Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Syamsidah Lubis STIT Hidayatullah Batam

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1121-1126

Keywords:

innovation, digital based learning, student learning outcomes, inovasi, pembelajaran berbasis digital, hasil belajar siswa

Abstract

Abstract: This study aims to find out that Digital based Learning innovation can improve student learning outcomes as many previous studies have implemented or implemented digital based learning. The research method used is a library study of various existing books and journals. The method of collecting data is by reading various books and using the internet to find articles or journals from previous studies that are in accordance with the object of this research. As for the results of a literature review conducted from several journals, it is proven that implementing digital based learning can improve learning outcomes from various levels (elementary, junior high, high school and university. Learning innovations are carried out in the form of digital applications and game media (Kahoot, Digital Snakes and Ladders, quizizz games, kodig (digital comics) etc.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa inovasi pembelajaran berbasis digital dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebagaimana banyak penelitian sebelumnya yang telah mengimplementasikan atau menerapkan pembelajaran berbasis digital. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka (library research) dari berbagai buku dan jurnal yang ada. Metode pengumpulan data dengan membaca berbagai buku dan bantuan internet untuk mencari artikel atau jurnal dari penelitian terdahulu yang sesuai dengan objek penelitian ini. Adapun hasil dari kajian pustaka yang dilakuan dari beberapa jurnal terbukti dengan mengimplenasikan pembelajaran digital dapat meningkatkan hasil belajar dari berbagai level (SD, SMP, SMA dan Perguruan tinggi. Inovasi pembelajaran yang di lakukan berupa aplikasi digital dan media game (Kahoot, Ular tangga digital, game quizizz, Kodig (Komik digital) dll.

References

Amos Neolaka dan Grace Amialia A, Neoloka.(2017). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana, Cet. 1.

Amarullah dkk. (2019). Refleksi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Digital.Volume 1, No 1. Jurnal Metaedukasi:Jurnal Ilmiah Pendidikan Universitas Siliwangi. e- ISSN:2714-7851.

Eyus, Wahyudin. (2019). Pembelajaran Bebasis Digital: Studi Penggunaan Geogebra Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Tatsqif. Pemikiran dan penelitian Pendidikan. Volume 17. No 1 Juni 2019.http://Journal.unimataram.ac.id/index.php/tatsqif.

Inggriyani feby.dkk.(2020). Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif dengan menggunakan Kahoot sebagai Digital Game Based Learning di KKG Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan. Volume 10 Nomor 1, februari 2020.p.issn 2088-2092.e-ISSN 2548-6721. http:/ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend.

Irwan dkk. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogia:Jurnal Pendidikan vol 8, februari 2019. ISSN 2548 2254 (ONLINE). ISSN 2089 3833 (Print)

Kurniawati, Henny. (2021), Pengembangan Media Pembelajaran kodig untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Volume 5 Nomor 2 tahun 2021 halaman 1046-1059 Research &Learning in Elementary School.https://jbasic.org/index.php/basicedu.

Mulyati, Haniv.(2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. Jurnal Pendidikan Matematika Volume.03. No.01. Mei 2020.p 2620-976X- E2620-8067. http://dx.doi.org/10.306560.gauss.v3il. 2127.

Mukhidin.(2012). Kurikulum & Pembelajaran Kejuruan Berbasis Kompetensi. Bandung:Rizqi Press.

Novita Lina, Siti. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa menggunakan Media Game Ular Tangga Digital. Jurnal Basicedu, volume 4 Nomor3 Tahun 2020.http://jbasic.org/index.php/basicedu/index.

Ranjabar, Jacobus. (2008). Perubahan sosial Dalam Teori Makro Pendekatan Realitas Sosial. Bandung: Alfabeta.

Rusman dkk. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Mengembangkan Profesionalitas Guru. Bandung: Raja Grafindo persada.

Sanjaya, Wina. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Syaefudin Sa’ud, Udin. (2012. Inovasi pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

30-12-2022

How to Cite

Lubis, S. (2022). Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1121–1126. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1121-1126

Issue

Section

Articles