Pengaruh Self Esteem Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA

Authors

  • Liza Lady Syahfira Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Muwakhidah Muwakhidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Zesarizky Juniar Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Tri Rahmawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i62023p443-449

Keywords:

self-esteem, self-confidence, student achievement, kepercayaan diri, prestasi siswa

Abstract

Abstract: Students with high levels of self-esteem tend to have a good adjustment in school. The purpose of this study was to determine how much influence self-esteem has on student achievement. The research method used is a literature study. The technique in this article uses descriptive analysis. The results of this article are that self-esteem affects student learning by fostering a sense of self-confidence in students which will affect their learning achievement. Self-esteem is a person's attitude based on the perception of how he values and evaluates himself as a whole. Students who have high self-esteem will generate self-confidence, a sense of confidence in their abilities, a sense that their presence is necessary. So that counselors are expected to build self-esteem to their students.

Abstrak: Siswa dengan tingkat self-esteem yang tinggi cenderung memiliki penyesuaian yang baik disekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh self-esteem pada prestasi belajar siswa.  Metode penelitian yang digunakan menggunakan studi literatur. Teknik pada artikel ini menggunakan content analysis. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa self-esteem berpengaruh terhadap belajar siswa dengan menumbuhkan rasa kepercayaan diri pada siswa yang akan berpengaruh pada prestasi belajarnya. Self-esteem merupakan sikap seseorang berdasarkan persepsi tentang bagaimana dia menghargai dan menilai dirinya sendiri secara keseluruhan. Siswa yang memiliki self-esteem tinggi akan membangkitkan rasa percaya diri rasa yakin pada kemampuan dirinya, rasa bahwa kehadiran dirinya itu diperlukan. Sehingga konselor diharapkan membangun self-esteem kepada para siswanya.

References

Adiputra, S. (2015). Keterkaitan Self Efficacy dan Self Esteem terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa [The correlation between Self Efficacy and Self Esteem towards Student Learning Achievement]. Jurnal Fokus Konseling, 1(2), 151–161. http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus

Aprillianti, S. W., & Kusuma Dewi, D. (2022). Hubungan antara Self-Efficacy dengan Prestasi Belajar Siswa di SMA X. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 13(2), 195–213. https://doi.org/10.26740/jptt.v13n2.p195-213

Baron, R. A., & Bryne, D. (2004). Psikologi Sosial. Erlangga.

Clemes, H dan Bean, R. (2012). Bagaimana mengajar Anak Bertanggung Jawab.

Coopersmith, S. (1967). The antecendents of self-esteem. Freeman and Company.

Corey, G. (2009). Theory and Practice Of Counseling and Psychotherapy.

Diananda, A. (2020). Kelekatan Anak pada Orang Tua dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif dan Harga Diri. 3(2), 152.

Fabiani, R. R. M. (2020). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Membangun Kepercayaan Diri Seorang Anak dari Usia Dini. 7, 43.

Feist, J. & F. G. (2008). Theories of Personality.

Islamiah, N. (2015). Cognitive Behaviour Therapy untuk Meningkatkan Self-Esteem pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 8, 143.

Kamaruddin Khoiron, M & Vanda. (2020). Studi Literatur tentang Pengaruh Penggunaan Media Monopoli Modifikasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Rekarta 2020

Parengkuan, E. (2010). Talkinc Points For Parents Menjadi Teman Berlatih Anak uuntuk Mengenali Diri, Menggali Mimpi, dan Mengekspresikan Dirinya.

Ulya, N. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Anak. Jurnal Golden Age, 5(2), 130.

Wahyuni, S. (2017). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di Kelompok B RA An-Nida. 5(2), 7.

Downloads

Published

11-05-2023

How to Cite

Syahfira, L. L., Muwakhidah, M., Juniar, Z., & Rahmawati, T. (2023). Pengaruh Self Esteem Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(6), 443–449. https://doi.org/10.17977/um065v3i62023p443-449

Issue

Section

Articles