Keefektifan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Structured Learning Approach untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa SMK dalam Mencegah Pelecehan Seksual

Authors

  • Khoirunnisa Al Atikho Universitas Negeri Malang
  • M. Ramli Universitas Negeri Malang
  • Fitri Wahyuni Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i42023p311-319

Keywords:

SLA, group guidance, assertive behavior, sexual harassment, bimbingan kelompok, perilaku asertif, structured learning approach, pelecehan seksual

Abstract

Abstract: Adolescents ability to be assertive is a life skill that is crucial to their growth at this point and is essential in all facets of daily life. This study uses group guidance  and the SLA technique to enhance students' assertive behavior in order to prevent sexual harassment. The one group pretest and posttest design is used in this quantitative research approach, which also uses a quasi-experimental research type. The participants in this study are 10th grade students at SMK Negeri 4 Malang who are majoring in graphic engineering. Ten students were chosen as research participants using the purposive sampling method. The instrument used is the assertive behavior scale by Galassi (1997). Ten kids from the overall population got scores for moderate and low assertive behavior, according to the results of the pretest. The group guidance session with 10 students took place over the course of 4 meetings. The results of the analysis of pre-test and post-test scores through the Wilcoxon test showed that group counseling using the SLA technique was effective in increasing assertive behavior in preventing sexual harassment based on the results of Asymp Sig. of 0.005 which means H1 is accepted and H0 is rejected.

Abstrak: Kemampuan remaja untuk bersikap asertif merupakan keterampilan hidup yang penting untuk pertumbuhan mereka pada saat ini dan penting terhadap aspek kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan bimbingan kelompok dan teknik SLA untuk meningkatkan perilaku asertif siswa guna mencegah terjadinya pelecehan seksual. One group pretest and posttest design digunakan dalam pendekatan penelitian kuantitatif ini, yang juga menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 4 Malang yang mengambil jurusan teknik grafika. Sepuluh siswa dipilih sebagai partisipan penelitian dengan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala perilaku asertif oleh Galassi (1997).  Berdasarkan hasil pretest diperoleh hasil bahwa terdapat 10 siswa yang diambil secara acak dari seluruh populasi untuk diberikan treatment. Bimbingan kelompok dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Hasil analisis skor pre-test dan post-test melalui uji wilcoxon yang menunjukkan hasil bahwa bimbingan kelompok dengan teknik SLA efektif digunakan untuk meningkatkan perilaku asertif dalam mencegah pelecehan seksual yang didasarkan pada hasil Asymp Sig. sebesar 0.005 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak.

References

Ahmad, H., & Hartati, A. 2018. “Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram”. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2).

Ali, P. A., & Naylor, P. B. 2013. “Intimate partner violence: A narrative review of the biological and psychological explanations for its causation”. Journal Aggression and Violent Behavior, 18(3).

Ampuno, S. 2020. “Perilaku Asertif Generasi Milenial Dalam Perspektif Psikologi Islam”. JIVA: Journal of Behavior and Mental Health, 1(1).

Dahman, D. (2019). Upaya Meningkatkan Asertivitas Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Asuh Kelas IX SMP Negeri 1 Sakra Barat. Fondatia, 3(1), 55–72.

Dewi, K. 2017. “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama terhadap Perilaku Asertif Siswa”. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(3).

Diane, E. Papalia. 2014. Menyelami Perkembangan Manusia Edisi 12. Jakarta: Mc Graw Hill Education.

Djamaluddin, M., dkk. 2020. “SLA Model (SLA) for Assertive Skills Training in Middle School Students”. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1).

Galassi, M. D. & Galassi, C. 1977. Assert Your Self: How to Be Your Own Person Behavior Modification Series. Human Science Press: Universitas Michigan.

Husnah, S., Wahyuni, E., & Fridani, L. (2022). Gambaran Perilaku Asertif Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1370–1377.

Monks, F.J., Knoers, A.M.P & Hadinoto S.R. 2014. Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nufi, E. P., Setiyowati, A. J., & Rahman, D. H. 2021. “Panduan Self Instruction dengan Pendekatan SLA untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(2).

Rahayu, B. L. A., AT, A. M., & Triyono, T. 2018. “Keefektifan SLA untuk meningkatkan perilaku asertif siswa SMA korban bullying”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(11).

Ramli, M., Hitipeuw, I., & Ardyanti, A. W. T. 2017. “SLA (SLA) modification to improve sharing skills of at-risk students in elementary school”. European Journal of Education Studies, 3(7).

Setyowati, N. (2019). Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Kelas IX SMPN 1 Bataguh Melalui Bidang Bimbingan Kelompok Materi Psikologi Remaja. 05(02), 830–841.

Sprafkin, R.P, Gershaw, N.J, & Goldstein, A.P. 1993. Social Skills for Mental Health. A Structured Learning Approach. USA: Allyn and Bacon.

Suparyanto dan Rosad (2020). Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) Dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Suparyanto Dan Rosad (2020), 5(3), 248–253

Syafira, G. A., & Kustanti, E. R. 2017. Gambaran asertivitas pada perempuan yang pernah mengalami kekerasan dalam pacaran. Jurnal Empati, 6(1).

Thompson, A. Rosemary. 2003. Counseling Techniques Second Edition. New York: Roudledge.

Downloads

Published

09-04-2023

How to Cite

Al Atikho, K. ., Ramli, M., & Wahyuni, F. (2023). Keefektifan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Structured Learning Approach untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa SMK dalam Mencegah Pelecehan Seksual. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(4), 311–319. https://doi.org/10.17977/um065v3i42023p311-319

Issue

Section

Articles