Penerapan Aplikasi Canva pada Pembelajaran SBDP Kelas VI Semester I Materi Membuat Poster

Authors

  • Rizki Septa Hardhita SD Laboratorium UM Kota Blitar

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1134-1140

Keywords:

technology development, canva, SBbP, perkembangan teknologi

Abstract

Abstract: Technological developments require teachers to be able to develop their expertise, especially in the field of technology. Technological developments also make learning more interesting for students, especially when teachers want to explore information, especially learning media. Canva is a design program that is chosen by teachers to be used as learning media for students. Based on the results of the explanation above, it can be concluded that along with the development of the era, learning media is very necessary to support an education. The media currently being developed puts more emphasis on technology and communication to be implemented in schools, one of which is SBdP learning. Learning media such as teacher aids to teach material to students, so that students will be more interested and can also increase creativity and skills in learning at school.

Abstrak: Perkembangan teknologi menuntut guru untuk dapat mengembangkan keahliannya, terutama dalam bidang teknologi. Perkembangan teknologi juga mengakibatkan pembelajaran menjadi lebih menarik bagi peserta didik, khususnya ketika guru ingin menggali informasi khususnya media pembelajaran. Canva merupakan program desain yang menjadi pilihan guru untuk dijadikan media pembelajaran bagi peserta didik. Berdasarkan hasil pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa seiring perkembangan jaman media pembelajaran sangat diperlukan untuk menunjang suatu pendidikan. Media yang dikembangkan saat ini lebih mengedepankan teknologi dan komunikasi untuk diimplementasikan di sekolah, salah satunya pembelajaran SBdP. Media pembelajaran seperti alat bantu guru untuk membelajarkan materi kepada peserta didik, sehingga peserta didik akan lebih tertarik dan juga dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam pembelajaran di sekolah.

References

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 125–129. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977

Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Nurhayati, A., Fitria, E., & Nurfadhillah, S. (2020). Peran Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Siswa di SDS Islam Harapan Ibu School. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 426–434.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas : Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Tiara Melinda, & Erwin Rahayu Saputra. (2021). Canva Sebagai Media Pembelajaran Ipa Materi Perpindahan Kalor Di Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(2), 96–101. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.848

Downloads

Published

30-12-2022

How to Cite

Hardhita, R. S. (2022). Penerapan Aplikasi Canva pada Pembelajaran SBDP Kelas VI Semester I Materi Membuat Poster. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1134–1140. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1134-1140

Issue

Section

Articles