Media Sosial Tiktok Sebagai Sumber Belajar Informal Bagi Orang Dewasa

Authors

  • Isdinah Frizka Universitas Negeri Malang
  • Sopingi Sopingi Universitas Negeri Malang
  • Anggia Listyaningrum Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i42023p345-354

Keywords:

informal education, TikTok social media, adults, media sosial TikTok, orang dewasa, pendidikan informal

Abstract

Abstract: TikTok is a learning resource that is currently being used by students because it provides a lot of information and knowledge that can be accessed easily. In relation to TikTok, it acts as a mass media that provides a place for informal learning. The aims of this study are: (1) to describe TikTok as an informal source of learning for adults, (2) to find out the process of learning informally for adults from social media TikTok. This study uses a qualitative approach to the type of phenomenological research. The data collection method used in this study was in-depth interviews. Data analysis techniques used data reduction, data display, and conclusion. Triangulation was carried out to explain the validity of the data using time triangulation. The results of the research obtained are that TikTok is considered a learning resource for students because TikTok is an effective learning resource. TikTok provides all the information and knowledge needed by students. The things students often learn are various, such as make-up content, history, learning media, self-development, cooking recipes, tricks and tips for correct writing, and life hacks. Informal learning processes carried out by students include self-directed learning (SDL), incidental learning and socialization.

Abstrak: TikTok merupakan sumber belajar yang sedang marak digunakan oleh mahasiswa karena TikTok memberikan banyak informasi dan pengetahuan yang dapat diakses dengan mudah. Pada kaitannya dengan TikTok bertindak sebagai media massa yang memberikan tempat pembelajaran informal. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan TikTok sebagai sumber belajar informal orang dewasa, 2) Untuk mengetahui proses belajar secara informal orang dewasa dari media sosial TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian yang diperoleh adalah TikTok dianggap sebagai sumber belajar bagi mahasiswa karena TikTok menyediakan segala informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Hal-hal yang sering dipelajari oleh mahasiswa beranekaragam seperti konten make up, sejarah, media pembelajaran, self development, resep masak, Trik dan Tips kepenulisan yang benar, dan life hack. Proses belajar informal yang dilakukan oleh mahasiswa meliputi pembelajaran secara self directed learning (SDL), Incidnetal learning and sosialization.

References

Hatimah, I. (2016). Regulasi Dan Implementasi Pendidikan Informal. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 194. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i1.3387

Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654

Setyawati, S. P. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Untuk Meningkatkan Self Directed Learning Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional 9, 53(9), 71–78

Hatimah, I. (2016). Regulasi Dan Implementasi Pendidikan Informal. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 194. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i1.3387

Kuntoro, S.A. (2010). Dinamika Belajar Informal dan Implikasi Edukatif di Sekolah. 1-12

Downloads

Published

09-04-2023

How to Cite

Frizka, I., Sopingi, S., & Listyaningrum, A. (2023). Media Sosial Tiktok Sebagai Sumber Belajar Informal Bagi Orang Dewasa. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(4), 345–354. https://doi.org/10.17977/um065v3i42023p345-354

Issue

Section

Articles