Hubungan Intensitas Publikasi dan Citra Lembaga Pendidikan dengan Animo Siswa yang Memilih Sekolah di SMK Negeri Kabupaten Malang

Authors

  • Alfin Nur Indah Sari Universitas Negeri Malang
  • Ali Imron Universitas Negeri Malang
  • Imron Arifin Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i52023p394-401

Keywords:

intensitas publikasi, citra lembaga pendidikan, animo siswa, intensity of publication, image of educational institutions, student interest

Abstract

Abstract: The study aims to know (1) a picture of publication intensity, (2) an image of an educational institution's image, (3) an overview of the students' interest in choosing a school at SMK Negeri Malang, (4) the relationship between publication intensity and student's interest, (5) an image relationship educational institutions with student interest, (6) the relationship between publication intensity and the image of educational institutions with student interest. This research uses a quantitative approach with a descriptive-correlational research model. The research instrument used in this study was a questionnaire. The subjects who became the population in this study were students of class X State Vocational School. The results showed that the intensity of publications, the image of educational institutions and student interest were in the medium category. There is a relationship between the intensity of publications and the image of educational institutions with the interest of students who choose schools.

Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran intensitas publikasi, (2) gambaran citra lembaga pendidikan, (3) gambaran animo siswa yang memilih sekolah di SMK Negeri Kabupaten Malang, (4) hubungan antara intensitas publikasi dengan animo siswa, (5) hubungan citra lembaga pendidikan dengan animo siswa, (6) hubungan intensitas publikasi dan citra lembaga pendidikan dengan animo siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model penelitian deskriptif-korelasional. Instrumen penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini berupa angket. Subjek yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas publikasi, citra lembaga pendidikan dan animo siswa berada pada kategori sedang. Terdapat hubungan antara intensitas publikasi dan citra lembaga pendidikan dengan animo siswa yang memilih sekolah.

References

Azwar, S. (2003). Sikap Manusia: Teori dan Pengukuran. Yogyakarta: Liberty.

Buchori, A. & Hurriyati, R. (2008). Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus pada Mutu dan Layanan Prima. Bandung : Alfabeta.

Frisnawati. A. (2012). Hubungan Antara Intensitas Menonton Reality Show Dengan Kecenderungan Perilaku Prososial. Jurnal Empathy, 1(1), 47-58, Dari http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY/index

Imron, A., Triwiyanto, T. & Ningsih, D.A. (2018). Hubungan Persepsi Tentang Kualitas dan Pelayanan Pendidikan dengan Kepuasan Orang Tua Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2),245-254. Dari (http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/3679/2226), diakses 2 Mei 2020.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2006). Manajemen Pemasaran edisi ke 12 Jilid ke 1. Jakarta: Indeks Gramedia.

Putri, D.E., Imron, A. & Sunandar, A. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Citra Publik. JAMP:Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 213-221. Dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/8937.

Rahayu, S., Ulfatin, N.,Wiyono, B. B., Imron, A. & Wajdi, M. B. N. (2018). The Professional Competency Teachers Mediate the Influence of Teacher Innovation and Emotional Intellgency on School Secutiry. Journal of Social Studies Education Research, 9(2), 210-227. Dari https://dergipark.org.tr/en/download/article-file/496766

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus. Bogor: Grafika Mardi Yuana.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemirat, S. & Ardianto. (2002). Dasar-dasar Pubic Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumarsono, R. B., Imron, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2019). Strategi Kepala Sekolah dalam Mengoptimalkan Partisipasi Orangtua untuk Meningktakan Kualitas Sekolah. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 7-13. Dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/9772/4821

Tanunihardjo, S. (1988). Analisis Kebijakan Publik Masalah dan Pendekatan. Jurnal Ilmu Politik, (Online), 1(4), diakses 18 Februari 2019.

Utami, H. M. (2016). Hubungan Keefektifan Publikasi dan Citra Lembaga Pendidikan dengan Motivasi Siswa Memilih Sekolah di SMA Swasta se-Kota Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

11-04-2023

How to Cite

Sari, A. N. I. ., Imron, A., & Arifin, I. (2023). Hubungan Intensitas Publikasi dan Citra Lembaga Pendidikan dengan Animo Siswa yang Memilih Sekolah di SMK Negeri Kabupaten Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(5), 394–401. https://doi.org/10.17977/um065v3i52023p394-401

Issue

Section

Articles