Optimalisasi Penerapan Model Problem Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X SMA Negeri 3 Blitar

Authors

  • Rinda Alfiana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Sulistyo Lestari SMA Negeri 3 Blitar
  • Muhammad Nur Hudha Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i72023p653-661

Keywords:

learning outcome, environmental pollution, problem based learning, hasil belajar, pencemaran lingkungan

Abstract

Abstract: This study aims to analyze the implementation model of Problem Based Learning to improve student learning outcomes in class X-6 SMAN 3 Blitar. This research is a type of Classroom Action Research which has stages of planning, action, observation, and reflection. The data collection technique in this study was in the form of tests on environmental pollution topics. The test instrument used is a cognitive test to determine student learning outcomes. The data obtained in this study are in the form of qualitative and quantitative data with average analysis techniques. Based on the research results in the pre-cycle, the learning mastery data was 70.6 percent with the class average of 79, in the first cycle the learning mastery data was 88.20 percent with the class average of 86, and in the second cycle the learning mastery data was 100  percent with a class average of 91. The results of the research that has been carried out indicate that there is an increase in student learning outcomes in each learning cycle through the implementation of the Problem Based Learning model on environmental pollution topics.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X-6 SMAN 3 Blitar. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang memiliki tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes pada topik pencemaran lingkungan. Instrumen tes yang digunakan berupa tes kognitif untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik analisis rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian pada pra siklus,  diperoleh data ketuntasan belajar sebesar 70.6  persen dengan rata-rata kelas yaitu 79, pada siklus I diperoleh data ketuntasan belajar sebesar 88.20  persen dengan rata-rata kelas yaitu 86, dan pada siklus II diperoleh data ketuntasan belajar sebesar 100 persen dengan rata-rata kelas yaitu 91. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik pada setiap siklus pembelajaran melalui implementasi model Problem Based Learning pada topik pencemaran lingkungan.

References

Arends, R. I. (2012). Learning To Teach (Nineth; B. Mejia, ed.). New York: McGraw-Hill Companies.

Donuata, P. B. (2019). Pengaruh quantum teaching metode PQ4R berdasarkan keragaman kecerdasan terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(1), 23. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v6i1.11094

Eka Parasamya, C., & Wahyuni, A. (2017). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). In JIM) Pendidikan Fisika (Vol. 2, Issue 1).

Festiyed, & Ermawati. (2008). Pembelajaran problem based instruction berbasis media sederhana untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran.

Imaniyah, I., & Bakri, F. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1). https://doi.org/10.21009/1

Kusumaningtyas, D. A., Nursulistiyo, E., & Sulisworo, D. (2019). Evaluation of The Problem-Based Learning Effectiveness in The Course of Physics Curriculum Analysis.

Leni Mardiana, N. (2021). Optimalisasi Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fisika Materi Gerak Melingkar. Journal of Education Action Research, 5(2), 200–207. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Romadhoni, I., Ketut Mahardika, & Harijanto, A. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI MEDIA CD INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA DI KABUPATEN BONDOWOSO.

Wood, D. F. (2003). Problem Based Learning. Clinical Review, 326, 328–330.

Downloads

Published

10-06-2023

How to Cite

Alfiana, R., Lestari, S., & Hudha, M. N. (2023). Optimalisasi Penerapan Model Problem Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X SMA Negeri 3 Blitar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(7), 653–661. https://doi.org/10.17977/um065v3i72023p653-661

Issue

Section

Articles