Upaya Meningkatkan Kemampuan Dasar Kognitif Anak Melalui Metode Proyek dengan Media Loose Parts

Authors

  • Alifah Mei Adchani Universitas Terbuka
  • Nissa Mawarda Rokhman Universitas Negeri Malang
  • Mukti Amini Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i42023p282-290

Keywords:

kemampuan kognitif, media loose parts, metode proyek

Abstract

Kemampuan kognitif sangat erat sekali kaitannya dengan berfikir, mengingat, dan memecahkan masalah. Pada penelitian yang dilakukan oleh peneliti di TK PKK Kartini Gayam Argosari Sedayu Bantul ini yakni dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan analisis ini adalah untuk melihat peningkatan kemampuan kognitif pengenalan huruf pada anak usia 4-6 tahun semester I tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan dengan perbaikan 2 siklus, pada setiap siklus terdiri dari 5 kali pertemuan dengan 5 RPPH. Perbaikan siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian yakni anak usia 4-6 tahun, terdiri dari 11 anak. Teknik pengumpulan data yang dipakai yakni observasi dengan memakai instrument observasi dan dokumentasi foto anak. Metode penelitian yang dipergunakan yakni metode penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil perolehan dari penelitian tersebut meningkatkatnya hasil kemampuan kognitif anak ketika metode proyek dengan media loose parts diterapkan. Hasil yang diperoleh anak mengalami peningkatan pada setiap kategori perkembangan yang masing-masing skor rata-ratanya adalah 29,3 dengan permulaan pra siklus 14,83 dan pada siklus I 22. Peningkatan tersebut terjadi secara signifikan.

References

Arikunto, Suharsimi. dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Herman & Rusmayadi. Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan. (2018).

Magta dkk. Pengaruh Metode Proyek tehadap Kemampuan Kerja Sama Anak Kelompok A. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 24 No. 2, (2019).

Novitasari, Y.& Fauziddin. M. Perkembangan Kognitif Bidang Auditori pada Anak

Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1, (2012).

Pebriana, I. Pengaruh Penggunaan Metode Proyek terhadap Perkembangan Kognitif Mengenal Bentuk Geometri pada Anak Usia Dini Kelompok B di Raudhatul Athfal Nurul Muttaqim Tulang Bawang Barat. repository.radenintan.ac.id. (2019).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Safitri, D & Anik, L. Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. (2021).

Sujiono, Yuliani, Nurani. dkk. (2019). Metode Pengembangan Kognitif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Wulansari, Fadhli, Sutrisno. (2021). Stem Kreatif Pembelajaran Berbasis Alam Menggunakan Natural Loose Parts. Jawa Timur: Academia Publication.

Yaswinda. (2019). Model Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori-Ekologi (PSB MUGI) bagi Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher.

Yurissetiowati. (2021). Perkembangan Anak Usia Dini. Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha.

Downloads

Published

09-04-2023

How to Cite

Adchani, A. M., Rokhman, N. M., & Amini, M. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Dasar Kognitif Anak Melalui Metode Proyek dengan Media Loose Parts. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(4), 282–290. https://doi.org/10.17977/um065v3i42023p282-290

Issue

Section

Articles