekolah yaitu kurangnya tenaga SDM sarana prasaraana solusinya yaitu dengan terus menambah tenaga SDM untuk sarana prasarana krena sarana prasarana yang ada di SMAN 1 Tumpang sangat banyak dan luas serta kurangnya pembiayaan dalam proses pengembangan dan peningkatan sarana prasararana solusinya yaitu berkoordinasi dengan kepala sekolah, waka sarana prasarana dan tim komite SMAN 1 Tumpang, yang selanjutnya tim komite akan melakuakan penggalangan dana kepada wali murid. dan (5) Strategi kepala sekolah dalam pengelolaan sarana prasarana untuk menunjang kualitas pembelajaran di sekolah yaitu melakukan pengembangan seperti filosofi Ki Hajar Dewantara serta menerima usulan dari seluruh warga SMAN 1 Tumpang.

References

Azwar, M., dan Rusli, A, N. 2016. Manajemen Tata Ruang Pepustakaan Pesantren Madani Alauddin Pao-Pao Makassar. Jurnal Al-Maktabah. 15. (Online). (http://www.journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/view/4714/3245 ), diakses pada tanggal 16 Januari 2021.

Budiman, L., dan Indrani, H, C. 2012. Desain Pencahayaan Pada Ruang Kelas SMA Negeri 9 Surabaya. Jurnal Dimensi Interior. 10(1). (Online). (https://media.neliti.com/media/publications/113156-ID-optimalisasi-rehabilitasi-ruang-kelas-da.pdf), diakses pada tanggal 22 Januari 2021.

Darmastuti, H., dan Karwanto. 2014. Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran pada Jurusan Teknik Komputer dan Informatika Di SMK NEGERI 2 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. 3(3). (Online). (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/7745/8101), diakses pada tanggal 20 Maret 2020.

Dewi, I, S., Sunariyani, S., dan Neneng L. 2014. Analisis Kendala Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri Se-Kota Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika. 2(1). (Online). (http://e-journal.iain.palangkaraya.ac.id/index.php.edusains/article/view/16), diakses pada 18 Januari 2021.

Gunawan, I dan Benty, D. D. N. 2017. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Iskandar, J. 2018. Efektifitas Pengelolaan Fasilitas Belajar Di Perpustakaan. Jurnal Idaarah. 2(1). (Online). (https://core.ac.uk/download/pdf/234752704.pdf), diakses pada tanggal 16 Januari 2021.

Maghfiroh, A., Imron, A., dan Supriyanto, A. 2017. Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Sarana Untuk Menunjang Inovasi Pembelajaran di SMK Ma’arif NU 04 Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Komunikasi dan Pembelajaran. 14(2). (Online). (http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/08/ARTIKEL-AIDA.pdf ), diakses pada tanggal 23 januari 2021.

Matin dan Nurhattati Fuad. 2016. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Megasari, R. 2014. Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran di Smpn 5 Bukittinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan. 2 (1). (Online). (http://103.216.87.80/index.php/bahana/article/view/3808/3041), diakses pada tanggal 07 Mei 2020.

Mulida., Murniati., dan Niswanto. 2016. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan pada SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Mudarrisuna. 6(1). (Online). (https://www.jurnal.arraniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/901/708), diakses pada tanggal 07 April 2020.

Nasution, W, N. 2017. Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Nurdyansyah., dan Tooyiba, F. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. (Online). (http://eprints.umsida.ac.id/1610/1/jurnal%20Nds%20dan%20toy%20Fiks.pdf ), diakses pada tanggal 12 Februari 2021.

Raharjo. 2017. Pengelolaan Alat Bahan dan Laboratorium. Jurnal Kimia Sains dan Aplikasi. 20(2). (Online). (http://ejournal.undip.ac.id/index.php/ksa), diakses pada tanggal 18 Janurai 2021.

Supianto, A. 2016. Pengelolaan Laboratorium Komputer. Jurnal Manager Pendidikan. 10(6). (Online). (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/download/1312/1107 ), diakses pada tanggal 20 Januari 2021.

Suryani, I. 2017. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar iswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. 2(2). (Online). (https://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/6812 ), diakses pada tanggal 17 Januari 2020.

Wirtama, G, L., dan Subagia, I, W. 2014. Pengelolaan Laboratorium Kimia pada SMA Negeri di Kota Singaraja: (Acuan Pengembangan Model Panduan Pengelolan Laboratorium Kimia Berbasis Kearifan Lokal Tri Sakti. Jurnla Pendidikan Indonesia. 3(2). (Online). (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/4459/3432), diakses pada 19 Januari 2021.

Downloads

Published

30-10-2023

How to Cite

Pratiwi, E. A., Imron, A., & Juharyanto, J. (2023). Strategi Pengelolaan Sarana dan Prasarana Dalam Menunjang Kualitas Pembelajaran Di Sman 1 Tumpang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(10), 905–917. https://doi.org/10.17977/um065v3i102023p905-917

Issue

Section

Articles