Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Desimal Menggunakan Block Dienes Pada Kelas IVA SDN Bandungrejosari 3 Malang
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v3i62023p538-548Keywords:
learning outcomes, decimals arithmetic, Dienes Block, hasil belajar, operasi hitung bilangan desimalAbstract
Abstract: This research is based on the low learning outcomes of mathematics, especially on the arithmetic of decimals in class IVA at SDN Bandungrejosari 3 in the academic year 2022/2023. In the initial observation, the learning outcomes of students showed an average value of 48 with the proportion of students who achieved criteria only 25.93 percent. The aims of the research are (1) to describe efforts to improve the learning outcomes of decimal arithmetic for class IVA students at SDN Bandungrejosari 3 using the Dienes Block, (2) to improve the learning outcomes of decimal arithmetic for class IVA students at SDN Bandungrejosari 3 using the Dienes Block demonstration tool. This research method is Classroom Action Research by Kemmis and Mc Taggart with four stages of research: planning, implementation, observation, and reflection. The subject of this study was class IVA with a total of 27 students consisting of 17 boys and 10 girls. The research was conducted in two cycles with each cycle having two meetings. Data collection techniques were obtained from the results of tests and observations. The results showed that there was an increase in learning outcomes in cycle I to 65.61 with a percentage of achievement of criteria of 66.67 percent, and in cycle II it increased to 76.42 with a percentage of achievement of criteria of 81.48 percent. This process shows that learning to count decimal arithmetic using Dienes Block can improve learning outcomes.
Abstrak: Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika, khususnya materi operasi hitung bilangan desimal pada kelas IVA SDN Bandungrejosari 3 tahun pelajaran 2022/2023. Pada pengamatan awal, hasil belajar peserta didik menunjukkan nilai rata-rata 48 dengan persentase peserta didik yang mencapai KKTP hanya sebesar 25,93 persen. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan upaya peningkatan hasil belajar operasi hitung bilangan desimal peserta didik kelas IVA SDN Bandungrejosari 3 menggunakan Block Dienes, (2) meningkatkan hasil belajar operasi hitung bilangan desimal peserta didik kelas IVA SDN Bandungrejosari 3 menggunakan alat peraga Block Dienes. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart dengan empat tahapan penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas IVA dengan jumlah 27 peserta didik yang terdiri dari 17 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus memiliki dua pertemuan. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar pada siklus I menjadi 65,61 dengan persentase ketercapaian KKTP sebesar 66,67 persen, dan pada siklus II meningkat menjadi 76,42 dengan persentase ketercapaian KKTP sebesar 81,48 persen. Hal ini menunjukkan proses pembelajaran operasi hitung bilangan desimal dengan menggunakan Block Dienes dapat meningkatkan hasil belajar.
References
Arifin. Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Arikunto, S. (2010). Penelitian tindakan untuk guru, kepala sekolah & pengawas. Yogyakarta: Aditya Media.
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 27-38. Diakses dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/197
Ismartoyo, I., Haryati, Y., Indriasih, A., Kadarwati, S., & Sumiyati, S. (2023). Pelatihan Merancang dan Pemanfaatan Alat Peraga Matematika SD Se-Dabin Iswahyudi Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Journal of Community Empowerment and Innovation, 2(1), 1-15. Diakses dari https://www.journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/join/article/view/800
Jayanti, S. D. (2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Block Dienes terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Perkalian dan Pembagian. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Diakses dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24804
Kemendikbudrsitek. (2022). Salinan keputusan tentang capaian pembelajaran pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah pada kurikulum merdeka (Nomor 008/H/KR/2022). Jakarta. Diakses dari https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/033_H_KR_2022-Salinan-SK-Kabadan-tentang-Perubahan-SK-008-tentang-Capaian-Pembelajaran.pdf
Krisnadi, E. (2022). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Sebagai Jembatan Proses Abstraksi Siswa untuk Pemahaman Konsep. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 14(1), 365-376. Diakses dari http://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/download/579/122
Nabila, N. (2021). Konsep Pembelajaran Matematika SD Berdasarkan Teori Kognitif Jean Piaget. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), 69-79. Diakes dari https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/3574
Norchasikin, N. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Metode Bermain Kartu Soal Bagi Siswa Kelas VI SDN 1 Sukadana. Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 3(1), 51-60. Diakses dari https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3247224
Oktarandi, I. (2014). Efektifitas Media Block Dienes Untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Deret Ke Bawah Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 3(3), 67-73. Diakses dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/3501
Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1. Diakses dari https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2193
Sugiyono. (2015). Metode penelitian dan pengembangan: Research and development. Bandung: Alfabeta.
Yeni, E. M. (2015). Kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2), 1-10. Diakses dari http://www.jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/231
Yulastri, Y. (2017). Peningkatan hasil belajar operasi pengurangan bilangan cacah melalui blok dienes pada siswa kelas I SDN 21 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 57-66. Diakses dari https://jurnal.iicet.org/index.php/jppi/article/view/117
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.