Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Flashcard di PAUD Permata Hati
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v3i42023p303-310Keywords:
kemampuan mengenal angka, media flashcardsAbstract
Penggunaan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka di PAUD Permata Hati Desa Rambai. Penelitian dilatarbelakangi oleh tingkat kemampuanmengenal angka PAUD Permata Hati Desa Rambai masih rendah. Dari 20 siswa proses perbaikan pembelajaran pada siklus 1 dengan menggunakan RPPH 3 hari dapat memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran peningkatan kemampuan mengenal angka anak dengan capaian hasil pada siklus 1 sebanyak 6siswa dengan persentase 30 persen berkembang sesuai harapan kemudian 14 siswa dengan persentase 70 persen mulai berkembang. Melalui proses perbaikan pada siklus 2 dengan RPPH 3 hari dengan refleksi siklus 2 mampu meningkatkan hasil pencapaian siswa menjadi 18 siswa dengan persentase 90 persen berkembang sesuai harapan. Melalui penggunaan media flashcard dalam kegiatan mengenal angka di PAUD Permata Hati Desa Rambai dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka.
References
Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi ke IV. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Elizabeth Christiana, P. (2020). Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Kognitif Mengenal Konsep Angka. Jurnal Pendidikan.
G. D. (2020). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok. Jurnal Pendidikan.
Ida Ayu Putu Ratna Novian Dewi. (2020). Pengembangan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka. Journal for Lesson and Learning Studies, Vol.03 No.3.
Palupi, G. D., & Dewi, D. K. (2013). Pengaruh Media Flashcard terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok B di TK Aba IV Kota Kediri. PAUD Teratai, 2(3).
Ratna Nila Puspitasari, L. (2020). Efektivitas Media Flash Card Dalam MeningkatkanKemampuan Mengenal Angka.Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, Vol 01 No 1.
Sukartin, L., & Muslim, M. (2020). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Gambar (Flashcards) Pada Taman Kanak-Kanak Ansyal Desa Tolowata Kecamatan Ambalawi. Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 2(2), 234-258
Susanto, Ahmad.( 2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana
Wardhani, IGAK. (2017) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Pusat Penerbitan UniversitasTerbuka.
Yuniarti, Eka, (2017). Pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relavansinya Dengan Kurikulum 13. Jurnal Penelitian, Vol. 11, No.2, Agustus 2017
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.