Implementasi Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Alat Pembayaran Non Tunai untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Vionita Agustyaningtias Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Lilik Sri Hariani Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Very Yulena Widjiastuti SMAN 2 Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i62023p526-537

Keywords:

number head togetehr (NHT), motivation, learning outcomes, motivasi belajar, hasil belajar

Abstract

Abstract: This study aims to determine the increase in motivation and learning outcomes of students in economics subject matter of non-cash paymen instruments after implementing the Number Head Together (NHT) learning model ini class X IPS 2 SMA Negeri 2 Malang. This type of research is collaborative classroom action research with the subjects of all students in class X IPS 2 SMA Negeri 2 Malang, totaling 36 students. Data on students motivation and learning outcomes were collected by looking at motivation questionnaires and test questions. Furthermore, the data was analyzed using quantitative qualitative analysisi methods. The results showed that the application of the Number Head Together (NHT) learning model could increase motivation and learning outcomes in economics subjects on non-cash payment instruments. It can be seen from the results that have been obtained on precycle learning motivation obtaining an average of 50,36 including the low category, but ini cycle I there was an increase with an average of 66,37 in the sufficient category, and in cycle II there was a significant increase with the average value of 76,5 category is very high. While the results of the analysis of the learning outcomes of class X IPS 2 students in the pre-cycle obtained 27 percent in the very unfavorable category, but in cycle I there was an increase with a score of 63 percent incluing in the fairly good category very good. Thus it can be concluded that the application of the Number Head Together (NHT) learning model in economics subjects on non cash payment instruments can increase the motivation and learning outcomes of class X IPS 2 SMA Negeri 2 Malang.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi materi alat pembayaran non tunai setelah implementasi model pembelajaran Number Head Together (NHT) pada kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dengan subyek seluruh peserta didik kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Malang yang berjumlah 36 siswa. Data motivasi dan hasil belajar peserta didik dikumpulkan dengan melihat angket motivasi dan soal tes. Selanjutnya data tersebut di analisis dengan metode analisis kualitatif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi materi alat pembayaran non tunai. Hal ini dapat diketahui dari hasil yang sudah diperoleh pada motivasi belajar pra siklus memperoleh rata-rata 50,36 termasuk kategori rendah, namun pada siklus I ada peningkatan dengan rata-rata 66,37 kategori cukup, dan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata 76,5 kategori sangat tinggi. Sedangkan hasil analisis dari hasil belajar peserta didik kelas X IPS 2 pada pra siklus memperoleh 27 persen dengan kategori sangat kurang baik, namun pada siklus I terjadi peningkatan dengan nilai skor 63 persen termasuk kategori cukup baik, dan pada siklus 3 mampu memperoleh 83 persen dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) pada mata pelajaran ekonomi materi alat pembayaran non tunai dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Malang.

References

Fadilla, P., & Koryati, D. (2018). PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 15 PALEMBANG. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 1(1), 63-77.

Haerullah, A., & Hasan, S. (2017). Model dan Pendekatan Pembelajaran Inovatif (teori dan aplikasi). Yogyakarta: Lintas Nalar.

Indahri, Y., & Djahimo, S. E. P. (2018). Teaching and Researching: identifying problems and finding solutions through classroom action research. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(1), 141–147.

Junaedi, I. (2019). Proses Pembelajaran yang Efektif. JISAMAR, 19-25.

Puspaningrum, Dita Indah, Muhamad Noor Wijayanto, and Rani Setiawaty. "Model NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar (Literature Review)." SEMINAR NASIONAL LPPM UMMAT. Vol. 1. 2022

Santiana, N. L. P. M., Sudana, D. N., & Garminah, N. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Desa Alasangker. MIMBAR PGSD Undiksha.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, N. 2013. Penilaian Hasil Proses belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

08-06-2023

How to Cite

Agustyaningtias, V., Hariani, L. S., & Widjiastuti, V. Y. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Alat Pembayaran Non Tunai untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(6), 526–537. https://doi.org/10.17977/um065v3i62023p526-537

Issue

Section

Articles