Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Kreatif Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran PJBL-STEM Berbantuan Media Aplikasi Belajar Siklus Air (ABSA) pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar

Authors

  • Azam Mirfaka Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Farida Nur Kumala Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Sriatun Sriatun Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i72023p637-652

Keywords:

project based learning (PJBL), STEM, PJBL-STEM, critical thinking ability, students’ creativity, kemampuan berpikir kritis, sikap kreatif

Abstract

Abstract: This research is motivated by the results of observations which show that students' critical thinking skills and creativity are still low. The purpose of this study was to determine the application of PjBL-STEM learning assisted by Water Cycle Learning Application (ABSA) media in order to improve the critical thinking skills and creativity of fifth grade students. The type of research used was Collaborative PTK with 34 research subjects. Data collection techniques in the form of observation, tests and documentation. This research is said to be successful if fifth grade students can achieve success indicators greater than 75 percent or with a score of greater than 75 for critical thinking skills and obtain an average score from the observations made reaching the "Very Good" category with a value range of 80-100. This research was conducted in 2 cycles, with each cycle having 2 meetings. In cycle 1 after getting the action, it increased to 44 percent at meeting and 58 percent for meeting 2. Then in cycle 2 it also increased, namely at meeting 1 by 76 percent and 82 percent at meeting 2. While the average score of students' creativity increased in cycle 1 with details of 65.4 at meeting 1 and 74.3 at meeting 2. This increase was also seen in cycle 2, where at meeting 1 it was obtained 78.5 and meeting 2 was 83.1 in the Very Good category.

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang menunjukkan kemampuan berpikir kritis dan sikap kreatif siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran PjBL-STEM berbantuan media Aplikasi Belajar Siklus Air (ABSA) agar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap kreatif siswa kelas V. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK Kolaboratif dengan subjek penelitian sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dikatakan berhasil jika siswa kelas V dapat mencapai indikator keberhasilan lebih dari 75 persen atau dengan nilai lebih dari 75 untuk kemampuan berpikir kritis dan memperoleh skor rata-rata hasil observasi yang dilakukan mencapai kategori “Sangat Baik” dengan rentang nilai 80-100. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dengan masing-masing siklus terdapat 2 pertemuan. Pada siklus 1 setelah mendapatkan tindakan, meningkat menjadi 44 persen pada pertemuan dan 58 persen untuk pertemuan 2. Kemudian pada siklus 2 juga meningkat yakni pada pertemuan 1 sebesar 76 persen dan 82 persen pada pertemuan 2. Sedangkan skor rata-rata sikap kreatif siswa mengalami peningkatan pada siklus 1 dengan rincian 65,4 pada pertemuan 1 dan 74,3 di pertemuan 2. Peningkatan ini juga terlihat di siklus 2, dimana pada pertemuan 1 diperoleh 78,5 dan pertemuan 2 sebesar 83,1 dengan kategori Sangat Baik.

References

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A., (2016). Project Based Learning Integrated to STEM to Enhance Elementary School’s Students Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 5 (2): 261-267

Aqib,Zainal.(2017).Model-model Media dan Strategi Pembelajaran.Bandung:Yarma Widy.

Arikunto,S.(2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hendrik Pratama dan Ihtiari Prastyaningrum. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis”. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya 6, No.2 (2016).

Jaka Afriana, Anna Permanasari dan Any Fitriani. “Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta didik Ditinjau Dari Gender”.Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 2, No.2 (2016)

Mutakinati, L., Anwari, I., & Yoshisuke, K. (2017). Analysis Of Student’s Critical Thinking Skill Of Middle School Throght STEM Education Project-Bsed Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 7 (1): 54-65

Safitri, R. L., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Materi Siklus Air pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8746-8753.

Sambite, S.C.V., Musajam, M., Widyaningsih, S.W., & Yusuf, I. (2019) Penerapan Project Based Learning Berbasis Alat Peraga untuk Meningkatkan HOTS Peserta Didik. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. 7 (2): 141-147

Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan

Sih Kusumaningrum dan D. Djukri. “ Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains Dan Kreativitas”. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 2, No.2 (2016).

Sugiyono.(2016).Metode Penelitian Manajemen.Bandung:Alfabeta

Usman Samatowa. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Downloads

Published

09-06-2023

How to Cite

Mirfaka, A., Kumala, F. N., & Sriatun, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Kreatif Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran PJBL-STEM Berbantuan Media Aplikasi Belajar Siklus Air (ABSA) pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(7), 637–652. https://doi.org/10.17977/um065v3i72023p637-652

Issue

Section

Articles