Pengaruh Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kualitas Input Peserta Didik di SMP Negeri 2 Jogoroto Kabupaten Jombang

Authors

  • Dwi Kumala Sari Universitas Negeri Malang
  • Asep Sunandar Universitas Negeri Malang
  • Imam Gunawan Universitas Negeri Malang
  • Agus Timan Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i102023p897-904

Keywords:

zoning system, learning achievement, quality of input, sistem zonasi, prestasi belajar, kualitas input

Abstract

Abstract: The zoning system is a policy for admitting prospective new students by using the radius closest to the school. This study aims to (1) find out how high the quality level of input is student, (2) find out how high the level of student learning achievement, (3) determine whether or not the zoning system has significant influence on learning achievement in terms of the quality input of student, (4) knowing whether or not there is a difference in thevalue input and student achievement in zoning and non-zoning systems. This study uses a quantitative approach with simple and comparative linear regression methods using data in the form of report cards and national examination scores. The conclusions of this study are: (1) there is a significant difference between the quality of input of students of the 2018/2019 class and the 2016/2017 class, (2) there is no significant difference between the learning achievement of students of the 2018/2019 class and the 2016/2017 class. (3) there is no influence of the zoning system on student achievement in terms of the quality input of studentin SMP Negeri 2 Jogoroto, Jombang Regency, (4) there is a difference in the sample mean of the two pairs ofquality input, but there is no difference in the average sample. on two pairs of learning achievement.

Abstrak: Sistem zonasi merupakan kebijakan dalam penerimaan calon peserta didik baru dengan menggunakan radius jarak terdekat dengan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui seberapa tinggi tingkat kualitas input peserta didik, (2) mengetahui seberapa tinggi tingkat prestasi belajar peserta didik, (3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan sistem zonasi terhadap prestasi belajar ditinjau dari kualitas input peserta didik, (4) mengetahui ada atau tidak perbedaan nilai input dan prestasi belajar peserta didik pada sistem zonasi dan non zonasi. penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linier sederhana dan komparatif yang menggunakan data berupa nilai rapor dan nilai UN. Kesimpulan penelitian ini yaitu: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara kualitas input peserta didik angkatan 2018/2019 dengan angkatan 2016/2017, (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar peserta didik angkatan 2018/2019 dengan angkatan 2016/2017, (3) tidak adanya pengaruh sistem zonasi terhadap prestasi belajar peserta didik ditinjau dari kualitas input peserta didik di SMP Negeri 2 Jogoroto Kabupaten Jombang, (4) terdapat perbedaan rata-rata sampel pada dua pasangan kualitas input, namun tidak terdapat perbedaan rata-rata sampel pada dua pasangan prestasi belajar.

References

Aini, E. N., & Wicaksono, H. (2020). Kontruksi Budaya Berprestasi: Studi Kasus Implementasi Sistem Zonasi SMA Negeri 1 Semarang. Universitas Negeri Surabaya, 9(1), 879–891.

Arifuddin, I., Sari, N. W., Susanto, S. H., & Sayekti, I. C. (2019). Sistem Zonasi, Antara Realita dan Harapan. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019, 1(1), 372–383.

Koswara, D. (2011). Manajemen Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Nurlailiyah, A. (2019). Analisis Kebijakan Sistem Zonasi terhadap Perilaku Siswa SMP di Yogyakarta. UNNES, 17, 13–22.

Oliver, J. (2013). Srategi Pemasaran Penerimaan Peserta Didik Baru di SMK Muhammadiyah 2 Jatinom Klaten. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

PERDANA, N. S. (2019). Implementasi PPDB Zonasi dalam Upaya Pemerataan Akses dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(1), 78. https://doi.org/10.32529/glasser.v3i1.186

Rudi, M. (2018). Efektivitas Penerimaan Peserta Didik. Jurnal Ilmu Pendidikan, (X), 1–8.

Safarah, A. A., & Wibowo, U. B. (2018). Program Zonasi di Sekolah Dasar sebagai Upaya Pemerataan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(2), 206. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i6

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Jakarta: ALFABETA.

Syarif, I. (2013). Pengaruh Model Blended Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 234–249. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1034

Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Global Shadows: Africa in the Neoliberal World Order, 44(2), 8–10.

Wulandari, D., Hasyim, A., & Nurmalisa, Y. (2018). Pengaruh Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal At-Ta’dib, (3), 1–13. https://doi.org/10.1093/imamci/dnt037

Downloads

Published

30-10-2023

How to Cite

Sari, D. K., Sunandar, A., Gunawan, I., & Timan, A. (2023). Pengaruh Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kualitas Input Peserta Didik di SMP Negeri 2 Jogoroto Kabupaten Jombang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(10), 897–904. https://doi.org/10.17977/um065v3i102023p897-904

Issue

Section

Articles