Kemampuan Guru dalam Pembuatan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Pembelajaran Tematik Muatan IPA SD Kelas Tinggi

Authors

  • Afifah Akhlaqul Mahmudah Universitas Negeri Malang
  • Sukamti Sukamti Universitas Negeri Malang
  • M. Anas Thohir Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i22023p159-172

Keywords:

teacher's ability, higher order thinking skills, science thematic learning, kemampuan guru, pembelajaran tematik IPA

Abstract

Abstract: The Industrial Revolution 4.0 has an impact in all aspects including the world of education. Students are required to master various skills, including critical thinking. So, it is necessary to hold regular exercises in order to continue to train students' critical thinking skills. The teacher's role in providing facilities must be supported by adequate abilities, including in preparing HOTS questions to train students' critical thinking skills. This study aims to describe the ability of teachers in making questions, teachers' perceptions ofquestions HOTS, the obstacles encountered, and the solutions applied by teachers to overcome obstacles in the preparation of HOTS questions in thematic learning, especially in science content. The method used is Mix Methods. The results showed that the ability of high-grade teachers in preparing HOTS Science questions was included in the good category. This is indicated by the percentage of the results of the analysis of the suitability of the questions with the guidelines for the preparation of the HOTS questions, showing the percentage is above 50 percent, which means that the teacher's ability in preparing HOTS questions is included in the good category.

Abstrak: Revolusi Industri 4.0 berdampak dalam semua aspek termasuk dunia pendidikan. Peserta didik dituntut menguasai berbagai macam keterampilan termasuk critial thinking. Maka, perlu diadakan latihan secara teratur guna terus melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Peran guru dalam penyediaan fasilitas harus didukung dengan kemampuan yang memadai, termasuk dalam menyusun soal HOTS guna melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam pembuatan soal, persepsi guru tentang soal HOTS, hambatan yang ditemui, dan solusi yang diterapkan oleh guru untuk mengatasi hambatan dalam penyusunan soal HOTS pada pembelajaran tematik khususnya pada muatan IPA. Metode yang digunakan ialah Mix Methods. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru kelas tinggi dalam menyusun soal HOTS IPA sudah termasuk dalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan dengan persentase hasil analisis kesesuaian soal dengan pedoman penyusunan soal HOTS menunjukkan persentase diatas 50 persen yang artinya kemampuan guru dalam menyusun soal HOTS termasuk dalam kategori baik.

References

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan tentang Pentingnya 4C untuk Menghadapi Abad 21. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (online), (https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/pentingnya-4c-untuk-menghadapi-abad-21), diakses pada 9 Januari 2021.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. 2019. Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fikri, Alforbi Brillian. 2020. Kemampuan Guru dalam Pembuatan Soal Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran Tematik Muatan IPS Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Semarang : IAIN Salatiga.

Fitriyati, I., Hidayat, A., Munzil. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains. 1(1), 27—32. Dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jpsi/article/view/651.

Gunawan, I. & Retno, A.P. 2016. Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 2(2), 98—117. Dari http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/50.

Masrizal. 2011. Mixed Method Research. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 6(1), 53—56. Dari http://jurnal.fkm.unand.ac.id/index.php/jkma/article/view/89

Moelong, Lexy. J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ms., Mudrikah. 2020. Analisis Kemampuan Guru PPKn Dalam Menyusun Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) di UPT Satuan Pendidikan SMP Negeri 5 Mandai, Kabupaten Maros. (Online), (http://eprints.unm.ac.id/18543/), diakses 24 Februari 2021.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jogloabang (online), https://www.jogloabang.com/pendidikan/pp-19-2005-standar-nasional-pendidikan, diakses 20 Januari 2021.

Ramadhanti, Suci. 2020. Analisis Kemampuan Guru Membuat Soal Hots Muatan Pelajaran IPS Kelas Tinggi di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Kemenkeu (online), https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/2005/14tahun2005uu.htm, diakses 20 Januari 2021.

Zainal, M. F., 2018. Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Edudeena. 2(1), 57—76. Dari https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena/article/view/582.

Downloads

Published

04-02-2023

How to Cite

Mahmudah, A. A., Sukamti, S., & Thohir, M. A. (2023). Kemampuan Guru dalam Pembuatan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Pembelajaran Tematik Muatan IPA SD Kelas Tinggi . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(2), 159–172. https://doi.org/10.17977/um065v3i22023p159-172

Issue

Section

Articles