Pengembangan Modul Perencanaan Karier untuk Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMP

Authors

  • Suci Murni Prastiwi Wibowo Universitas Negeri Malang
  • Djoko Budi Santoso Universitas Negeri Malang
  • Rizka Apriani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i42023p320-327

Keywords:

modul, karier planning, career-making skills, perencanaan karier, keputusan karier

Abstract

Abstract: Research and development aims to produce a product out of a career planning module to enhance the middle-school career-making skills. Adapting the 5 steps of research and development of the Borg & Gall (1983) which covered (1) the stage of data collection; (2) research planning; (3) product design stage; (4) product trials; And (5) the product revision. The expert test consists of one materials expert, two media experts and two user candidates who are counselors. The analysis of the data results from the materials test uses the feasibility percentage formula, while the data of the media expert and the user test results use the inter-rater agremeent model formula. The results from a data analysis of materials collected by 90%. Validation from the media expert test scores by 1 as well as the user test scores by 1. The results of data analysis from the product testing process fall into very precise category, and thus the product that has been developed may be stated to meet the appropriate criteria for acceptance that include the four aspects of accuracy, usefulness, ease and attraction.

Abstrak: Penelitian dan pengembangan bertujuan menghasilkan produk berupa modul perencanaan karier untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan karier siswa SMP. Mengadaptasi 5 langkah penelitian dan pengembangan dari Borg & Gall (1983) yang meliputi (1) tahap pengumpulan data; (2) perencanaan penelitian; (3) tahap desain produk; (4) uji coba produk; dan (5) revisi produk.Uji ahli terdiri satu ahli materi, dua ahli media dan dua calon pengguna yang merupakan konselor. Analisis data hasil uji ahli materi menggunakan rumus presentase kelayakan, sedangkan data hasil uji ahli media dan uji calon pengguna menggunakan rumus inter-rater agremeent model. Dari hasil analisi data uji ahli materi diperoleh hasil sebesar 90%. Hasil validasi dari uji ahli media memperoleh skor sebesar 1 begitu pula dengan hasil uji calon pengguna memperoleh skor sebesar 1. Hasil analisis data dari proses uji coba produk tergolong dalam kategori sangat tepat, dengan demikian produk yang telah dikembangkan dapat dinyatakan sesuai dengan kriteria keberterimaan yang mencakup empat aspek yakni ketepatan, kegunaan, kemudahan dan kemenarikan.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., dan Merliyanan, S. J. 2022. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Edumaspul Vol 6 (1). http://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3394/117.

Ali, A. R., & Wiyono, B. D. 2018. Pengembangan Modul pilihan Karier Untuk Siswa Kelas IX SMPN 3 Babat lamongan. Jurnal BK UNESA, 8(2). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/viewFile/23119/21156.

Antika, E. R., Mappiare-AT, A., & Zein, E. F. 2018. Modul Latihan Self-assessment: Media bagi Siswa Sekolah Menengah Atas untuk Tahap Awal Perencanaan Karier. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 3(2). http://journal2.um.ac.id/index.php/jkbk/article/view/721.

Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Asih, R. A. S. 2020. Peningkatan Kemampuan Perencanaan Karier Melalui Modul Layanan Informasi Karier Berbantuan Komputer Pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Konseling Gusjigang, 6(1). https://jurnal.umk.ac.id/index.php /gusjigang/article/download/6355/2697.

Borg, W. R., Gall, M. D., & Gall, J. P. 1983. Educational Research: an Introduction. New York: Logman Inc.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Direktorat Jendaral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Duntari, R. A. A. 2018. Strategi Perencanaan Karier Remaja Melalui Peningkatan Pemahaman Self Concept. Fokus, 1(3). https://journal.ikip siliwangi.ac.id/index.php/fokus/article/view/3087.

Fahma, Indana Arina. Imam Cholissodin dan Rizal Setya Perdana. 2018. Identifikasi Kesalahan Penulisan Kata (Typographical Error) pada Dokumen Indonesia Menggunakan Metode N-gram dan Levenshtein Distance. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 2(1). https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik.

Ghassani, M., Ni’matuzahroh, dan Anwar, Z. 2020. Meningkatkan Kematangan Karier Siswa SMP Melalui Pelatihan Perencanaan Karier. Jurnal Intervensi Psikologi, 12(2). https://journal.uii.ac.id/intervensipsikologi/article/download /12518/10652.

Gregory, R. J. 2015. Psychological testing : history, principles, and applications. United States of America: Pearson Education, Inc

Harahap, D. 2019. Konsep Pengambilan Keputusan Karier. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(1). http://jurnal.iainpadangsidimpuan. ac.id/index.php/Irsyad/article/downloadSuppFile/2288/169.

Hartono. 2016. Bimbingan Karier. Jakarta: Kencana.

Ismi, T. 2021. 15 Hal Yang Bisa Hambatan Bagi Perkembangan Kariermu. Article. https://glints.com/id/lowongan/menghambat-perkembangan-karier/#.Y6O_UbCyTxM.

Juliyanti, R., & Azizah, N. 2021. Motivasi Pilihan Karir bagi Remaja pada Masa Pandemi Covid-19. Anteroir Jurnal, 20(2). https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.com /media/publications/365761none8e15236e.pdf&ved=2ahUKEwjjnpWf3oz5AhXxaGwGHcc3BcQFnoECAsQAQ&usg=AOvVaw3efC6_73unm Us7_vHUYLoY.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 2022. Panduan Implementasi Bimbingan dan Konseling Untuk jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.. http//kurikulum.kemedikbud.go.id/wp-content/opluads/2022/08/Panduan-I,plementasi-BK.pdf

Mahara, B. 2020. Penggunaan Modul Pemahaman Diri Tentang Karir Dalam Layanan Klasikal Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir. Jurnal Bimbingan dan Konseling Universitas Syiah Kuala, 5(1). http://jurnal.unsyiah.ac.id/suloh/article/view/20659.

Rahmadi. 2011. Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.

Santoso, D. B. 2013. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jurusan BK FIP UM.

Santrock, J. W. 2011. Life-Span Development Thirteenth Edition. New York: McGraw-Hill.

Soamah. 2007. Tugas-tugas Perkembangan Siswa SMP. (online) http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI_PEND_DAN_BIMBINGAN/196103171987032-AAS_SAOMAH/Tugas-tugas_Perkembangan_ Siswa_SMPx.pdf.

Sukardi, D. K. 1987. Bimbingan Karir di Sekolah-sekolah. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Tressler, L. E. 2015. Increasing career exploratory behavior through message framing. Lousiana Tech University.

Wardhani, N. A., Isti’adah, F. N., & Arumsari, C. 2020. Efektivitas Layanan Informasi Dengan Menggunakan Teori Karier John Lewis Holland Terhadap Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMP. Quanta, 4(2). http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/quanta /article/view/1760

Zaini, A., Dianto, M., & Mulyani, R. R. 2020. Pentingnya Penggunaan Media Bimbingan dan Konseling dalam Layanan Informasi. (online). http://conference.um.ac.id/index.php/bk/article/view/68.

Downloads

Published

09-04-2023

How to Cite

Wibowo, S. M. P., Santoso, D. B., & Apriani, R. (2023). Pengembangan Modul Perencanaan Karier untuk Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(4), 320–327. https://doi.org/10.17977/um065v3i42023p320-327

Issue

Section

Articles