Pengembangan Media Maket pada Materi Peninggalan Sejarah Hindu, Budha dan Islam, Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Mohammad Sofwan Raharjo Universitas Negeri Malang
  • Tri Murti Universitas Negeri Malang
  • Puri Selfi Cholifah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i22023p113-123

Keywords:

media mockups, materials on hinduism, buddhism and islam, ADDIE Model, media maket, materi hindu, budha dan islam, Model ADDIE

Abstract

Abstract: Learning in elementary schools requires appropriate media to facilitate teachers and students in achieving learning objectives. The purpose of this research is to produce social studies learning media products in the form of mockups on historical relics of Hindu, Buddhist and Islamic grade IV Elementary Schools that are valid according to media experts, material experts and users (teachers) and are interesting for students. In this type of research Research and Development using the ADDIE model and through 5 stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The results obtained from the validation of material experts are 91.6 percent, media experts are 81.25 percent, user 1 is 90 percent and user 2 is 95 percent. The test results of the attractiveness of the small group students were obtained at 92.59 percent and the large group obtained the results of 95.47 percent. From these results, if accumulated, the results can be used without revision and the media is interesting for students.

Abstrak: Pembelajaran disekolah dasar memerlukan media yang tepat guna untuk memudahkan guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan produk media pembelajaran IPS berbentuk Maket pada materi peninggalan sejarah Hindu, Budha dan Islam kelas IV Sekolah Dasar yang valid menurut ahli media, ahli materi dan pengguna (guru) serta menarik bagi siswa. Pada penelitian ini berjenis Research and Development dengan menggunakan model ADDIE dan melalui 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil yang diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 91,6 persen, ahli media sebesar 81,25 persen, pengguna 1 sebesar 90 persen dan pengguna 2 sebesar 95 persen. Hasil uji coba kemenarikan siswa kelompok kecil diperoleh sebesar 92,59 persen dan kelompok besar diperoleh hasil sebesar 95,47 persen. Dari hasil tersebut jika diakumulasikan mendapat hasil dengan katergori dapat digunakan tanpa revisi dan media menarik bagi siswa.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Basri, H. (2018). Kemampuan kognitif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran ilmu sosial bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 1–9.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37–50.

Fitriyah, L. A., Hayati, N., & Wijayadi, A. W. (2020). THE CONTENT KNOWLEDGE ABILITY OF SCIENCE TEACHER CANDIDATES: THE ANALYSIS OF LEARNING MEDIA DEVELOPMENT. Jurnal Pena Sains, 7(2), 83–87. https://doi.org/10.21107/jps.v7i2.7995

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., Simarmata, J., & Limbong, T. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=npLzDwAAQBAJ

Haryono, A. D. (2014). Metodologi Praktis Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran. Genius Media.

Hasanah, T. (2018). Pengembangan Media Maket Box Pada Pembelajaran Tematik Tema 3 Subtema 1 Kelas II Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Malang.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).

Laksono Adi Swasono, S. B. D. R. (2020). Pengembangan Media Mekobin (Memutar Kotak Binatang) Pada Tema 7 Benda, Hewan dan Tanaman Disekitarku Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal.

Prastowo, A. (2013). Pengembangan bahan ajar tematik. Yogyakarta: Diva Press.

Rayanto, Y. H., & Sugiyanti. (2020). PENELITIAN PENGEMBANGAN MODEL ADDIE DAN R2D2: TEORI & PRAKTEK. Lembaga Academic & Research Institute. https://books.google.co.id/books?id=pJHcDwAAQBAJ

Sari, P. (2019). MUDIR (Jurnal Manajemen Pendidikan) ANALISIS TERHADAP KERUCUT PENGALAMAN EDGAR DALE DAN KERAGAMAN GAYA BELAJAR UNTUK MEMILIH MEDIA YANG TEPAT DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1). http://ejournal.insud.ac.id/index.php/mpi/index

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Aflabeta.

Sunaengsih, C. (2016). Pengaruh media pembelajaran terhadap mutu pembelajaran pada sekolah dasar terakreditasi A. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 183–190.

Wulandari, W. N. (2020). Pengembangan Media Maket Tulungagung’s Arts Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Malang.

Salpaini, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Maket Ramah Lingkungan (Ragam Makhluk Hidup Di Lingkunganku) Untuk Siswa Kelas IV SD/MI. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG.

Downloads

Published

04-02-2023

How to Cite

Raharjo, M. S., Murti, T., & Cholifah, P. S. (2023). Pengembangan Media Maket pada Materi Peninggalan Sejarah Hindu, Budha dan Islam, Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(2), 113–123. https://doi.org/10.17977/um065v3i22023p113-123

Issue

Section

Articles