Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SD

Authors

  • Gita Praptaningrum Universitas Negeri Malang
  • Sukamti Sukamti Universitas Negeri Malang
  • Suhartono Suhartono Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i22023p124-136

Keywords:

usage, learning media, thematic learning, pengguna, media pembelajaran, pembelajaran tematik

Abstract

Abstract: This study aims to describe and present data related to the use of learning media in the thematic learning process. The scope of this research is class II SD Negeri Bumiayu 2 Malang City. This study uses a qualitative approach with a descriptive type. In this study using data collection techniques in the form of interviews, observation, and documentation. The results of this study indicate that teachers use learning media in the form of concrete objects, song recordings, Power Point (PPT), videos, and printed books. The selection of learning media is adjusted to the material and KD. The use of learning media in theme 2 is adjusted to the learning objectives to be achieved. The steps in its implementation include the planning and implementation stages. At the planning stage the teacher prepares the lesson plans and media that will be used in the learning process. Furthermore, at the implementation stage, the teacher explains the material using learning media and reviews the material that has been delivered.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menyajikan data terkait dengan penggunaan media pembelajaran pada proses pembelajaran tematik. Ruang lingkup penelitian ini yaitu kelas II SD Negeri Bumiayu 2 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru menggunakan media pembelajaran berupa benda konkret, rekaman lagu, Power Point (PPT), video, serta buku cetak. Pemilihan media pembelajaran disesuaikan dengan materi dan KD. Penggunaan media pembelajaran pada tema 2 disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Langkah-langkah dalam penerapannya meliputi tahap perencanaan dan pelaksanaan. Pada tahap perencanaan guru menyiapkan RPP dan media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Selanjutnya, pada tahap pelaksanaan yakni guru menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran dan mengulas materi yang telah disampaikan.

References

Alti, R.M, dkk..(2022). Media Pembelajaran. Padang:Get Press.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Cholid, N. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran. Semarang:CV Presisi Cipta Media.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Kadarwati, A & Malawi, I. (2017). PEMBELAJARAN TEMATIK: ( KONSEP DAN APLIKASI ). Magetan:Cv. Ae Media Grafika.

Limbong, T & Simarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik. Medan:Yayasan Kita Menulis.

Lubis, M.A. (2020). ‘Pembelajaran Tematik SD/MI - Google Books’. Retrieved 26 May 2022 from https://www.google.co.id/books/edition/Pembelajaran_Tematik_SD_MI/bBwREAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Pembelajaran+Tematik+SD/MI&printsec=frontcover.

Kadarwati, A & Rulviana, V. (2020). PEMBELAJARAN TERPADU. Magetan:Cv. Ae Media Grafika.

Marlina, dkk. (2021). Pengembangan media pembelajaran SD/MI. Aceh:Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Mudlofir, A & Rusydiyah, E.F. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif: Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: GP Press Group.

Nur, I.F. (2021). Analisis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Tematik di MI Ma'arif NU 1 Sokaraja Tengah Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. IAIN Purwokerto.

Nurrita, T. (2018). ‘PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA’. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 3(1):171. doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.

Pakpahan, A.F, dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Medan:Yayasan Kita Menulis.

Rejeki, Adnan, M.F & Siregar, P.S. (2020). ‘Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar’. Jurnal Basicedu 4(2):337–43. doi: 10.31004/basicedu.v4i2.351.

Sukardi. 2003. METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumiharsono, R & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jember:Pustaka Abadi.

Wahyuningtyas, R & Sulasmono, B.S. (2020). ‘Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar’. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 2(1):23–27. doi: 10.31004/edukatif.v2i1.77.

Ekowati, D.W, dkk. (2018). ‘ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARANTEMATIK DI SD MUHAMMADIYAH 9 KOTA MALANG’. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 4(1):17. doi: 10.22219/jinop.v4i1.4906.

Downloads

Published

04-02-2023

How to Cite

Praptaningrum, G., Sukamti, S., & Suhartono, S. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(2), 124–136. https://doi.org/10.17977/um065v3i22023p124-136

Issue

Section

Articles