Pengembangan Media Buku Teks Subtema Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi dengan Penguatan Karakter Cinta Tanah Air Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v3i22023p150-158Keywords:
textbook, the subtheme of the National Event Around the Proclamation, homeland love character, buku teks, subtema peristiwa kebangsaan seputar proklamasi, karakter cinta tanah airAbstract
Abstract: The purpose of this study is to produce a textbook on the sub-theme of National Events Around the Proclamation by strengthening the character of love for the homeland class V SDN Rejomulyo which is valid according to material experts, media and teachers and is practical for students. This development research uses the ADDIE model. Product validity according to material experts is 95,83 percent, media is 95,83 percent and users are 91,66 percent. The resylts of the initial trial for thr ptacticality assessment obtained a score of 88,33 percent.. While the final trial score 90 percent practicality. So this book is very valid and practical and has a very strong strengthening of the character of love for the homeland.
Abstrak: Tujuan penelitian ini menghasilkan buku teks subtema peristiwa kebangsaan seputar proklamasi dengan penguatan karakter cinta tanah air kelas V SDN Rejomulyo yang valid menurut ahli materi, media, dan guru serta praktis bagi siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Validitas produk menurut ahli materi 95, 83 persen, media 95,83 persen dan pengguna 91, 66 persen. Hasil uji coba awal untuk penilaian kepraktisan memperoleh skor 90 persen. Sedangkan uji coba akhir skor kepraktisan 91,56 persen. Jadi buku ini sangat valid dan praktis serta memiliki penguatan karakter cinta tanah air yang sangat kuat.etode, serta hasil penelitian.
References
Akbar, Sa’dun. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
Firmansyah. G.Hariyanto, D.,&Kurniawan, R.(2019).Pengaruh Bahan Ajar Berbasis QR Code Terhadap Motivasi Belajar dan Ketrampilan Dasar Bermain Tenis Meja. In Prosding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG) (Vol.2 No.1). (Online)
Hamzah, Amir. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan. Malang : Literasi Nusantara
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Buku yang digunakan oleh satuan pendidikan.Kemendikbud
Sari, Febrica R. (2017). Analisis Kesesuaian Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV SD/MI Tema Selalu Berhemat Energi dengan Kurikulum 2013. Skripsi tidak diteribitkan. (Online). Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 259-270.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Widoyoko. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Putra, E. M., Handarini, D. M., & Muslihati, M. (2019). Keefektifan achievement motivation training untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 4(2), 62-68.
Scheinin, P. (2009). Using student assessment to improve teaching and educational policy. In M. O'Keefe, E. Webb, & K. Hoad (Eds.), Assessment and student learning: Collecting, interpreting and using data to inform teaching (pp. 12-14). Melbourne, Australia: Australian Council for Educational Research.
Makmara. T. (2009). Tuturan persuasif wiraniaga dalam Berbahasa Indonesia: Kajian etnografi komunikasi. (Unpublished master’s thesis) Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Agnes Fitri Ayu Wulandari, M. Zainuddin, Tri Murti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.