Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Al-Qur’an Anak Usia Dini Berbasis Hands on Learning untuk Orang Tua Sebagai Aktualisasi Pendidikan Keluarga Qur’ani

Authors

  • Ahmada May Enggar Rista Universitas Negeri Malang
  • Sri Wahyuni Universitas Negeri Malang
  • Ica Purnamasari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i42023p328-344

Keywords:

VUCA era, Al-Qur'an learning, hand on learning approach, pembelajaran Al-qur’an

Abstract

Abstract: The development of the VUCA Era (Volatility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity) causes rapid changes with factors that are difficult to control causing the phenomenon of declining literacy due to technological shifts. One of them is the phenomenon of the fading of interest and love for learning the Qur'an experienced by various age groups, ranging from children, adolescents and adults. Parents have difficulty in teaching the Qur'an to children in a fun way. This study aims to grow the ability of parents, enrich teaching methods, and provide practical steps that parents can follow in educating their children to love the Qur'an through Hands On Learning-based learning. The method used in this research is a 4D development model (Define, design, develop, disseminate). Member of the parent forum at PT. Pendidik Muda Indonesia consist of ten members who have early childhood. Quantitative data were obtained from the results of the feasibility test as well as the readability of the material and design. Qualitative data were obtained from the analysis of descriptive questionnaire questions for parents' needs for learning the Qur'an for early childhood. The results of this development research obtained 1) a guide book for parents in learning the Qur'an for early childhood based on hands on learning, 2) the feasibility of the product developed based on the results of the research and the assessment of the validator in the very feasible category.

Abstrak: Berkembangnya Era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity) menyebabkan perubahan cepat dengan faktor-faktor yang sulit dikontrol menyebabkan fenomena menurunnya literasi akibat pergeseran teknologi. Salah satunya ialah fenomena lunturnya ketertarikan dan kecintaan terhadap pembelajaran Al-Qur’an yang dialami oleh berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak, remaja maupun dewasa. Orang Tua mengalami kesulitan dalam mengajarkan Al-Qur’an kepada anak dengan cara yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan orang tua, memperkaya metode mengajar, serta memberikan langkah praktis yang dapat diikuti Orang tua dalam mendidik anaknya agar mencintai Al-Qur’an melalui pembelajaran berbasis Hands On Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah model pengembangan 4D (Define, design, develop, disseminate). Anggota forum orang tua di PT. Pendidik Muda Indonesia terdiri dari sepuluh anggota yang memiliki anak usia dini. Data kuantitatif diperoleh dari hasil uji kelayakan serta keterbacaan materi dan desain. Data kualitatif diperoleh dari analisis pertanyaan deskriptif angket kebutuhan orang tua terhadap pembelajaran Al-Qur’an untuk anak usia dini. Hasil penelitian pengembangan ini diperoleh 1) buku panduan untuk orang tua dalam pembelajaran Al-Qur’an untuk anak usia dini berbasis hands on learning, 2) kelayakan produk yang dikembangkan berdasarkan hasil penelitian serta penilaian validator dalam kategori sangat layak.

References

Aimi, A. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Dalam Keluarga. Jurnal Ecoment Global, 4(2), 134. Https://Doi.Org/10.35908/Jeg.V4i2.760

Aprida, S. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. 10.

Aprida, S. N., & Suyadi, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2462–2471. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i4.1959

Bahar, H., & Sundi, V. H. (2021). Pembinaan Parenting Education Berbasis Al Quran Di Lab School Fip Umj. 1(1), 11.

Erhamwilda, E., Afrianti, N., Tazkia, A. H., & Mulyati, H. (2021). Efektivitas Pelatihan Parenting Dalam Meningkatkan Pengetahuan Orang Tua Menyiapkan Generasi Qur’ani. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 793–800. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i2.1329

Fajriah, H., & Novira, A. (2021). Peran Orangtua Dalam Memperkenalkan Bacaan Al-Qur’an Pada Anak Di Gampong Dalam Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan. 19.

Fithriyah, M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Minds-On Dan Hands-On Siswa Materi Bangun Datar Dengan Menggunakan Metode Talking Stick. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 1. Https://Doi.Org/10.30736/Atl.V3i1.198

Fitriati, A., Anggoro, S., & Harmianto, S. (2019). User Acceptance Buku Saku Karakter Digital Untuk Penguatan Pendidikan Karakter. 7.

Hasbi, D. A., Gunawan, D. H. O., & Ag, M. (2018). Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Magister (S2) Institut Ilmu Al-Qur’an (Iiq) Jakarta 1439 H/2018 M. 36.

Ifansyah, M. S., & Qisom, S. (2021). (Analysis Of Go House Program In Forming The Qur’ani Family (Case Study Of. 6.

Ivan, M. (2021). Paradigma Baru Program Studi Pendidikan Non Formal/Pendidikan Luar Sekolah (Pnf/Pls) Di Era Vuca. 19, 14.

Komariah, N., & Munawaroh, F. (2021). Manajemen Pendidikan Keluarga Dalam Mengembangkan Karakter Anak. 9(1), 13.

Lisnawati, L. (2018). Mewujudkan Pendidikan Dalam Keluarga Muslim Yang Visioner. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 8(1), 77. Https://Doi.Org/10.24269/Muaddib.V8i1.1050

Pasymi Pasymi. (2021). Menundukkan Fenomena Turbulen (Vuca). Https://Doi.Org/10.13140/Rg.2.2.30832.79365

Priyasti, P., Wahyuningrum, E., & Haniyah, S. (N.D.). Pemberian Dukungan Informasional Keluarga Dalam Bentuk Buku Saku: Menjadi Orang Tua Hebat Bagi Anak Yang Menghadapi Menarche. 5.

Rismayanti, I., Bakhraeni, R., & Natalina, D. (2015). Hands On Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. 10.

Rosi, F., & Faliyandra, F. (2019). Urgensi Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. 18.

Sainul, A. (2018). Konsep Keluarga Harmonis Dalam Islam. 4, 13.

Setiawan, E. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Al-Qur�An Melalui Metode Albana Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Journal Al-Mudarris, 1(2), 68. Https://Doi.Org/10.32478/Al-Mudarris.V1i2.170

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Thontowi, Z. S., Syafii, A., & Dardiri, A. (2019). Manajemen Pendidikan Keluarga: Perspektif Al-Quran Menjawab Urban Middle Class Milenial. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 159. Https://Doi.Org/10.30868/Ei.V8i01.393

Wijayanto, A. (2021). Transformasi Dunia Pendidikan Dalam Upaya Percepatan Sdm Unggul [Preprint]. Open Science Framework. Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/76nr4

Yuliani, F., & Djamal, N. N. (2019). Pengaruh Kebiasaan Tadabbur Al-Quran Terhadap Kecerdasan Spiritual Anggota Komunitas Tadabbur Quran. 6(2), 14.

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R N D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka..

Downloads

Published

09-04-2023

How to Cite

Rista, A. M. E., Wahyuni, S., & Purnamasari, I. (2023). Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Al-Qur’an Anak Usia Dini Berbasis Hands on Learning untuk Orang Tua Sebagai Aktualisasi Pendidikan Keluarga Qur’ani. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(4), 328–344. https://doi.org/10.17977/um065v3i42023p328-344

Issue

Section

Articles