Pengembangan Modul Menulis Kalimat Efektif untuk Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Dita Dwi Anggraini Universitas Negeri Malang
  • Muh. Arafik Universitas Negeri Malang
  • Titis Angga Rini Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i22023p137-149

Keywords:

learning module, write effective sentence, elementary school, modul pembelajaran, menulis kalimat efektif, sekolah dasar

Abstract

Abstract: The problem that researchers found at SDN Bumiayu 03 is that students still have difficulty using effective sentences when learning Indonesian. This difficulty is due to the incomplete coverage of the material in learning Indonesian, especially the effective sentence material presented in the student book. The existing books are still lacking in variety and lack of examples and practice questions. Teachers in learning only use thematic books without any additional teaching materials that support Indonesian language learning, especially effective sentence material. The aim of the research and development is to produce an effective sentence writing module for fourth grade students at SDN Bumiayu 03 which is valid according to material experts, teaching materials experts and practice for students and teachers as users.The ADDIE model is used in this research and development, which includes analysis, planning, development, implementation, and evaluation. According to the findings of this study, the material expert validation test received 93.1 percent (very valid), the teaching material expert validation test received 97.9 percent (very valid), the student response questionnaire received 95.3 percent (very practical), and the user practicality test received 97.5 percent. (very practical). The conclusions from the development research results above show that the product of the Effective Sentence Writing module for Grade IV Students at SDN Bumiayu 03 is appropriate for use in learning activities.

Abstrak: Masalah yang peneliti temukan di SDN Bumiayu 03 adalah siswa masih kesulitan dalam menggunakan kalimat efektif ketika pembelajaran bahasa Indonesia. Kesulitan ini dikarenakan cakupan materi dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi kalimat efektif yang disajikan dalam buku siswa kurang lengkap. Buku yang ada masih kurang bervariasi dan kurang banyak contoh dan latihan soal. Guru dalam pembelajaran hanya menggunakan buku tematik saja tanpa adanya tambahan bahan ajar lain yang mendukung pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi kalimat efektif. Tujuan dari penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan modul menulis kalimat efektif bagi siswa kelas IV SDN Bumiayu 03 valid menurut ahli materi, ahli bahan ajar dan praktis untuk siswa serta guru sebagai pengguna. Model ADDIE digunakan dalam penelitian dan pengembanga ini, yang meliputi analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Berdasarkan temuan penelitian ini, uji validasi ahli materi diperoleh 93,1 persen (sangat valid), penilaian uji validasi ahli bahan ajar diperoleh 97,9 persen (sangat valid), dan hasil angket respon siswa diperoleh 95,3 persen (sangat praktis), serta uji kepraktisan pengguna diperoleh 97,5 persen (sangat praktis). Kesimpulan hasil penelitian pengembangan di atas, menunjukkan bahwa produk modul Menulis Kalimat Efektif Untuk Siswa Kelas IV SDN Bumiayu 03 layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Albidillah, G. (2021). “Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan STEAM Pada Tema 6 Panas Dan Perpindahannya Kelas V Di SDN Durungbanjar.” Universitas Negeri Malang.

Amini, R., & Saniyah, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Picture And Picture di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 835–841. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.769

Branch, R. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar). Yogyakarta: PENERBIT GAVA MEDIA.

Ilahiyah, N., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pakem pada Materi Bilangan Pecahan di SD. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 49–63. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4127

Irawan, E., & Suryo, T. (2017). Implikasi Multimedia Interaktif Berbasis Flash Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 33. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.17

Julia, R.I., Nellitawati., Dahliana, D., Azima, N.F., & Yumna. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 723–731. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1857

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra ( BASASTRA ) di SD dan MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261

Lasmiyati., & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. PYTHAGORAS : JURNAL MATEMATIKA, 9(2), 161–174. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077

Mulyati, Y. (2014). “Hakikat Keterampilan Berbahasa.” 1–34.

Nilasari, E., Djatmika, E.T., & Santoso, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah 72 Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1399– 1404. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6583

Pratiwi, T. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Subtema Aku Anggota Pramuka Siswa Kelas III SD/MI. http://repository.radenintan.ac.id/7262/

Priatna, N. (2019). Pemilihan dan Pemanfaatan Sumber Belajar Matematika. 122–143. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/196303311988031-NANANG_PRIATNA/Pemilihan_Sumber_Belajar.pdf

Purba, R. (2018). Improving the Achievement on Writing Narrative Text through Discussion Starter Story Technique. Advances in Language and Literary Studies, 9(1), 27. https://doi.org/10.7575/AIAC.ALLS.V.9N.1P.27

Purnanto, A. W., & Mustadi, A. (2016). “Analisis Kelayakan Bahasa Dalam Buku Teks Tema 1 Kelas I Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Arif Wiyat Purnanto 1) Prodi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Magelang; 2).” Profesi Pendidikan Dasar 3(2):102–11.

Riwanti, R., & Hidyati, A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Pendidikan Karakter di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 572–581. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Sasmita, A., & Fajriyah, K. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Quantum Learning Tema Ekosistem untuk Kelas V Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2355

Sirate, S.F., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(2), 316–335. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763

Suastika, K.I., & Amalya, R. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(September), 58–61. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Yanti, F., Yasmi, F., & Jaenam. (2014). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Karakter pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia untuk SMA. Jurnal Pelangi, 7(1), 126–136. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22202/jp.2014.v7i1.194

Zahara, R.K. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. UIN Raden Intan Lampung, 4. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13496

Zaharah., & Susilowati, A. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Modul Elektronik Di Era Revolusi Industri 4 . 0 ( Improving Students ’ Learning Motivation through Electronic Module Media in the Industrial. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 145–158. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.8950

Downloads

Published

04-02-2023

How to Cite

Anggraini, D. D., Arafik, M., & Rini, T. A. (2023). Pengembangan Modul Menulis Kalimat Efektif untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(2), 137–149. https://doi.org/10.17977/um065v3i22023p137-149

Issue

Section

Articles