Peningkatan Kemampuan Memahami Bacaan dengan Metode SQ3R Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Novia Hariyani Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Nyamik Rahayu Sesanti Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Asmah Mawadati Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i72023p597-604

Keywords:

reading comprehension, SQ3R, indonesian language learning, kemampuan memahami bacaan, pembelajaran bahasa indonesia

Abstract

Abstract: Grade IV students at SDN Gondang have difficulties in summarizing narrative texts in Indonesian. Of the 31 students there were 9 students or 29 percent who achieved a completeness score of 75. This shows that as many as 21 students or 71 percent of students were still not finished. One alternative problem solving that can be done by the teacher is to apply the SQ3R strategy. This research was carried out using a qualitative approach with the type of Classroom Action Research (CAR). This research was conducted in 2 cycles. Each cycle consists of several stages, namely: planning, implementing, observing, and reflecting. Data collection techniques include interviews, observations, tests, and documentation. The steps of data analysis, namely: data collection, data reduction, and drawing conclusions. The results of the research showed that the average percentage of students' activity during the reading process of SQ3R cycle I was 78 percent and cycle II was 89 percent. While the average value of the completeness of the reading process in the first cycle is 57 percent and 90 percent in the second cycle. Based on these results it can be concluded that the implementation of the SQ3R strategy in learning Indonesian has been carried out properly.

Abstrak: Siswa kelas IV SDN Gondang mengalami kesulitan dalam membuat rangkuman teks narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dari 31 siswa terdapat 9 siswa atau 29 persen yang mencapai nilai ketuntasan yaitu 75. Hal ini menunjukkan bahwa sebanyak 21 siswa atau 71 persen siswa masih belum tuntas. Salah satu alternatif penyelesaian masalah yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan menerapkan strategi SQ3RPenelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diantaranya wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh data hasil rata-rata persentase aktivitas siswa selama proses membaca SQ3R siklus I 78 persen dan siklus II 89 persen. Sedangkan nilai rata-rata ketuntasan proses membaca pada siklus I 57 persen dan siklus II 90 persen. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi SQ3R dalam pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia telah dilaksanakan dengan baik.

References

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2336–2344. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Atikah, I., Iswara, P. D., & Djuanda, D. (2017). Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dengan Permainan “Pos Pelangi” untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimpulkan Isi Cerita Anak yang Dibaca. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 31–40.

Chariroh, L. (2016). Peningkatan kemampuan membaca teks narasi dengan strategi Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) di kelas V SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar. Universitas Negeri Malang.

Dewi, D. K., Safruddin, S., Setiawan, H., & Makki, M. (2021). Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Rumak Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 9(1), 44–51.

Jannah, I. E. R., Mudiono, A., & Muzaki, F. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Memaparkan Informasi Penting Teks Narasi Sejarah melalui Model Survey, Question, Read, Reflect, Recite (SQ4R) Berbasis Karakter Gemar Membaca Siswa Kelas V SDN Sumberingin 04 Kabupaten Blitar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(3), 195–203. https://doi.org/10.17977/um065v1i32021p195-203

Masruroh, A. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan teknik scramble mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas VA SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Nurul Ilmi, D., Hermawan, R., & Rakhmat Riyadi, A. (2017). Metode Pembelajaran SQ3R untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

09-06-2023

How to Cite

Hariyani, N., Sesanti, N. R., & Mawadati, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Memahami Bacaan dengan Metode SQ3R Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(7), 597–604. https://doi.org/10.17977/um065v3i72023p597-604

Issue

Section

Articles