Analisis Bibliometrik Trend Penelitian Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital di Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Putu Laksmi Resti Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Margaretha Sri Yuliariatiningsih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dede Trie Kurniawan Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1127-1133

Keywords:

digital learning, primary school, bibliometric, pembelajaran digital;, sekolah dasar, bibliometrik

Abstract

Abstract: Bibliometric analysis is a mapping based on research trends using metadata analysis and processing. The metadata used in this study is sourced from Google Scholar. Therefore, this study used a systematic quantitative method. This study aims to determine the trend of research developments related to digital learning in elementary schools. This research was conducted in October 2022. The search and database analysis used Publish or Perish (PoP) software, Zotero, and VOSviewer. The results of the study show that in the last ten years (2012-2022), research on digital learning in elementary schools is still relatively new. Topics that are still very new in the 2020-2022 timeframe are pandemics, covid, distance learning, and assessment. Meanwhile, topics that are often discussed are elementary schools, covid, pandemics, digital literacy, digital technology, digital games.

Abstrak: Analisis bibliometrik merupakan pemetaan berdasarkan trend riset penelitian yang menggunakan analisis dan pengolahan metadata. Metadata yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari Google Scholar. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui trend perkembangan penelitian yang berkaitan dengan pembelajaran digital di sekolah dasar (digital learning in primary school). Penelitian ini dilaksanakan pada Oktober 2022. Penelusuran dan analisis database menggunakan software Publish or Perish (PoP), Zotero, dan VOSviewer. Hasil Penelitian menunjukan bahwa dalam sepuluh tahun terakhir (2012-2022), penelitian mengenai pembelajaran digital di sekolah dasar tergolong masih baru. Topik yang masih sangat baru dalam rentang waktu 2020-2022 adalah mengenai pandemic, covid, distance learning, dan assessment. Sedangkan, topik yang sering dibahas adalah primary school, covid, pandemic, digital literacy, digital technology, digital game.

References

Ahmi, A., Elbardan, H., & Raja Mohd Ali, R. H. (2019). Bibliometric Analysis of Published Literature on Industry 4.0. 2019 International Conference on Electronics, Information, and Communication (ICEIC), 1–6. https://doi.org/10.23919/ELINFOCOM.2019.8706445

Ardipal, A. (2020). Pemanfaatan Perangkat Teknologi dalam Pembelajaran Musik Berbasis Tematik sebagai Peningkatan Keterampilan Abad 21 Bagi Guru Sekolah Dasar. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 2(2), 77–84. https://doi.org/10.24036/musikolastika.v2i2.47

Choudhri, A. F., Siddiqui, A., Khan, N. R., & Cohen, H. L. (2015). Understanding Bibliometric Parameters and Analysis. RadioGraphics, 35(3), 736–746. https://doi.org/10.1148/rg.2015140036

Cintang, N., & Fajriyah, K. (2018). INOVASI MATA KULIAH PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI CALON GURU SEKOLAH DASAR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DAN KETERAMPILAN ABAD 21. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 8(1), 22. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v8i1.2401

Derviş, H. (2020). Bibliometric Analysis using Bibliometrix an R Package. Journal of Scientometric Research, 8(3), 156–160. https://doi.org/10.5530/jscires.8.3.32

Deti, R., & Mandasari, V. (2021). A Bibliometric Analysis of E-Learning Research Trends. International Journal of Theory and Application in Elementary and Secondary School Education, 3(1), 74–81. https://doi.org/10.31098/ijtaese.v3i1.518

Dewi, F. (2015). PROYEK BUKU DIGITAL: UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN ABAD 21 CALON GURU SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK. 9(2), 15.

Donthu, N., Kumar, S., Mukherjee, D., Pandey, N., & Lim, W. M. (2021). How to conduct a bibliometric analysis: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 133, 285–296. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.04.070

Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. JARTIKA : Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 25–35. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.20

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Sari, F. F. K., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Berbasis Flipbook untuk Memberdayakan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6079–6085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1715

Susilo, S. V. (2020). MODEL MULTILITERASI: RE ORIENTASI GURU DALAM MENGEMAS KONSEP PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR PADA ABAD KE-21. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1). https://doi.org/10.31949/jee.v3i1.2051

Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). MENGAJARKAN KETERAMPILAN ABAD 21 4C (COMMUNICATION, COLLABORATION, CRITICAL THINKING AND PROBLEM SOLVING, CREATIVITY AND INNOVATION) DI SEKOLAH DASAR. 13.

Downloads

Published

30-12-2022

How to Cite

Putri, N. P. L. R., Yuliariatiningsih, M. S., & Kurniawan, D. T. (2022). Analisis Bibliometrik Trend Penelitian Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital di Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1127–1133. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1127-1133

Issue

Section

Articles