Pentingnya Pengembangan Bakat dan Kreativitas Anak Usia Sekolah Dasar

Authors

  • Alvin Hidayah Universitas Mataram
  • Siti Istiningsih Universitas Mataram
  • Arif Widodo Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1151-1159

Keywords:

talent, creativity, child, elementary school, bakat, kreativitas, anak, SD

Abstract

Abstract: The development of talent and creativity of elementary school age children is still not fully developed so that this research has a purpose, namely to find out how the role of parents and teachers in developing the talents and creativity of elementary school age children. The research method used is a literature study or systematic literature review, namely how to review and analyze several journals related to the development of talents and creativity of elementary school age children. Through this method, you will find several journals or articles that serve as references to find out how elementary school-age children can show and develop their talents and creativity, so that they can be channeled according to what they want through activities that can hone their creativity and talents.

Abstrak: Pengembangan bakat dan kreativitas anak usia sekolah dasar masih belum sepenuhnya untuk dikembangkan sehingga penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana peran orang tua maupun guru dalam mengembangkan bakat dan kreativitas yang dimiliki anak usia sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur atau tinjauan pustaka yang sistematis, yaitu bagaimana mengkaji dan menganalisis beberapa jurnal yang berhubungan dengan pengembangan bakat dan kreativitas anak usia sekolah dasar. Melalui metode ini akan ditemukan beberapa jurnal atau artikel yang menjadi referensi untuk mencari tahu bagaimana cara agar anak usia sekolah dasar bisa menunjukkan dan mengembangkan bakat serta kreativitas dalam dirinya, sehingga bisa tersalurkan sesuai dengan apa yang diinginkan melalui kegiatan-kegiatan yang dapat mengasah kreativitas dan bakat yang dimilikinya.

References

Anam, S. (2018). Pendidikan Islam. 190.

Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Analisis Minat dan Bakat Peserta didik terhadap Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23–28. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index%0ATerampil:

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200

Haprabu, E. S., Sudarsono, S., & Purna, P. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Pada Anak (Studi kasus kelurahan Paminggir di RT 05). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 675. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1052

Hasnawati, H., & Anggraini, D. (2018). Mozaiksebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Rupamenggunakan Metode Pembinaan Kreativitas Dan Keterampilan. Jurnal PGSD, 9(2), 226–235. https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.226-235

Hikam, I. (2017). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI 12 JAKARTA Skripsi (Issues 27-Jul-2017). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35378

Holis, A. (2007). Peranan Keluarga/Orang Tua dan Sekolah dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 1(1), 22–43.

HUDA, K., & MUNASTIWI, E. (2020). Strategi Orang Tua Dalam Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(2), 80. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i2.670

I Made Satya Wintara. (2017). Pentingnya Peran Guru dalam Meningkatkan Bakat dan Kreativitas Siswa Melalui Ekstrakurikuler. March.

Kau, M. A. (2017). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017, 0(0), 157–166. http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1281

Khosiah, N., Susandi, A., & Dheasari, A. E. (2021). Kerja Sama Orang Tua Dan Guru Dalam Membangun Kreativitas Siswa Madrasah Ibtidaiyah Melalui Pembelajaran Online. Jurnal Penelitian IPTEKS, 6(1), 62–71. https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i1.5252

Magdalena, I., Fatharani, J., Oktavia, S. A., Amini, Q., & Tangerang, U. M. (2020). Peran Guru dalam Mengembangkan Bakat Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(1), 61–69. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Masni, H. (2016). Peran Pola Asuh Demokratis Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri Dan Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(1), 58–74. http://dikdaya.unbari.ac.id/index.php/dikdaya/article/view/41

Minarwati, & Basri, M. (2020). Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213.

Muniarti, E. (2020). Pengertian Bakat, Ciri-cri Anak Berbakat, dan Implikasi Pendidikan. Bahan Ajar, 156–159.

Muqodas, I. (2016). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2), 25–33.

Prasmasiwi, S., & Hidayat, M. T. (2022). Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Bakat Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5847–5852. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3139

Rachman, R., & Mukminin, A. (2018). Penerapan Metode Certainty Factor Pada Sistem Pakar Penentuan Minat dan Bakat Siswa SD. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 4(2), 90. https://doi.org/10.23917/khif.v4i2.6828

Sari, K. P., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Pengembangan Kreativitas Dan Konsep Diri Anak Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 44. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.44-50

Setyaningrum, F., & Hutami, H. A. (2021). PEMBENTUKAN KREATIVITAS MELALUI PEMBELAJARAN SBdP KELAS IV PADA MATERI MELUKIS DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(1), 515–527. https://doi.org/10.30738/tc.v5i1.9736

Widyansari, F. (2014). Perkembangan Intelektual, Kreativitas dan Bakat Anak Usia Sekolah Dasar. Modal Sosial Dalam Pendidikan Berkualitas Di Sekolah Dasar Muhammadiyyah Muitihan, 16(September), 12.

Wulandari, D. R. (2019). Menumbuhkan Bakat Anak Sekolah Dasar di Lingkungan Keluarga (Analisis Buku “Orangtuanya Manusia” Karya Munif Chatib). Jurnal Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2).

Downloads

Published

30-12-2022

How to Cite

Hidayah, A., Istiningsih, S., & Widodo, A. (2022). Pentingnya Pengembangan Bakat dan Kreativitas Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1151–1159. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1151-1159

Issue

Section

Articles