Implementasi Kurikulum Bela Negara dan Kemaritiman Dalam Meningkatkan Kemampuan Kepemimpinan Peserta Didik Di SMAN Taruna Nala Jawa Timur

Authors

  • Dini Anisa Nur Aini Universitas Negeri Malang
  • Maisyaroh Maisyaroh Universitas Negeri Malang
  • Desi Eri Kusumaningrum Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i102023p888-896

Keywords:

Implementation, state of defense and maritime curriculum, student leadership, Implementasi, kurikulum bela negara dan kemaritiman, kepemimpinan peserta didik

Abstract

Abstract: This study aims to find out, 1) management of state defense and maritime curriculum; 2) leadership values; 3) basic leadership training; 4) results of basic leadership training. This research uses a quantitative descriptive approach. The location of this research is in Taruna Nala High School, East Java, Malang City. Data collection techniques through interviews, observation, and documentation. The analysis technique used is the reduction, data display, and data verification. The results of this study are (1) management of special curriculum for the defense of the country and maritime affairs starting from the curriculum planning stage to the curriculum evaluation process; (2) the application of leadership values ​​in the learning process that is applied through a special curriculum for defending the country and maritime affairs; (3) basic leadership training for students by conducting a variety of physical training and understanding of leadership materials fostered by the Navy from LAPETAL (Navy Provider Institute); (4) the results of the basic leadership training are the formation of quality characters and an understanding of leadership skills used by students for daily learning in Taruna Nala East Java High Schools based on disability.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui, 1) pengelolaan kurikulum bela negara dan kemaritiman; 2) nilai-nilai kepemimpinan; 3) pelatihan dasar kepemimpinan; 4) hasil pelatihan dasar kepemimpinan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian ini berada di SMAN Taruna Nala Jawa Timur Kota Malang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang dipergunakan yakni reduksi, display data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pengelolaan kurikulum khusus bela negara dan kemaritiman mulai dari tahap perencanaan kurikulum hingga proses evaluasi kurikulum; (2) penerapan nilai-nilai kepemimpinan dalam proses pembelajaran yang diterapkan melalui kurikulum khusus bela negara dan kemaritiman; (3) latihan dasar kepemimpinan untuk peserta didik dengan melakukan berbagai pelatihan fisik dan pemahaman materi kepemimpinan yang dibina oleh TNI AL dari LAPETAL (Lembaga Penyedia Angkatan Laut); (4) hasil latihan dasar kepemimpinan ialah pembentukan karakter yang berkualitas serta pemahaman tentang keterampilan kepemimpinan yang dipergunakan oleh para peserta didik untuk pembelajaran sehari-hari di SMAN Taruna Nala Jawa Timur yang berbasis ketarunaan.

References

Admadjaja, L. 2016. Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, (Online), (https://docplayer.infrom.nu.article257795LDK.pdf) diakses pada 2 Februari 2020

Baskhara. 2017. Education Methodology:Curriculum Mannagement, (Online), (https://www.researchgate.net/publication/317560932_Education_Methodology_Curriculum_Management/link/593fb96caca272876db44b8b/download) di akses 11 Juli 2020

Fitriani, S. 2015. Kompetensi Kepemimpinan Siswa Pasca Mengikuti Program Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa. (Online). (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id>view). Diakses 2 Februari 2020

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Jammal, A. 2015. Student Leadership: Basic and Skill Appropriatite Activies. (Online). (https://www.researchgate.net/publication/287996550_Student_Leadership_Basic_Skills_and_Appropriate_Activities) di akses 5 Februari 2019

Nurdin, D & Sibaweh, I. Pengelolaan Pendidikan di Teori Menuju Implementasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Nugroho, A. 2002. Pemahaman Potensi Dan Kekayaan Daerah Bidang Sumber Daya Kelautan Dalam Perspektif Siswa Tingkat Sekolah Dasar Dan Metode Pengintegrasian Informasi Bidang Kelautan Pada Tingkat Sekolah Dasar Di Kabupaten Pacitan.(Online), (http:// SA Nugroho, S Kel - academia.edu). diakses 5 Februari 2019.

Panggah. W. 2017. Implementasi Kurikulum Khusus di SMA Taruna Kabupaten Magelang. (Online), (journal.student.uny.ac.id). Di akses 10 Oktober 2018

Subagyo, A. 2014. Bela Negara: Peluang dan Tantangan di Era Globalisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Syahmia, M. 2017. Pengelolaan Kurikulum. (Online), (https://www.academia.edu.pengelolaankurikulum). Diakses pada 8 Februari 2020

Sudiro. A. 2014. Prinsip-Prinsip Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: PT Refika Aditama.

Wiyono, N.A. 2013. Konsep, Praktik, dan Strategi Membumikan Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Downloads

Published

30-10-2023

How to Cite

Aini, D. A. N., Maisyaroh, M., & Kusumaningrum, D. E. (2023). Implementasi Kurikulum Bela Negara dan Kemaritiman Dalam Meningkatkan Kemampuan Kepemimpinan Peserta Didik Di SMAN Taruna Nala Jawa Timur. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(10), 888–896. https://doi.org/10.17977/um065v3i102023p888-896

Issue

Section

Articles