Survei Pelaksanaan Layanan Karier di SMA Surabaya

Authors

  • Dwi Yuniar Permatasari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Muwakhidah Muwakhidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Syahrulloh Mustofa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Halim Rahmad Putra Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i62023p450-453

Keywords:

career service, high school student, confidence, layanan karier, siswa SMA, percaya diri

Abstract

Abstract: Implementation of career services is important for students because these career services can help students in finding future careers and career selection for students can help students find the right career for the students they want. The purpose of this research is to foster self-confidence and be able to help students in determining future careers The research subjects totaled 49 high school students in Surabaya. The research instrument used a questionnaire given to high school students and contained several options that students could choose from. The data collection technique is by distributing questionnaires using a Likert scale where the distribution uses a goggle form which is distributed in SMA Surabaya. The results of the research are often (S), seldom (J), never (TP).

Abstrak: Pelaksanaan layanan karir merupakan hal yang penting bagi siswa dikarenakan layanan karir tersebut dapat membantu siswa dalam mencari karir kedepanya dan pemilihan karir pada siswa dapat membantu siswa dalam menemukan karir yang tepat pada siswa yang di inginkan. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan mampu membantu siswa dalam menentukan karir kedepanya Subjek penelitian berjumlah 49 siswa SMA di Surabaya Instrument penelitian ini menggunakan angket yang diberikan kepada siswa SMA dan berisi beberapa pilihan yang dapat dipilih oleh siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran angket menggunakan skala likert yang dimana penyebarannya menggunakan goggle form yang disebarkan di Sma Surabaya. Hasil penelitian berupa Sering (S), Jarang (J), Tidak Pernah (TP).

References

Daradjat, Z. (1992). Ilmu Pendidikan Islam . jakarta: bumi askara.

Ginanjar, A. A. (2006). Rahasia sukses membangun kecerdasan emosi spiritual. Jakarta: Arga.

Prayitno. (2001). Panduan kegiatan pengawasan bimbingan dan konseling di sekolah. jakarta: rineka cipta.

Winkel, W. (1997). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan . Jakarta: PT.Grasindo.

Zen., M. (1999). Perencanaan karir siswa dalam hubungan dengan konsep diri dan pemahaman informasi. Padang: UNP.

Downloads

Published

11-05-2023

How to Cite

Permatasari, D. Y., Muwakhidah, M., Mustofa, S., & Putra, H. R. (2023). Survei Pelaksanaan Layanan Karier di SMA Surabaya. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(6), 450–453. https://doi.org/10.17977/um065v3i62023p450-453

Issue

Section

Articles