Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis QR Code Materi Sumber Energi Kelas IV SD

Authors

  • Winda Maula Yulhavisda Universitas Negeri Malang
  • Sukamti Sukamti Universitas Negeri Malang
  • Esti Untari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i22023p185-197

Keywords:

development, scrapbook, QR code, energy source, pengembangan, sumber energi

Abstract

Abstract: This study aims to develop a scrapbook based QR Code class IV energy sources that are valid according to material experts, media experts, practical for teachers and interesting for students. The research method uses ADDIE. The instruments used are interviews, observations, and questionnaires. This product obtained the results of material expert validation with a percentage of 95.8 percent and expert validation obtained 100 percent. The result of practicality according to the fourth grade teacher is 93.75 percent and the results of the student questionnaire assessment on a small scale get a percentage of 93.75 percent while on a large scale it gets a percentage of 96.73 percent. QR Code-based scrapbook learning media is very valid, very practical, and very interesting to use.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran scrapbook berbasis QR Code materi sumber energi kelas IV yang valid menurut ahli materi, ahli media, praktis bagi guru serta menarik bagi siswa. Metode penelitian menggunakan ADDIE. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan angket. Produk ini memperoleh hasil validasi ahli materi dengan persentase 95,8 persen dan validasi ahli diperoleh 100 persen. Hasil kepraktisan menurut guru kelas IV adalah 93,75 persen dan hasil penilaian angket siswa pada skala kecil memperoleh persentase 93,75 persen sedangkan pada skala besar memperoleh persentase 96,73 persen . Media pembelajaran scrapbook berbasis QR Code termasuk sangat valid, sangat praktis, dan sangat menarik untuk digunakan.

References

Abi Hamid, M., & dkk. (2020). Media Pembelajaran. Medan. Yayasan Kita Menulis.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Malang.PT. Remaja Rosdakarya.

Andrew Fernaldo, P., & dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Medan.Yayasan Kita Menulis.

Arikunto, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi. Jakarta. Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran. Gramedia Utama.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016a). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016b). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Fairuz, T. (2021). Teori dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Prenada Media.

Narmiyati, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Bahasa Arab Tema Profesi Untuk Anak Usia Dini. Universitas Islam Negeri Raden.

Nurdyansyah, N., & Amalia, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran Ipa Materi Komponen Ekosistem. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 3–4.

Pavitasari, O. T. (2015). Pengembangan media pembelajaran blog berorientasi literasi sains pada sub materi perpindahan kalor.

Purnama, S. (2010). Elemen Warna dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Agama Islam. Al-Bidayah, 2(1), 113–129.

Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain Dan Pengembangan Kependidikan. 103.

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research and Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Aswaja Pressindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Alfabeta.

Sukamti, & Untari, E. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Dari Barang Bekas. Malang. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(2).

Switri, E. (2022). Teknologi Dan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran. Qiara Media.

Tursinawati. (2013). Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran Ipa Di Sdn Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 67–68.

Untari, E. (2017). Problematika dan Pemanfaatan pembelajaran Sekolah Dasar di Kota Blitar. Malang. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa 3(1), 262.

Veronica, I., Subekti, E. E., & Tsalatsa, A. N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Pada Pembelajaran Tematik Kelas I Sdn Tamansari 01 Pati. Semarang. Jurnal Sinektik, 2(1), 26. https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2986

Wardhani, S. W. (2018). Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Pengelompokan Hewan Untuk Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Semarang Vol, 2, 7.

Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta CV Budi Utama.

Zaiful Rosyid, M. (2019). Ragam Media Pembelajaran. CV Literasi Nusantara Abadi.

Downloads

Published

04-02-2023

How to Cite

Yulhavisda, W. M., Sukamti, S., & Untari, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis QR Code Materi Sumber Energi Kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(2), 185–197. https://doi.org/10.17977/um065v3i22023p185-197

Issue

Section

Articles