Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbentuk Mind Mapping Berbantuan QR Code Materi ASEAN Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Niken Puspitasari Universitas Negeri Malang
  • Khusnul Khotimah Universitas Negeri Malang
  • Erif Ahdhianto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1160-1174

Keywords:

media, pocket book, mind mapping, buku saku

Abstract

Abstract: The research aims to provide learning media in the form of a pocket book in the form of mind mapping assisted by a QR Code for ASEAN grade VI material for elementary schools that is valid and interesting. According to material experts, media experts and users for teachers after testing the validity and product attractiveness tests by students. The ADDIE model used in this development consists of analysis, design, development, implementation, evaluation. This development research obtained results of 90 percent material expert validation percentage, 90 percent media expert validation and user validation by teachers of 95.8 percent so that it was included in the very valid category. The results of the attractiveness test of the pocket book learning media in the form of mind mapping obtained a percentage of 98.1 percent which was stated to be very interesting. Then it was concluded that the pocket book learning media in the form of mind mapping assisted by QR Code material for ASEAN class VI elementary schools could be used with very valid and very interesting results.

Abstrak: Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk membekali sekolah dasar kelas VI ASEAN dengan media pembelajaran yang menarik dan kredibel dalam bentuk buku saku yang dibuat menggunakan pemetaan pikiran dengan bantuan QR Code. Menurut ahli media materi dan para pengguna untuk guru setelah dilakukan uji validitas serta uji kemenarikan produk oleh siswa. Langkah-langkah analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi (ADDIE) diikuti secara runtun selama pengembangan proyek ini. Validasi ahli isi 90 persen, validasi ahli media 90 persen, dan validasi pengguna oleh guru 95,8 persen; hasil ini menempatkan penelitian dalam kategori sangat valid. Hasil dari uji minat yang menunjukkan seberapa menarik alat pembelajaran portabel berbasis mind mapping menunjukkan skor 98,1 persen, menunjukkan bahwa alat tersebut sangat menarik bagi calon pengguna. Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: SD kelas VI ASEAN dapat mengambil manfaat yang besar dengan menggunakan media pembelajaran buku saku berupa mind mapping berbantuan materi QR Code.

References

Afnida Mutia, Fakhriah, & Dewi, F. (2016). Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Pengembangan Bahasa Anak Pada Tk A Di Banda Aceh. 1(1), 53–59.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. BAndung: PT Remaja Rosdakarya.

Akrim, M. (2018). Media Learning in Digital Era. 231(Amca), 458–460. doi: 10.2991/amca-18.2018.127

Ali, F. I., Bektiningsih, K., & Samadhy, U. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPS. 10–18.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara.

Ilma, M. F. M., Roebyanto, G., & Ahdhianto, E. (2022). Pengembangan Media Kartu Baruang (Belajar Bangun Ruang) Berbasis Augmented Reality untuk Kelas VI SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(1), 36. doi: 10.17977/um009v31i12022p036

Indaryanti, Susanti, E., Aisyah, N., & Scristia. (2019). Analisis Kesesuaian Indikator terhadap Kompetensi Dasar pada Pelajaran Matematika oleh Guru Sekolah Menengah Palembang. Jurnal Gantang, 4(2), 103–109. doi: 10.31629/jg.v4i2.1429

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran.

Karmintoro, Utomo, S., & Suad. (2021). Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping Materi Bentuk Keberagaman di Indonesia Untuk Peningkatan Hasil Belajar PPKn Sekolah Dasar. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(1).

Kartika, R. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran IPS dengan Media Pocket Book Flouna. 1(1), 15–19.

Kemendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., & Ayu Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326.

Masita, M., & Wulandari, D. (2018). Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 1–2.

Munggaran, R. (2012). Pemanfaatan Open Source Software Pendidikan Oleh Mahasiswa Dalam Rangka Implementasi Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta Intellectual Property Rights.

Nurhayati, Sudarman, & Astuti, R. F. (2022). Analisis Kesesuaian Materi buku Teks Ilmu Pengetahuan Sosial Terbitan Erlangga. 4(1), 1–10.

Nurmutia, H. E., Mariani, S., & Susilo, B. E. (2013). Analisis materi, penyajian, dan bahasa buku teks matematika SMA kelas X di Kabupaten Rembang. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3), 47–53.

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60.

Rahmawati, I. S., Roekhan, & Nuchasanah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Fabel dengan Macromedia Flash bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1323–1329.

Ramaniyar, E., Alimin, A. A., & Hariyadi, H. (2019). Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Penulisan Artikel Ilmiah. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1), 34. doi: 10.31571/bahasa.v8i1.1132

Rosihah, I., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Konteks Budaya Banten Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35. doi: 10.31602/muallimuna.v4i1.1405

Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain Dan Pengembangan Kependidikan. Depok: Rajawali Pers.

Saputri, A., & Suprayitno. (2021). Pengembangan Media E-Scrapbook Materi Negara–Negara ASEAN Pada Muatan Pelajaran IPS Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 9.

Sejati, A. K. (2021). PENGEMBANGAN POP-UP BOOK BERBASIS QR CODE MATERI BANGUN RUANG DENGAN PENGUATAN KARAKTER RASA INGIN TAHU DI KELAS V SEKOLAH DASAR. 4(1).

Setiawati, T., Pranata, O. H., & Halimah, M. (2019). Pengembangan Media Permainan Papan pada Pembelajaran IPS untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan Media Permainan Papan Pada Pembelajaran IPS Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, 6(1), 163–174.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyani, N., Jam, J., & Rahardjo, D. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book Dan Tanpa Pocket Book Pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 164–172.

Tenriawaru, E. P. (2014). Implementasi Mind Mapping Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional, 01(1), 85–91.

Vawanda, E. J., & Zainil, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis QR Code untuk Kemampuan Berpikir Geometris Siswa Kelas IV SD Development of Qr Code-Based Mathematics Learning Media for Geometric Thinking Level of Grade IV Elementary School Students. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(7), 124–130.

Zainuddin, & Suwarti. (2017). PembelajaranIPS Berbasis Karakter. Universitas Negeri Malang.

Zulkarnain, I., & Amalia Sari, N. (2016). Model Penemuan Terbimbing dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 240–249. doi: 10.20527/edumat.v2i2.619

Downloads

Published

30-12-2022

How to Cite

Puspitasari, N., Khotimah, K., & Ahdhianto, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbentuk Mind Mapping Berbantuan QR Code Materi ASEAN Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1160–1174. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1160-1174

Issue

Section

Articles