Kontribusi Beban Akademik dan Manajemen Waktu Terhadap Kejenuhan Akademik Pada Peserta Didik SMKN 6 Malang

Authors

  • Anisa Hayatuz Zahroh Universitas Negeri Malang
  • Diniy Hidayatur Rahman Universitas Negeri Malang
  • Djoko Budi Santoso Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i32023p222-232

Keywords:

academic load, time management, burnout academic, beban akademik, manajemen waktu, kejenuhan akademik

Abstract

Abstract: Academic load and time management are factors that can contribute to student burnout. In this study, it was found that students of SMKN 6 Malang who experienced burnout were in high category is 19 percent, and those who were experiencing burnout in medium category is 62 percent, while in the low category by 19 percent. The purpose of this research was to determine the contribution of academic load and time management in students' academic burnout at SMKN 6 Malang. This study uses a correlational design with a subject of 310 students of SMKN 6 Malang. Data collected with  the academic load inventory instrument, time management inventory instrument and academic burnout inventory instrument. Data was analyze with simple linear regression tests using the IBM SPSS Statistic 16 For Windows application. The results showed, the significance value of academic load against academik burnout  was 0.00 which means there was a contribution between academic load on academic burnout, the significance value of the time management against academic burnot was 0.135, which means there was no contribution between time management and academic burnout.

Abstrak: Beban akademik dan manajemen waktu merupakan faktor yang dapat mengakibatkan timbulnya kejenuhan pada peserta didik. Dalam penelitian ini diketahui peserta didik SMKN 6 Malang yang mengalami kejenuhan dengan kategori tinggi sebesar 19 persen, dan yang mengalami kejenuhan dengan kategori sedang sebesar 62 persen, sedangkan dengan kategori rendah sebesar 19 persen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi beban akademik dan manajemen waktu terhadap kejenuhan akademik peserta didik SMKN 6 Malang. Penelitian ini menggunakan desain korelasional dengan subjek sebanyak 310 peserta didik SMKN 6 Malang. Pengumpulan data menggunakan instrumen inventori beban akademik, instrumen inventori manajemen waktu dan instrumen inventori kejenuhan akademik. Data dianalisis dengan uji regresi linier sederhana menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 16 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi beban akademik terhadap kejenuhan akademik bernilai 0,00 yang berarti terdapat kontribusi beban akademik terhadap kejenuhan akademik, dan nilai signifikansi manajemen waku terhadap kejenuhan akademik bernilai 0,135 yang berarti tidak terdapat kontribusi manajemen waktu terhadap kejenuhan akademik.

References

Arlinkasari, F., & Akmal, S. Z. (2017). Hubungan antara School Engagement, Academic Self-Efficacy dan Academic Burnout pada Mahasiswa. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 81.

Atos, A. (2014). Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efisien. Humaniora, 5(45), 777–785.

Aufa, A. (2014). Upaya Preventif Guru Bimbingan Dan Konseling Terhadap Terjadinya Burnout. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 11(1), 1–14.

Bruce, S. P. (2009). Recognizing stress and avoiding burnout. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 1(1), 57–64. Elsevier Inc. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.cptl.2009.05.008

Christiana, E. (2020). Burnout akademik selama pandemi covid 19. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi Covid-19 di Berbagai Setting Pendidikan, 8–15.

Dini, M. P., Fitryasari, R., & Panji Asmoro, C. (2020). Analisis Hubungan Antara Self Efficacy dan Beban Kerja Akademik dengan Stres Mahasiswa Profesi Ners. Psychiatry Nursing Journal (Jurnal Keperawatan Jiwa), 2(2), 78.

Febriani, R. D., Hariko, R., Yuca, V., & Magistarina, E. (2021). Factors Affecting Student’s Burnout In Online Learning. Jurnal Neo Konseling, 3(3), 32–38.

Hou, Y., & Yuan, M. (2019). Relationship Between Time Management Disposition and Learning Burnout Among Undergraduates in Medical University: Mediating Effect of Academic Self-Efficacy, 315(August 1971), 293–297.

Jacobs, S. R., & Dodd, D. K. (2003). Student Burnout as a Function of Personality, Social Support, and Workload. Journal of College Student Development, 44(3), 291–303.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan .

Khoirin, N. (2017). Effect Student Burnout sebagai Faktor yang Menjembatani Pengaruh Beban Belajar dan Dukungan Sosial terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kordzanganeh, Z., Bakhtiarpour, S., Hafezi, F., & Dashtbozorgi, Z. (2021). The Relationship between Time Management and Academic Burnout with the Mediating Role of Test Anxiety and Self-efficacy Beliefs among University Students. Journal of Medical Education, 20(1), 1–6.

Kristanto, T., Chen, W. S., & Thoo, Y. Y. (2016). Academic burnout and eating disorder among students in Monash University Malaysia. Eating Behaviors, 22, 96–100. Elsevier Ltd. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.eatbeh.2016.03.029

Kyndt, E., Berghmans, I., Dochy, F., & Bulckens, L. (2014). “Time is not enough.” Workload in higher education: A student perspective. Higher Education Research and Development, 33(4), 684–698.

Lase, B. P. (2018). Posisi Dan Urgensi Bimbingan Konseling Dalam Praktik Pendidikan. Jurnal Warta, (58).

Liu, M., Gu, K., K.S., T., Wong, M. Z., & Luo, M. Y. C. (2015). Perceived stress among Macao nursing students in the clinical learning environment, 2(2).

Mahmoodi-Shahrebabaki, M. (2015). Relationships between language teachers’ time-management skills, creativity, and burnout: A mediation analysis. Alberta Journal of Educational Research, 61(1), 20–39.

Maslach, C., & Leiter, M. P. (1997). The Truth About Burnout: How Organizations Cause Personal Stress And What To Do About It. Atlantic. San Francisco: Jossey Bass.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pedoman Evaluasi Kurikulum (pp. 1–7). Retrieved from simpuh.kemenag.co.id

Muflihah, L., & Savira, S. I. (2021). Pengaruh Persepsi Dukungan Sosial Terhadap Burnout Akademik Selama Pandemi. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2).

Mustikawati, I. F., & Putri, P. M. (2018). Hubungan Antara Sikap Terhadap Beban Tugas Dengan Stres Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Herb-Medicine Journal, 1(2), 122–128.

Na’imah, T., & Mudjahid, Q. (2018). Hard Work and Academic Burnout on Students Taking Thesis in Private Universities. Advanced Science Letters, 24(1), 95–99.

Nosair, E., & Hamdy, H. (2017). Total Student Workload: Implications of the European Credit Transfer and Accumulation System for an Integrated, Problem-Based Medical Curriculum. Health Professions Education, 3(2), 99–107. Elsevier B.V. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.hpe.2017.01.002

Nurdiana. (2020). Pengaruh Manajemen Waktu Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Datok Sulaiman Putra Palopo. Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Nurlaili, Y. (2021). Hubungan antara School Engagement dengan Academic Burnout pada Siswa SMKN 1 Mojokerto. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku ajar dasar-dasar statistik penelitian.

Pakseresht, M., Khodayari, A., & Mohamadi, S. (2014). The Relationship between Time Management and Managers and Staff Burnout in the Department of Youth and Sports in Alborz Province. Elixir International Journal), 69(October), 22834–22837.

Rahman, D. H. (2020). Validasi School Burnout Inventory versi Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(2), 85–93.

Rahman, D. H., Simon, I. M., & Multisari, W. (2020). Burnout Akademik Guru Peserta Pendidikan Profesi. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 4(1), 10.

Roza, F. (2018). Hubungan antara student burnout dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA swasta dharma patra pangkalan berandan. Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara Medan, 2, 44–48.

Rozzaqyah, F. (2021). Hubungan Kejenuhan Belajar Dalam Jaringan Dengan Prokrastinasi Akademik. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling, 8(1), 8–17. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jkonseling/article/view/14373

Santoso, D. B. (2013). Bahan Ajar Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wahidaty, H. (2021). Manajemen Waktu: dari Teori menuju Kesadaran Diri Peserta Didik, 3(4), 1880–1889.

Walburg, V., Mialhes, A., & Moncla, D. (2016). Does School-Related Burnout Influence Problematic Facebook Use?. Children and Youth Services Review, 61: 327- 331.

Weerasinghe, T. D., Batagoda, C. K., Chandrika, K. A. C., & Siriwardana, W. K. C. U. (2012). Prevalence and Determinants of Stress among Undergraduates : A Study of Public Universities in Colombo Region. The Seventh International Research Conference on Management and Finance, 2(Ircmf), 478–492.

Wei, H., Dorn, A., Hutto, H., Corbett, R. W., Haberstroh, A., & Larson, K. (2021). Impacts of Nursing Student Burnout on Psychological Well-Being and Academic Achievement, 60(7). Retrieved from https://journals.healio.com/doi/full/10.3928/01484834-20210616-02

Winahyu, dyah M. K. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Dan Student Burnout Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Sidoarjo. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11(1), 102–109. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/32026

Wolf, M. R., & Rosenstock, J. B. (2017). Inadequate Sleep and Exercise Associated with Burnout and Depression among Medical Students. Academic Psychiatry, 41(2), 174–179. Academic Psychiatry. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1007/s40596-016-0526-y

Yener, S., Arslan, A., & Kilinç, S. (2021). The Moderating Roles Of Technological Self-Efficacy And Time Management In The Technostress And Employee Performance Relationship Through Burnout. Information Technology and People, 34(7), 1890–1919.

Yulianti, R. F. (2021). Pengaruh Presepsi Online Learning Dan Burnout Syndrome Terhadap Hasil Belajar Etika Profesi Di SMK N 6 Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

02-03-2023

How to Cite

Zahroh, A. H., Rahman, D. H., & Santoso, D. B. (2023). Kontribusi Beban Akademik dan Manajemen Waktu Terhadap Kejenuhan Akademik Pada Peserta Didik SMKN 6 Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(3), 222–232. https://doi.org/10.17977/um065v3i32023p222-232

Issue

Section

Articles