Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Academic Burnout dengan Prestasi Belajar Siswa SMPN 2 Pakis Kabupaten Malang

Authors

  • Aulia Widya Kirana Universitas Negeri Malang
  • Elia Flurentin Universitas Negeri Malang
  • Arbin Janu Setiyowati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i42023p291-302

Keywords:

emotional intelligence, academic burnout, learning achievement, kecerdasan emosional, prestasi belajar

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to determine the relationship between emotional intelligence and academic burnout with learning achievement. This study used correlational research design. The total population of class VIII students of SMP Negeri 2 Pakis is 156 students, the sample is 112 students obtained by the slovin formula with a 5 percent allowance. Sampling using simple random sampling method. Data collection used the emotional intelligence scale adapted by Bantolo (2020), and the academic burnout scale "MBI-SS" adapted by Maharani (2017). Both have been tested for validity and reliability. Measurement of learning achievement used odd mid-term semester scores 2022/2023. The results of this study are that there is no significant relationship between emotional intelligence and academic burnout with learning achievement. The variables of emotional intelligence and academic burnout only contribute 2.8 percent to learning achievement. While the other 97.2 percent is influenced by other factors or variables that are not measured in this study.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mencari tau hubungan antara kecerdasan emosional dan academic burnout dengan prestasi belajar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif non-eksperimen, dengan desain deskriptif korelasional. Total populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pakis sebanyak 156 siswa, dengan jumlah sampel 112 siswa yang didapatkan dengan rumus slovin tingkat kelonggaran 5 persen. Dalam penentuan sampel, digunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data melalui skala kecerdasan emosional mengadaptasi milik Bantolo (2020), dan skala academic burnoutMaslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS)” yang diadaptasi dari Maharani (2017). Keduanya telah melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Pengukuran prestasi belajar menggunakan nilai UTS semester gasal 2022/2023. Hasil dari penelitian ini yaitu tidak terdapatnya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan academic burnout dengan prestasi belajar. Variabel kecerdasan emosional, dan academic burnout hanya berkontribusi sebesar 2,8 persen dengan prestasi belajar. Sedangkan 97,2 persen lainnya dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain yang tidak diukur pada penelitian ini.

References

Adiputra, S., & Mujiyati, M. (2017). Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di Indonesia: Kajian Meta-Analisis. Konselor, 6(4), 150. https://doi.org/10.24036/02017648171-0-00

Adjani, S., & Adam, H. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Universitas Brawijaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, 1(1). Dari https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/253.

Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2011). Psikologi Belajar (1 ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Akbar, P. R., & Setyawan, I. (2015). Perbedaan Kecerdasan Emosional Antara Siswa SMA dengan MA: Studi Komparasi pada Siswa Kelas XI di SMA N 1 Purwodadi dan MA Sunniyyah Selo. Jurnal Empati, 4(4), 202-207. Dari http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/14320.

Arafa, S., Mursalim, M., & Ihsan, I. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 26 Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 47–54. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.2061

Bahat, B., & Ovsenik, M. (2020). Emotional Intelligence in Secondary School Students. Revija Za Univerzalno Odličnost, 9(4), 293–308. https://doi.org/10.37886/ruo.2020.018

Bantolo, A. (2020). Perbedaan Tingkat Kecerdasan Emosional Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga dan Non Olahraga di SMA Negeri 2 Wonosobo. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Creswell, J. W. (2012). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Terjemahan Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009.

Dalyono, M. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Djamaroh, S. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghodsi, M. (2015). Investigating The Effects of Emotional Intelligence on Social Mental Factors of Human Resource Productivity. Journal of Work and Organizational Psychology, 31 (31), 129–134.

Gibran, H., & Wiyono, B. D. (2022). Pengaruh Stres Akademik dan Burnout terhadap Prestasi Belajar di Masa Pembelajaran Daring di SMPN 1 Galis Pamekasan. Jurnal BK UNESA, 12(5), 1109-1115. Dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/47515

Goleman, D. (2007). Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2009). Working with Emotional Intelligence. Bloomsbury Publishing. Diambil dari https://books.google.co.id/books?id=fOnFvLIf8k0C

Hurlock, E. B. (2004). Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Kashani, F. L., Azimi, A. L., & Vaziri, Sh. (2012). Relationship between Emotional Intelligence and Educational Achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69, 1270–1275. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.12.061

Khusumawati, Z. E. (2015). Penerapan Kombinasi antara Teknik Relaksasi dan Self-Instruction untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 22 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 5 (1).

Korhonen, J., Linnanmäki, K., & Aunio, P. (2014). Learning difficulties, academic well-being and educational dropout: A person-centred approach. Learning and Individual Differences, 31, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2013.12.011

Kpolovie, P. J. (2014). Test, measurement and evaluation in education. Second Edition. (2 ed.). Owerri: Springfield Publishers Ltd.

Kurnia, H., & Wahono, J. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa SMA Negeri 5 Yogyakarta. Academy of Education Journal, 12(1), 82–97. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i1.431

Laporan Hasil Riset Mandiri “Tingkat Academic Burnout Mahasiswa Klaster Sosio-Humaniora UGM: Meningkatkan Kesadaran akan Urgensi Fenomena Academic Burnout” – LM Psikologi UGM. (2021). Diambil 16 Januari 2023, dari https://lm.psikologi.ugm.ac.id/2021/12/laporan-hasil-riset-mandiri-tingkat-academic-burnout-mahasiswa-klaster-sosio-humaniora-ugm-meningkatkan-kesadaran-akan-urgensi-fenomena-academic-burnout/

Lestari, P. A. D. (2016). The Effect of Emotional Intelligence on Students’ Academic Achievement. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 4(1). Diambil dari https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/2448

Maharani, D. M. (2019). Hubungan Antara Self-Esteem dengan Academic Burnout pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang Tahun 2018/2019. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Mahidin & Jannah, N. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di SMA Muhammadiyah-2 Medan. Al-Mursyid, 1(1). http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v1i1.527

Mamahit, H., & Reandsi, H. (2022). Penerapan Teknik Scavenger Hunt dalam Bimbingan Klasikal untuk Mengatasi Academic Burnout pada Siswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 36–43. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i1.153

Maslach, C., & Leiter, M. P. (2008). The Truth About Burnout: How Organizations Cause Personal Stress and What to Do About It. San Fransisco: John Wiley & Sons.

Mughnia, F. N. (2020). Pengaruh Burnout Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTsN 2 Malang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Psikologi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Mujidin, M., Pramesti, A. R. A., & Rustam, H. K. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dengan Menerapkan Kecerdasan Emosional dan Dukungan Sosial pada Siswa SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1699–1707. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.644

Muna, N. (2020). Strategi Guru BK dalam Mengatasi Burnout Study Siswa SMKN 1 Widasari. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 81. https://doi.org/10.29240/jbk.v4i1.1444

Muna, N. R. (2013). Efektifitas Teknik Self Regulation Learning dalam Mereduksi Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa di SMA Insan Cendekia Sekarkemuning Cirebon. Holistik: Journal for Islamic Social Science, 14(2), 57-78. Dari https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/holistik/article/view/450/395

Ningsih, F. (2016). Efektivitas Teknik Relaksasi untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar. E-Journal Bimbingan dan Konseling, 7, 50-59. Diambil dari https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/download/4060/3713

Oyoo, S., Mwaura, P., Kinai, T., & Mutua, J. (2020). Academic Burnout and Academic Achievement among Secondary School Students in Kenya. Education Research International, 2020, 1–6. https://doi.org/10.1155/2020/5347828

Parviainen, M., Aunola, K., Torppa, M., Lerkkanen, M.-K., Poikkeus, A.-M., & Vasalampi, K. (2021). Early Antecedents of School Burnout in Upper Secondary Education: A Five-year Longitudinal Study. Journal of Youth and Adolescence, 50(2), 231–245. https://doi.org/10.1007/s10964-020-01331-w

Pengertian Kecerdasan Emosional & Cara Meningkatkannya—Gramedia. (2021, April 1). Diambil 27 Maret 2022, dari Best Seller Gramedia website: https://www.gramedia.com/best-seller/kecerdasan-emosional/

Pratini, S. (2005). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Studing.

Rosyid, Moh. Z., Mansyur, M., & Abdullah, A. R. (2019). Prestasi Belajar (1 ed.). Malang: CV Literasi Nusantara.

Sanjaya, F. (2012). Peran Moderasi Kecerdasan Emosi pada Stres Kerja. Jurnal Dinamika Manajemen, 3(2), 155–163.

Santrock, J. W. (2002). Life-Span Development. Jakarta: Erlangga.

Schaufeli, W. B., Salanova, M., Roma, V. G., & Bakker, A. B. (2002). The Measurement of Engagement and Burnout: A Two Sample Confirmatory Factor Analytic Approach. Journal of Happiness Studies, 3, 71–92. http://dx.doi.org/10.1023/A:1015630930326

Suryati, N., & Salehudin, M. (2021). Program Bimbingan dan Konseling untuk Mengembangkan Kecerdasan Spiritual dan Emosional Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 578–588. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.349

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2, 115–123.

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rusdakarya.

Ugwu, F. O., Onyishi, I. E., & Tyoyima, W. A. (2013). Exploring The Relationships Between Academic Burnout, Self-Efficacy and Academic Engagement Among Nigerian College Students. The African Symposium, 13 (2), 37–45.

Wahab, R. (2018). Psikologi Belajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Widlund, A., Tuominen, H., & Korhonen, J. (2018). Academic Well-Being, Mathematics Performance, and Educational Aspirations in Lower Secondary Education: Changes Within a School Year. Frontiers in Psychology, 9, 297. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.00297

Yang, H. J. (2004). Factors Affecting Student Burnout and Academic Achievement in Multiple Enrollment Programs in Taiwan’s Technical–Vocational Colleges. International Journal of Educational Development, 24 (3), 283–301.

Zhang, Y., Gan, Y., & Cham, H. (2007). Perfectionism, Academic Burnout and Engagement among Chinese College Students: a Structural Equation Modeling Analysis. Personality and Individual Differences, 43(6), 1529–1540. https://doi.org/10.1016/j.paid.2007.04.010

Downloads

Published

09-04-2023

How to Cite

Kirana, A. W., Flurentin, E., & Setiyowati, A. J. (2023). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Academic Burnout dengan Prestasi Belajar Siswa SMPN 2 Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(4), 291–302. https://doi.org/10.17977/um065v3i42023p291-302

Issue

Section

Articles