Pengembangan Media Buku Teks Subtema Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi dengan Penguatan Karakter Cinta Tanah Air Kelas V SD

Authors

  • Agnes Fitri Ayu Wulandari Universitas Negeri Malang
  • M. Zainuddin Universitas Negeri Malang
  • Tri Murti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i22023p150-158

Keywords:

textbook, the subtheme of the National Event Around the Proclamation, homeland love character, buku teks, subtema peristiwa kebangsaan seputar proklamasi, karakter cinta tanah air

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to produce a textbook on the sub-theme of National Events Around the Proclamation by strengthening the character of love for the homeland class V SDN Rejomulyo which is valid according to material experts, media and teachers and is practical for students. This development research uses the ADDIE model. Product validity according to material experts is 95,83 percent, media is 95,83 percent and users are 91,66 percent. The resylts of the initial trial for thr ptacticality assessment obtained a score of 88,33 percent.. While the final trial score 90 percent practicality. So this book is very valid and practical and has a very strong strengthening of the character of love for the homeland.

Abstrak: Tujuan penelitian ini menghasilkan buku teks subtema peristiwa kebangsaan seputar proklamasi dengan penguatan karakter cinta tanah air kelas V SDN Rejomulyo  yang valid menurut ahli materi, media, dan  guru serta praktis bagi siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Validitas produk menurut ahli materi 95, 83 persen, media  95,83 persen dan pengguna 91, 66 persen. Hasil uji coba awal untuk penilaian kepraktisan memperoleh skor 90 persen. Sedangkan uji coba akhir skor kepraktisan 91,56 persen. Jadi buku ini sangat valid dan praktis serta memiliki penguatan karakter cinta tanah air yang sangat kuat.etode, serta hasil penelitian.

References

Akbar, Sa’dun. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya

Firmansyah. G.Hariyanto, D.,&Kurniawan, R.(2019).Pengaruh Bahan Ajar Berbasis QR Code Terhadap Motivasi Belajar dan Ketrampilan Dasar Bermain Tenis Meja. In Prosding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG) (Vol.2 No.1). (Online)

Hamzah, Amir. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan. Malang : Literasi Nusantara

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Buku yang digunakan oleh satuan pendidikan.Kemendikbud

Sari, Febrica R. (2017). Analisis Kesesuaian Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV SD/MI Tema Selalu Berhemat Energi dengan Kurikulum 2013. Skripsi tidak diteribitkan. (Online). Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 259-270.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Widoyoko. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Putra, E. M., Handarini, D. M., & Muslihati, M. (2019). Keefektifan achievement motivation training untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 4(2), 62-68.

Scheinin, P. (2009). Using student assessment to improve teaching and educational policy. In M. O'Keefe, E. Webb, & K. Hoad (Eds.), Assessment and student learning: Collecting, interpreting and using data to inform teaching (pp. 12-14). Melbourne, Australia: Australian Council for Educational Research.

Makmara. T. (2009). Tuturan persuasif wiraniaga dalam Berbahasa Indonesia: Kajian etnografi komunikasi. (Unpublished master’s thesis) Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.

Downloads

Published

04-02-2023

How to Cite

Wulandari, A. F. A., Zainuddin, M., & Murti, T. (2023). Pengembangan Media Buku Teks Subtema Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi dengan Penguatan Karakter Cinta Tanah Air Kelas V SD . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(2), 150–158. https://doi.org/10.17977/um065v3i22023p150-158

Issue

Section

Articles