Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Berbasis Digital Materi Jenis-Jenis Pekerjaan pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Ulil Maknunah Universitas Negeri Malang
  • Siti Umayaroh Universitas Negeri Malang
  • Puri Selfi Cholifah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i12023p65-86

Keywords:

diorama, jenis-jenis pekerjaan, ADDIE

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to develop diorama learning media about types of work for grade III elementary school students that are valid, practical, and interesting. This type of research is research and development, namely developing diorama learning media. This study uses the ADDIE research model step. The subjects in this study were grade 3 elementary school students, grade 3 teachers, media experts and material experts. The data collection techniques of this research are observation, questionnaire, interviews and documentation. The results of this research are diorama learning media with a level of validity of 97.08 percent and a level of practicality and attractiveness of 97.6 percent.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan guna kembangkan media belajar diorama tentang jenis-jenis pekerjaan guna siswa kelas III Sekolah Dasar yang valid, praktis, serta menarik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangannya, yaitu mengembangkan media belajar diorama. Penelitian ini menggunakan langkah model penelitian ADDIE. Subjek pada penelitian ini yakni siswa kelas 3 sekolah dasar, guru kelas 3, ahli media serta ahli materi. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, angket, wawancara serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran diorama dengan tingkat kevalidan 97,08 persen dan tingkat kepraktisan dan kemenarikan 97,6 persen.

References

Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Amalia, M. D., Agustini, F., & Sulianto, J. (2018). Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran Tematik Terintegrasi Tema Indahnya Negeriku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Paedagogia, 20(2), 185. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i2.9850

Ardian, B. A. U. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 9 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. 1–12.

Branch, R. M. (2010). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US.

Devi Christin, Entin Daningsih, R. M. (n.d.). Kelayakan Media Diorama Pemanasan Global Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan …, 1–11.

Khairiyah, U. (2022). To Be Fun Teacher: Menciptakan Kelas yang Kondusif dan Menyenangkan. Nawa Litera Publishing.

Nadhliroh, I., Prasetyaningtyas, F. D., & Artikel, I. (2018). Pengembangan Media Diorama Berbasis Audiovisual Pada Muatan Ips Kelas V. Joyful Learning Journal, 7(4), 25–33. https://doi.org/10.15294/jlj.v7i4.25877

Nafisah, D. (2018). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA VISUAL DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IP. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Journal of Physics: Conference Series, 03(01), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Pratiwi, R. D. (2020). Pengembangan Media Diorama Sumber Daya Alam Berbasis Audiovisual Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Negeri Malang.

Rasyid, I. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM, VII(1), 91–96.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Parama Publishing.

Rofiqoh, I., Puspitasari, D., & Nursaidah, Z. (2020). Pengembangan Game Math Space Adventure Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 41–54. https://doi.org/10.36706/jls.v2i1.11445

Saiputri, A. L. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG PADA MATERI MENGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN SISWA KELAS III SDN NGADIREJO 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017. 01(06).

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

10-01-2023

How to Cite

Maknunah, U., Umayaroh, S., & Cholifah, P. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Berbasis Digital Materi Jenis-Jenis Pekerjaan pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(1), 65–86. https://doi.org/10.17977/um065v3i12023p65-86

Issue

Section

Articles