Pendampingan Pembelajaran Sistem Koordinat Bagi Siswa Kelas VIII SMP Kristen 03 Kalabahi Berbasis Kampus Mengajar Angkatan 4

Authors

  • Mariam Sing Universitas Tribuana Kalabahi
  • Melki Puling Tang Universitas Tribuana Kalabahi
  • Jon Molina Universitas Tribuana Kalabahi

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i52023p373-383

Keywords:

Program MBKM, system koordinat

Abstract

Program Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM) merupakan bagian kegiatan pembelajaran dan pengajaran di satuan pendidikan dasar/ pendidikan menegah  dari Program Merdeka yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Salah satu sekolah yang menjadi tempat penugasan Kampus Mengajar yaitu SMP Kristen 03 Kalabahi Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Alor . Program Kampus Mengajar ini dilaksanakan selama 5 bulan yang dimulai tanggal 01 Agustus  sampai dengan  02  Desember 2022  yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas. Kampus Mengajar bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan beragam keahlian dan keterampilan dengan menjadi mitra guru dan sekolah dalam pengembangan model pembelajaran. Dalam hal ini pembelajaran system koordinat bagi siswa-siswi kelas VIII SMP Kristen 03 Kalabahi, dengan tujuan memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan kreatif bagi siswa – siswi guna menunjukkan suasana kelas yang aktif , dengan mengarahkan siswa-siswi belajar mengetahui dan menguasai bahkan berani menunjukan letak atau posisi dari suatu titik pada Koordinat Kartesius. Mahasiswa Kampus Mengajar juga memiliki tanggung jawab dalam memperbaiki perilaku dan minat belajar siswa yang rendah, Hasil dari program Kampus Mengajar ini yaitu sebagai proses dalam menambah relasi, menambah pengalaman di luar dunia perkuliahan,mengembangkan wawasan, karakter dan soft skills mahasiswa.

References

Edi Rakhmat Widodo, dkk. (2021 ). Buku Saku Penunjang sebagai Referensi dan Inspirasi . Jakarta : Direktorat Sekolah Dasar.

Kemendikbud. (2021 ). Buku Saku Utama Aktifitas Mahasiswa Kampus Mengajar 2021 . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesi

Djaya, M, S, S,. dkk. (2021). Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021. SubPokja Kampus Mengajar, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Edisi Juli 2021, 1-4

Harianja, P. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Pada Materi Sistem Koordinat Untuk Siswa Kelas Viii SMP Satu Atap Negeri 2 Onanrunggu TP 2018/2019.

Sari, N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Sistem Koordinat Kartesius Ditinjau dari Gaya Belajar pada Kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar.

Downloads

Published

11-04-2023

How to Cite

Sing, M., Tang, M. P., & Molina, J. (2023). Pendampingan Pembelajaran Sistem Koordinat Bagi Siswa Kelas VIII SMP Kristen 03 Kalabahi Berbasis Kampus Mengajar Angkatan 4. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(5), 373–383. https://doi.org/10.17977/um065v3i52023p373-383

Issue

Section

Articles