Pengembangan Panduan Teknik Self-Management Berbantuan Google Calender untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Siswa SMP

Authors

  • Zahwa Isnainingtyas Universitas Negeri Malang
  • Muslihati Muslihati Universitas Negeri Malang
  • Riskiyana Prihatiningsih Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i32023p263-271

Keywords:

academic procrastination, self-management, training guide, prokrastinasi akademik, panduan pelatihan

Abstract

Abstract: Procrastination is activity carried out to delay students' school assignments given by the teacher. One form of procrastination that is often found in students is delay in submitting assignments. Solving procrastination problems can use various guidance and counseling services. Self-management is an effort to make student study schedules work well. This study aims to produce a Google Calendar-assisted self-management guidebook to reduce academic procrastination in junior high school students. The method used is research and development (R and D) adapted from the Bord and Gall development model. Data analysis in this study used quantitative data analysis and descriptive data. The subjects of this study were two material experts, two media experts, and two prospective users. The results showed that the product developed was included in the very precise classification obtained from the assessment of the material expert test questionnaire with a score of 0.94, the questionnaire assessment from the media expert test with a score of 1, and the results of the prospective user test assessment with a score of 1. These results can be used as counselors in helping students to reduce student academic procrastination at SMP Negeri 21 Malang.

Abstrak: Prokrastinasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menanguhkan tugas sekolah siswa yang diberikan oleh pendidik. Salah satu bentuk dari prokrastinasi yang sering dijumpai pada siswa adalah keterlambatan dalam mengumpulkan tugas. Penyelesaian permasalahan prokrastinasi dapat menggunakan berbagai layanan bimbingan dan konseling. Self management salah satu upaya untuk membuat jadwal belajar siswa dapat terlaksana dengan baik. Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku panduan self-management berbantuan Google Calendar untuk menurunkan prokrastinasi akademik siswa SMP. Metode yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan (R dan D) yang diadaptasi dari model pengembangan Bord dan Gall. Analisis data peda penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan data deskriptif. Subjek penelitian ini ialah dua ahli materi, dua ahli media, dan dua calon pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan masuk dalam klasifikasi sangat tepat yang didapat dari penilaian angket uji ahli materi dengan skor 0, 94, penilaian angket dari uji ahli media dengan skor 1, dan hasil penilaian uji calon pengguna dengan skor 1. Hasil tersebut dapat dijadikan konselor dalam membantu siswa untuk menurunkan prokrastinasi akademik siswa di SMP Negeri 21 Malang.

References

Aji Arif Nugroho, Rizki Wahyu Yunian Putra, Fredi Ganda Putra, M. S. (2017). Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2).

Barida, H. (2018). Urgensi Pengembangan Modl Konseling Kelompok Teknik self-management Untuk Meningkatkan Kecerdasan Moral Siswa SMP. Ejournal umpri.ac.id No 1 Tahun 2018.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (2003). Educational Research An Introduction (7. Ed). New York: Longman Inc

De Vaus, D. A. (2014). Surveys in social research. Sydney, Australia: Allen & Unwin.

Fahma, A. I., Cholissodin, I., & Perdana, R. S. (2018). Identifikasi kesalahan penulisan kata (typographical error) pada dokumen berbahasa Indonesia menggunakan metode N-gram dan Levenshtein Distance. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.

Fitriani, w., & aisyah, t. F. (2021). Need Assesment sebagai Manifestasi Unjuk Kerja Konselor. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 1-20.

Gracelyta T. H. (2021). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Volume 8.No.1.

Gregory, R. J. (2015). Psychological Testing: History, Principles, and Applications. United States of America.: pearson Education.inc.

Harahap, A. C. P., Anggreini, A., Setiawan, B., Ummi, F., Mayarani, L., Sitompul, M. R., ... & Anggini, Y. C. (2022). Kebermanfaatan Need Assesment bagi Program BK di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 6606-6610.

Hariwijaya, M., & Triton, P. B. (2011). Pedoman Penulisan Ilmiah Skripsi dan Tesis. Jakarta: Suka Buku

Juliawati. (2016). Peran Guru Bimingan dan Konseling /Konselor dalam Mengurangi Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan

Khoiri.M.H. (2021). Model Prokrastinasi Akademik SiswaSMP Di Masa Pandemi. Jurnal Inovasi Layanan Bimbingan dan Konseling Pada Masa dan Pasca-Pandemi Covid-19 Volume 2 No.1.

Lestari, F.D.S.S.P. (2022) Pengembangan Panduan Teknik Self-Management Untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik pada siswa di SMk 4 PGRI Kediri. Thesis. (Online). http://repository.unpkediri.ac.id/7761/.

Makmara. T. (2009). Tuturan persuasif wiraniaga dalam Berbahasa Indonesia: Kajian etnografi komunikasi. (Unpublished master’s thesis) Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.

Maryuliana, Imam, Sam. (2016) Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor dan Informatika No 1 tahun 2016.

McKenzie, H., Boughton, M., Hayes, L., & Forsyth, S. (2008). Explaining the complexities and value of nursing practice and knowledge. In I. Morley & M. Crouch (Eds.), Knowledge as value: Illumination through critical prisms (pp. 209-224). Amsterdam, Netherlands: Rodopi.

Mulkyan, M. (2019). Konseling Behavior Dengan Teknik Overcorrection Untuk Megurangi Perilaku Membolos Siswa. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani, 5(1), 1-8.

Munawaroh. Said.Wahyu. (2017). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Bimbingan dan konseling No 2 tahun 2017

Nitami.M, D.H. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. ejournal unp.ac.id. Volume 4 Number 1.

Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah pertama. 2016. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jnderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Putra, E. M., Handarini, D. M., & Muslihati, M. (2019). Keefektifan achievement motivation training untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 4(2), 62-68.

Ramadhani E. Hikmatus S. Ramtia D.P. (2020). Analisis Prokrastinasi Akademik Siswa di Sekolah. Consilum berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan Volume 7 No.1.

Safithry, E. A., & Anita, N. (2019). Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 33-41.

Santoso.D.B. (2013). Dasar Dasar Bimbingan dan Konseling. Malang: Jurusan BK FIP UM.

Scheinin, P. (2009). Using student assessment to improve teaching and educational policy. In M. O'Keefe, E. Webb, & K. Hoad (Eds.), Assessment and student learning: Collecting, interpreting and using data to inform teaching (pp. 12-14). Melbourne, Australia: Australian Council for Educational Research.

Sitepu.V. (2014) Panduan Mengenal Desain Grafis. (online). https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/35021682/PanduanMengenalDesainGrafislibre.pdf?1412645265=&responsecontentdisposition=inline%3B+filename%3Dpanduan_desain_grafis.pdf&Expires=1671610555&Signature=TglnAgipf5zlyBJfic5LJmNgw1ytuTm6DamVwIoYekiBS4wWJ6d8QEkEKB6l63Uv8ifx5ADuIM35loc1HxxBdG5RcLIL0tZ3U7Yvx9EQWANn9pEBacfCYasaqkPRHGZYAW2C1av3MxM~ulsWiaBfrn4a0SRUP59Egp3chvFN1KAPoKJeErMEq~3feSbHggSpf9xKef3d8U4qWctl8CsbwFc1vmFoPmPl-eoMmJgPbFC6SteZAcH707bwyz-73uskiFhGfHuv892u837J3r~~TDFrxSLtAyLGIZ3wpfgToAFK8hnM4Nf9Iga7bekMunU96~lhbfVP3icIf0cUt8w__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA.

Sunarto, S. (2005). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Rangkaian Listrik. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Ulum B. Frendy A.F. Mochamad N.R. (2019). Pemanfaatan Google Apps Di Era Literasi Digital Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol.14 No. 2

Wibawa, A.P. (2013). Deskripsi Karya Cover Buku “Lontar Kidung Gambang Gita Gegrantangan (Kawi-Indonesia-Inggris)

Wibawa, M. (2014). Analisis Kualitas Desain Sampul Buku Sekolah Elektronik (BSE) Mata Pelajaran Seni Budaya. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Downloads

Published

02-03-2023

How to Cite

Isnainingtyas, Z., Muslihati, M., & Prihatiningsih, R. (2023). Pengembangan Panduan Teknik Self-Management Berbantuan Google Calender untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(3), 263–271. https://doi.org/10.17977/um065v3i32023p263-271

Issue

Section

Articles