Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Flashcard di PAUD Permata Hati

Authors

  • Nadila Nadila Universitas Terbuka
  • Nissa Mawarda Rokhman Universitas Negeri Malang
  • Mukti Amini Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i42023p303-310

Keywords:

kemampuan mengenal angka, media flashcards

Abstract

Penggunaan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka di PAUD Permata Hati Desa Rambai. Penelitian dilatarbelakangi oleh tingkat kemampuanmengenal angka PAUD Permata Hati Desa Rambai masih rendah. Dari 20 siswa proses perbaikan pembelajaran pada siklus 1 dengan menggunakan RPPH 3 hari dapat memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran peningkatan kemampuan mengenal angka anak dengan capaian hasil pada siklus 1 sebanyak 6siswa dengan persentase 30 persen berkembang sesuai harapan kemudian 14 siswa dengan persentase 70 persen mulai berkembang. Melalui proses perbaikan pada siklus 2 dengan RPPH 3 hari dengan refleksi siklus 2 mampu meningkatkan hasil pencapaian siswa menjadi 18 siswa dengan persentase 90 persen berkembang sesuai harapan. Melalui penggunaan media flashcard dalam kegiatan mengenal angka di PAUD Permata Hati Desa Rambai dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka.

References

Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi ke IV. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Elizabeth Christiana, P. (2020). Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Kognitif Mengenal Konsep Angka. Jurnal Pendidikan.

G. D. (2020). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok. Jurnal Pendidikan.

Ida Ayu Putu Ratna Novian Dewi. (2020). Pengembangan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka. Journal for Lesson and Learning Studies, Vol.03 No.3.

Palupi, G. D., & Dewi, D. K. (2013). Pengaruh Media Flashcard terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok B di TK Aba IV Kota Kediri. PAUD Teratai, 2(3).

Ratna Nila Puspitasari, L. (2020). Efektivitas Media Flash Card Dalam MeningkatkanKemampuan Mengenal Angka.Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, Vol 01 No 1.

Sukartin, L., & Muslim, M. (2020). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Gambar (Flashcards) Pada Taman Kanak-Kanak Ansyal Desa Tolowata Kecamatan Ambalawi. Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 2(2), 234-258

Susanto, Ahmad.( 2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana

Wardhani, IGAK. (2017) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Pusat Penerbitan UniversitasTerbuka.

Yuniarti, Eka, (2017). Pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relavansinya Dengan Kurikulum 13. Jurnal Penelitian, Vol. 11, No.2, Agustus 2017

Downloads

Published

09-04-2023

How to Cite

Nadila, N., Rokhman, N. M., & Amini, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Flashcard di PAUD Permata Hati. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(4), 303–310. https://doi.org/10.17977/um065v3i42023p303-310

Issue

Section

Articles