Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Video untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pemanasan Global

Authors

  • Shofitri Zuhannisa’ Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Achmad Jufriadi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Hari Budianto Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i62023p473-483

Keywords:

critical thinking;, physics, classroom action research, fisika

Abstract

Abstract: This study aims to see whether the Problem Based Learning (PBL) learning model using video assistance as a learning media can improve students' critical thinking skills in class X with global warming material at SMAN 2 Pare. This study used the Classroom Action Research (CAR) method using the Kemmis and Taggart spiral scheme models which is conducted in two cycles where each cycle consisted of 4 stages, planning, action, observation and reflection. Data collection was carried out by the test method. Data analysis techniques in this study used quantitative data analysis. The results of the study show that the application of Problem Based Learning (PBL) with video can improve students' critical thinking skills. This can be proven by the acquisition of an average critical thinking indicator score, which initially in cycle 1 was only 71 percent in the good category, increasing in cycle 2 to 83 percent in the very good category. Judging from the learning completeness of students, students' critical thinking skills also increased from cycle 1 by 81 percent to 94 percent in cycle 2. The percentage of students' classical learning completeness from cycle 1 to cycle 2 increased by 13 percent.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan bantuan video sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pemanasan global kelas X di SMAN 2 Pare. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model skema spiral Kemmis dan Taggart yang dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan ata dilakukan dengan metode tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dengan bantuan video dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata indikator berpikir kritis yang awalnya pada siklus 1 hanya sebesar 71 persen dengan kategori baik meningkat pada siklus 2 menjadi 83 persen dengan kategori sangat baik. Dilihat dari ketuntasan belajar peserta didik, kemampuan berpikir kritis peserta didik juga meningkat dari dari siklus 1 sebesar 81 persen meningkat menjadi 94 persen pada siklus 2. Persentase Ketuntasan belajar klasikal peserta didik dari siklus 1 ke siklus 2 tersebut meningkat sebesar 13 persen.

References

Budiwiyono, T. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 3 Tanjungpinang. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 2(1), 21–34.

Chasanah, N., Musadad, A. A., & Pelu, M. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Sejarah. Candi, 21(1), 16–30.

Endriani, R., Sundaryono, A., & Elvia, R. (2018). Pengembangan media pembelajaran kimia menggunakan video untuk mengukur kemampuan berfikir kritis siswa. 2(2), 142–146.

Fakhriyah, F. (2014). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3(1), 95–101.

Firdayanti, S., Subekti, H., Ayu, D., & Sari, P. (2020). PENSA E-JURNAL : Pendidikan Sains Validitas LKS Berbasis Problem Based Learning Materi Pemanasan Global. 8(2), 159–167.

Haryani, D. (2011). Pembiasaan berpikir kritis dalam belajar matematika sebagai upaya pembentukan individu yang kritis. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 127–132.

Mardiyanti, H. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Masrinah, E. N., Aripin, I., Gaffar, A. A., Biologi-fkip, P. S. P., & Majalengka, U. (2019). Problem Based Learning (PBL ) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan, 924–932.

Nada, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Pusparini, S. T. R. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siwa Pada Materi Sistem.

Sadia, W. (2014). Model-Model Pembelajarn Sains Konstruktivistik.

Setyawan, D. (2019). Implementasi Mind Mapping Melalui Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar by Dwi Setyawan.

Soima, I. Y., & Surur, M. (2021). Penerapan PBL ( Problem Based Learning ) Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas X di MA Sarji Ar-Rasyid. 12(1), 139–155.

Yusuf, M., & Suardi, I. (2015). Active Learning on Teaching Arabic for Special Purpose in Indonesian Pesantren. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 137–141. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.245

Downloads

Published

07-06-2023

How to Cite

Zuhannisa’, S., Jufriadi, A., & Budianto, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Video untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(6), 473–483. https://doi.org/10.17977/um065v3i62023p473-483

Issue

Section

Articles