Pengembangan Media Pembelajaran Game Monopoly untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Defa Defa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Putrayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Sudana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1190-1197

Keywords:

monopoly game, integrated thematic, learning media, game monopoly, tematik terpadu, media pembelajaran

Abstract

Abstract: The utilization of efficient and effective learning media is one of the learning successes. This Monopoly Game educational resource was created with elementary school students' needs and characteristics in mind. Where students in elementary school are still considered children. They also still enjoy playing. The Monopoly game learning media is designed to look like children's games, but its content is educational or learning related to the subject matter that sixth-grade elementary school students are studying, specifically Theme 7 leadership, which has three sub-themes. The teacher uses a variety of methods to get feedback from the students on what they've learned, but they don't do anything about it after they finish the material being studied. That is, students only receive a test question or exam after completing the material to determine their learning outcomes. Student learning outcomes appear to be lower than the specified KKM after using learning media. However, using this media led to an increase in the obtained learning outcomes, all of which were valid or met the KKM.

Abstrak: Pemanfaatan media pembelajaran yang efisien dan efektif merupakan salah satu keberhasilan pembelajaran. Permainan Monopoli ini dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik siswa sekolah dasar.dimana siswa sekolah dasar masih dianggap anak-anak.Mereka juga masih senang bermain. Media pembelajaran permainan monopoli dirancang agar terlihat seperti permainan anak-anak, namun isinya bersifat edukatif atau pembelajaran yang berkaitan dengan materi pelajaran yang dipelajari siswa kelas VI SD yaitu Tema 7 kepemimpinan yang memiliki tiga subtema. berbagai metode untuk mendapatkan umpan balik dari siswa tentang apa yang telah mereka pelajari, tetapi mereka tidak melakukan apa-apa setelah mereka menyelesaikan materi yang dipelajari. Artinya, siswa hanya menerima pertanyaan tes atau ujian setelah menyelesaikan materi untuk menentukan hasil belajarnya. Hasil belajar siswa tampak lebih rendah dari KKM yang ditentukan setelah menggunakan media pembelajaran. Namun penggunaan media ini menyebabkan peningkatan hasil belajar yang diperoleh semuanya valid atau memenuhi KKM.

References

Dale, Edgar. (1969). Audio Visual Methods in Teaching. The Dryden Press.

Dimyati, M. (1993). Strategi Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ena, O. T. (2011). Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Piranti Lunak Presentasi.

Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Penelitian.

Hidayat, A., & Muhajir. (2015). Pengembangan Permainan Monopoli Sebagai Media

Pembelajaran Batik Kelas V Sd Siti Aminah Surabaya. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 3, 218– 226.

Sadiman, A. (2009). Media Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. & Rivai, A. (1992). Media Pengajaran. Penerbit CV. Sinar Baru Bandung.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (R & D). Alfabeta.

Sumanto. (2007). Pembelajaran Seni Rupa di PGSD (Tindakan Kelas Melalui Penggunaan Media Peragaan Visual). Universitas Negeri Malang. Malang.

Syaodih Sukmadinata, N. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosda Karya.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana.

Downloads

Published

30-12-2022

How to Cite

Defa, D., Putrayasa, I. B., & Sudana, I. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Monopoly untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas VI Sekolah Dasar . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1190–1197. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1190-1197

Issue

Section

Articles