Literasi Bahasa Inggris Ibu Rumah Tangga: Studi Kasus Desa Inggris Malang

Authors

  • Yuana Ayu Nur Azizah Universitas Negeri Malang
  • Ellyn Sugeng Desyanty Universitas Negeri Malang
  • Ahmad Ahmad Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i42023p355-361

Keywords:

literacy, community empowerment, adult education, literasi, bahasa Inggris, pemberdayaan masyarakat

Abstract

Abstract: This study examines efforts to empower the community with a focus on English literacy in a village in Malang. This case study shows that the English literacy activities carried out by the Indocita institution for housewives consist of four processes, namely agreement, learning, learning modules, and learning media. The results of the study show that these activities can improve the English literacy of housewives and can be applied in daily life, such as in kitchen activities and helping children with their school tasks. The village has become a center for English language education, enabling housewives to interact with foreigners and develop a habit of using English.

Abstrak: Penelitian ini mengkaji upaya pemberdayaan masyarakat dengan fokus pada literasi bahasa Inggris di sebuah desa di Malang. Studi kasus ini menunjukkan bahwa kegiatan literasi bahasa Inggris yang dilakukan oleh lembaga Indocita pada ibu rumah tangga terdiri dari empat proses, yaitu kesepakatan, pembelajaran, modul pembelajaran, dan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan tersebut dapat meningkatkan literasi bahasa Inggris pada ibu rumah tangga dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti pada aktivitas di dapur dan membantu tugas sekolah anak-anak. Desa tersebut menjadi sentra pendidikan bahasa Inggris, sehingga ibu rumah tangga dapat berinteraksi dengan warga asing dan memperoleh pembiasaan dalam berbahasa Inggris.

References

Aini, D. N. (2018). Pengaruh Budaya Literasi dalam Mengembangkan Kecerdasan Kewarganegaraan. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu …, 4(1). http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/195

Andini, G. R. (2021). Jurnal Pendidikan Untuk Semua Tahun. Jurnal Pendidikan, 5(1), 54–63. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/13540/0%0Ahttps://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/download/13540/5620

Azimah, R. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran di Kelas Tinggi. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(4), 934–947. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7567

Ngurah Suragangga, I. M. (2017). Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

Downloads

Published

09-04-2023

How to Cite

Azizah, Y. A. N., Desyanty, E. S., & Ahmad, A. (2023). Literasi Bahasa Inggris Ibu Rumah Tangga: Studi Kasus Desa Inggris Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(4), 355–361. https://doi.org/10.17977/um065v3i42023p355-361

Issue

Section

Articles