Pelaksanaan Keterampilan Bertanya pada Pembelajaran Tematik di SD

Authors

  • Khofifah Nila Abibah Universitas Negeri Malang
  • Puri Selfi Cholifah Universitas Negeri Malang
  • Siti Umayaroh Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i12023p87-101

Keywords:

questioning skills, student response, keterampilan bertanya, respon siswa

Abstract

Abstract: Questioning skills play an important role for teachers in the learning process as an assessment tool for students and as a means of interaction from teacher to student and student to teacher. This study aims to describe the implementation of basic and advanced questioning skills and describe student responses to the implementation of basic and advanced questioning skills in thematic learning at SDN Polehan 4 Malang. This study uses a mix method. The subjects of this study consisted of 5 respondents. Quantitative data was obtained from the results of observation data carried out during the thematic learning process, then qualitative data were obtained from the results of interviews and documentation. The results of the study show that basic questioning skills are used more often than advanced questioning skills. The basic questions that arise are the components of clear and concise questions, shift shifts, and question distribution. While the components of advanced questioning skills that appear are the sequence of questions and tracking questions. Students' responses to the implementation of asking skills in thematic learning are that some actively respond and some do not actively answer questions, but most students actively respond to teacher questions because teachers always give awards. When answering questions from the teacher, students tend to give short answers that require a low level of thinking.

Abstrak: Keterampilan bertanya memegang peranan penting bagi guru dalam proses pembelajaran sebagai alat penilaian kepada siswa serta sebagai alat interaksi dari guru ke siswa dan siswa ke guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pelaksanaan keterampilan bertanya dasar dan lanjut serta mendeskripsikan respon siswa terhadap pelaksanaan keterampilan bertanya dasar dan lanjut pada pembelajaran tematik di SDN Polehan 4 Malang. Penelitian ini menggunakan mix method. Subjek penelitian ini terdiri dari 5 responden. Data kuantitatif diperoleh dari hasil data observasi yang dilaksanakan selama proses pembelajaran tematik, kemudian untuk kualitatif diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bertanya dasar lebih sering digunakan dibandingkan keterampilan bertanya lanjut. Pertanyaan dasar yang muncul adalah komponen pertanyaan yang jelas dan singkat, pemindahan giliran, dan penyebaran pertanyaan. Sedangkan komponen keterampilan bertanya lanjut yang muncul adalah urutan pertanyaan dan pertanyaan pelacak. Respon siswa terhadap pelaksanaan keterampilan bertanya pada pembelajaran tematik yaitu ada yang aktif merespon dan ada yang tidak aktif menjawab pertanyaan, namun sebagian besar siswa aktif merespon pertanyaan yang guru karena guru selalu memberikan penghargaan. Saat menjawab pertanyaan dari guru siswa cenderung memberikan jawaban singkat yang memerlukan tingkat berpikir rendah.

References

Anggraini, S. dkk. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha, 7, 228.

Anita, A. (2019). Pengaruh Keterampilan Bertanya Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah (Skripsi). Universitas Islam negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Apri Damai Krissandi, B. Widharyanto, & Rishe Purnama Dewi. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Penerbit Media Maxima.

Astuti, M. S. (2015). Peningkatan Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar SIswa Kelas 2 SDN Slungkep 03 Menggunakan Model Discovery Learning. 5(1). https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p10-23

Elwien Sulistya & Ahmad Yusuf. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Manajemen Pendidikan, 24(5). Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/Jurnal-Manajemen-Pendidikan-volume-24-no.-5.pdf#page=64

Eriyanti, R. W. (2016). Koherensi Pertanyaan Guru pada Pembelajaran. KEMBARA : Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan pengajarannya., 2(1), 88. https://doi.org/10.22219/kembara.v2i1.4046

Erwin Firdaus, Sherly Gaspersz, & Sukarman Purba. (2021). Keterampilan Dasar Guru. Yayasan Kita Menulis.

Faisal, A. (2017). Karakteristik Siswa Kelas IV SD. Academia. https://www.academia.edu/download/58063423/005._KARAKTERISTIK_SISWA_KELAS_IV_SD_faisal_dan_fina.pdf

Faridah. (2021). Pentingnya Kemampuan Bertanya Guru Terhadap Motivasi Siswa Dalam Belajar Matematika. 2(2). http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JETE/article/view/15132/6977

Febriasari, F. (2019). Pembentukan Kemampuan Aktualisasi Diri Siswa Usia Sekolah dasar Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Muhadharah di Madrasah Diniyah Al-Islam jenangan Ponorogo (Ponorogo). Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Firda, A. & Desyandri. (2021). Pembelajaran tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170

Firdaus, E., & Gaspersz, S. (2021). Keterampilan Dasar Guru. Yayasan Kita Menulis.

Halimah, L. (2017). Keterampilan Mengajar Sebagai Inspirasi untuk Menjadi Guru yang Excellent di Abad ke-21 (Bandung). PT Refika Aditama; PT Refika Aditama.

Handayani, S. (2014). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru IPS Sekolah Dasar Melalui Penerapan Keterampilan Mengajar. Universitas Jember, 2(1), 8. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah dasar.

Harsanto, R. (2013). Pengelolaan Kelas Yang Dinamis (Yogyakarta). Kanisius.

Israwati, dkk. (2020). Peranan Guru Dalam Menerapkan Keterampilan Bertanya di SD Negeri 56 Banda Aceh. Jurnal PGSD, 13(1), 30–37. FKIP Unsyiah Banda Aceh.

John Creswell. (2015). Educational Research (Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative dan Qualitative Research) (University of Nebraska - Lincoln). PEARSON.

Junaedi, I. (2019). PROSES PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF. 3(2), 7. Jisamar (Journal of Information System. Applied, Management, Accounting and Research).

Kawuryan, S. P. (2020). Karakteristik Siswa SD Kelas Rendah dan Pembelajarannya. FIP Universitas Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132313274/pengabdian/KARAKTERISTIK+DAN+CARA+BELAJAR+SISWA+SD+KELAS+RENDAH.pdf

Khaulani, F., Neviyarni, & Irdamurni. (2020). Fase dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Universitas Islam Sultan Agung, 7(1). http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/7372

Lestari. (2015a). Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa. 3(1). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v3i1.1683

Lestari, S. (2015b). Keterampilan Bertanya Lanjut Dalam Upaya Membiasakan Siswa Gemar Bertanya dan Menyampaikan Pendapat dengan Benar Dalam Proses Pembelajaran (Jakarta). 7(1). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pgsd/article/view/7983

Lubis, M. A., & Azizan, N. (2020). Pembelajaran tematik SD/MI (Jakarta). Kencana.

Lufri, Ardi, Yogica, R., & Muttaqin, A. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran (Purwokerto). CV IRDH.

Marselina. (2013). Analisis Efektivitas Keterampilan Guru Bertanya Dasar Kelas III Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Menjalin. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan.

Mulyasa. (2015). Menjadi Guru Profesional (Bandung). Rosda.

Nasution, M. (2019). Keterampilan Guru Dalam Bertanya Pada Pembelajaran Matematika. Logaritma (Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains), 7(01). https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1666

Ratnasari, T. (2020). Pelaksanaan Keterampilan Bertanya Pada Pembelajaran Tematik Kelas Tinggi di SD Negeri Demangan Surakarta 2019. Skripsi.

Sangadah, A. S. (2016). Pelaksanaan Keterampilan Bertanya Pada Pembelajaran IPS Kelas IV di SD Gugus Plangkawati Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Sulantara, I. M. E. (2020). Buku Ajar Micro Teaching Mengajar dalam Teori dan Praktik (Nilacakra). Nilacakra.

Sunarto, I. & Rohita. (2019). PENGUASAAN KETERAMPILAN BERTANYA DASAR DI TK BAITURRAHMAN. Jurnal AUDHI, 2(1), 4. http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v2i1.575

Sutrisno, T. (2019). Keterampilan Dasar Mengajar (The Art of Basic Teaching) (Madura). Duta Media Publishing.

Syaripuddin. (2019). Sukses Mengajar di Abad 21 (Keterampilan Dasar Mengajar dan Pendekatan pembelajaran K13). Uwais Inspirasi Indonesia.

Tohir, M. (2020). Menjadikan Para Siswa Aktif Bertanya dalam Kegiatan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013. Academia Edu. Umrati. (2020). Analisis Data Kualitatif (Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan) (Makassar). Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Usman, U. (2017). Menjadi Guru Profesional (Bandung). PT. Remaja Rosdakarya.

Wahyulestari. (2018). Keterampilan Dasar Mengajar di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2770/2267

Zulfira, R., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. FIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, 5(1). https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1187

Downloads

Published

10-01-2023

How to Cite

Abibah, K. N., Cholifah, P. S., & Umayaroh, S. (2023). Pelaksanaan Keterampilan Bertanya pada Pembelajaran Tematik di SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(1), 87–101. https://doi.org/10.17977/um065v3i12023p87-101

Issue

Section

Articles