Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pasca Pembelajaran Daring di SD

Authors

  • Risqa Ayu Falafi Universitas Negeri Malang
  • Muh Arafik Universitas Negeri Malang
  • Titis Angga Rini Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i32023p198-214

Keywords:

pedagogic competence, elementary school teacher, post online learning, kompetensi pedagogik, guru sekolah dasar, pasca pembelajaran daring

Abstract

Abstract: This study aims to find out how the pedagogic competence of high-class teachers after online learning at SDN Purwosari 1 and the efforts made by high-grade teachers in improving pedagogic competence after switching from online learning at SDN Purwosari 1. This study used a qualitative approach with descriptive research type. The data in this study were taken from grade 4 to grade 6 teachers, totaling 6 people and the principal at SDN Purwosari 1. The results of the study showed that pedagogic competence had been mastered and applied well by grade 4 to grade 6 teachers at SDN Purwosari 1 in the implementation face-to-face learning is limited after switching from online learning, but there are problems in the indicators of organizing educational learning and the use of technology and information so that they are not fulfilled optimally. The efforts that teachers make in improving pedagogic competence after online learning include participating in KKG, seminars or workshops, and discussions with peers.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru kelas tinggi pasca pembelajaran daring di SDN Purwosari 1 dan upaya yang dilakukan guru kelas tinggi dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pasca beralih dari pembelajaran daring di SDN Purwosari 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data pada penelitian ini diambil dari guru kelas 4 sampai kelas 6 yang berjumlah 6 orang dan kepala sekolah di SDN Purwosari 1. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik telah dikuasai dan diterapkan dengan baik oleh guru kelas 4 sampai kelas 6 di SDN Purwosari 1 pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas pasca beralih dari pembelajaran daring namun terdapat problematika pada indikator menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik dan pemanfaatan teknologi dan informasi sehingga tidak dapat terpenuhi secara maksimal. Adapun upaya yang guru lakukan dalam meningkatkan kompetensi pedagogiknya pasca pembelajaran daring diantaranya mengikuti KKG, seminar atau workshop, dan diskusi dengan teman sejawat.

References

Afika, A., Prihantini, A. S., Rahmasari, D., Putri, R. S., Wuran, Y. A., & Susanto, R. (2020). KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA ERA PANDEMI COVID-19. In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multidisiplin 3 (SNIPMD 3). ISBN: 978-623-6566-35-0 (Vol. 3).

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Akbar, S. (2014). Pengembangan Perangkat dan Implementasi Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran di Sekolah Dasar. Studi Meta Analisis Terhadap Pengembangan Perangkat dan Implementasi Pembelajaran Tematik di 4 SD. Lembaga Penelitian.

Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 28-45.

April, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Kisi-Kisi Soal Dengan Metode Pendampingan Pola œOCF di SDN Yanti Jogoroto. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 4(1), 17-24.

Astriani, M., Indriani, C., Hidayat, S., & Wardhani, S. (2022). ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PADA KONDISI TATAP MUKA TERBATAS MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MAN 1 PALEMBANG. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(1), 74-81.

Bararah, I. (2017). Efektifitas perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 131-147.

Darmadi, H. (2016). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174.

Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Husna, M., & Sugito, S. (2021). Eksplorasi Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Jenjang PAUD di Masa Kebiasaan Baru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1846-1858.

Khofiatun, K., & Ramli, M. J. J. P. T. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 984-988.

Koriati, E. D., Syam, A. R., & Ariyanto, A. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Dasar Dalam Proses Pembelajaran. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 5(2), 85-95.

Lailiyah, M., Umayaroh, S., & Kartini, H. (2021). Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1(7), 525-534.

Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).

Nanda, V. P., Rahman, N. A., Syahrial, S., & Noviyanti, S. (2022). Implementasi Ice Breaking dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SDN 64/I Teratai. AS-SABIQUN, 4(2), 296-310.

Patabang, A., & Murniarti, E. (2021). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru pada Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1418-1427.

Pattanang, E., Limbong, M., & Tambunan, W. (2021). Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Pada Smk Kristen Tagari. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 112-120.

Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. (Online), (https://luk.staff.ugm.ac.id), diakses 16 Januari 2022

Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).

Prijowuntato, S. W. (2016). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta:Sanata Dharma University Press

Primasari, I. F. N. D., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Analisis Kebijakan Dan Pengelolaan Pendidikan Terkait Standar Penilaian Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1479-1491.

Purwoko, D. H. (2018). Pengaruh Penerapan Ice Breaking Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(2).

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup whatsapp sebagai media pembelajaran. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53-62.

Safira, A. R. (2021). KESIAPAN DALAM †œTATAP MUKA†PASCA PANDEMI DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA GRESIK. Jurnal Golden Age, 5(2).

Saifudin, M. F. (2015). Optimalisasi Apersepsi Pembelajaran Melalui Folklor Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar.

Santosa, D. S. S., & Irawati, L. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru SMP Negeri 2 Kaloran Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Ecodunamika, 1(2).

Sari, T. W., & Hermanto, F. (2021). PERANAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI SMP N 2 CEPIRING KENDAL. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 3(1), 63-74.

Suciana, N. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pemahaman Terhadap Peserta Didik Di Sd Negeri 009 Ganting Kecamatan Salo. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 84-103.

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi guru di masa pandemi COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 100-110.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirman, S. (2020). Efektivitas Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 201-208.

Surat Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Kemendikbud (Online). (https://kemendikbud.go.id), diakses 16 Januari 2022.

Utami, A. T., Atmojo, I. R. W., & Saputri, D. Y. (2020). Analisis dampak pembelajaran dalam jaringan (daring) pada kompetensi pedagogik dan profesional guru sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1), 16-21.

Widyastono, H. (2014). Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah dari Kurikulum 2004, 2006, ke Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Yulyani, Y., Kazumaretha, T., Arisanti, Y., Fitria, Y., & Desyandri, D. (2020). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(2), 184-188.

Downloads

Published

02-03-2023

How to Cite

Falafi, R. A., Arafik, M., & Angga Rini, T. (2023). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pasca Pembelajaran Daring di SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(3), 198–214. https://doi.org/10.17977/um065v3i32023p198-214

Issue

Section

Articles