Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di SD

Authors

  • Dela Diana Universitas Negeri Malang
  • Sukamti Sukamti Universitas Negeri Malang
  • Sri Estu Winahyu Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1110-1120

Keywords:

utilization, media, science learning, pemanfaatan, pembelajaran IPA

Abstract

Abstract: The purpose of this research to determine the use of science learning media, types of learning media used, obstacles faced by teachers and efforts to deal with obstacles in the use of science learning media at SDN Polehan 5 Malang.  This type of research is phenomenological research with a qualitative descriptive method.  The subjects of this study were the first to sixth grade teachers.  Data collection techniques used include observation, interviews, and documentation.  The data analysis technique uses the data reduction stage, data presentation and conclusions.  The results showed that (1) the types of science learning media used by the teacher were natural environment media, visual media, audio visual media, physical object media and multimedia media, (2) the use of science learning media at SDN Polehan 5 Malang was still low, four of  six teachers still do not use science learning media when teaching, (3) the obstacles faced by teachers in the use of science learning media are the limited facilities owned by the school and the limited ability of the teacher, (4) the efforts made are to improve the teacher's ability by studying with colleagues  work, attended training on the use of learning media from the Malang city office.

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran IPA, jenis media pembelajaran yang digunakan, kendala yang dihadapi guru serta upaya dalam menghadapi kendala dalam pemanfaatan media pembelajaran IPA di SDN Polehan 5 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas satu sampai kelas enam. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) jenis media pembelajaran IPA yang digunakan guru adalah media lingkungan alam, media visual, media audio visual, media objek fisik dan media multimedia, (2) pemanfaatan media pembelajaran IPA di SDN Polehan 5 Malang masih rendah, empat dari enam guru masih belum menggunakan media pembelajaran IPA ketika mengajar, (3) kendala yang dihadapi guru dalam pemanfaatan media pembelajaran IPA yaitu keterbatasan fasilitas yang dimiliki sekolah dan keterbatasan kemampuan yang dimiliki guru, (4) upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kemampuan guru dengan belajar bersama rekan kerja, mengikuti pelatihan penggunaan media pembelajaran dari dinas kota Malang.

References

Abdul, M. 2017. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ahyar,dkk. 2020. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Astriani, S. A. 2018. Prinsip dan Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran. Universitas Nurul Jadid, 1–13.

Asyhar, R. 2017. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Budiningsih, & Yasin. 2021. Buku Ajar Desain Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Hasan & Milawati. 2021. Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

Hasbiansyah, O. 2015. Pendekatan Fenomenologi : Pengantar Praktik Penelitian.

Kumala, F. N. 2016. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 8, Issue 9).

Marinda, L. 2020. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116–152. Dari: https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Majid, R. 2015. Pendekatan, Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd. Thousand Oaks, CA: Sage.

Portanata, L. 2017. Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1), 337–348.

Sanjaya. 2020. Media Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Kencana.

Sumiharsono, & Hasanah. 2017. Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi.

Susanto, H., & Akmal, H. 2019. Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi. In Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Dari: http://eprints.ulm.ac.id/8313/1/10.

Widayati, & Adhe. 2020. Media Pembelajaran, Sumber Belajar dan APE. Surabaya: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

30-11-2022

How to Cite

Diana, D., Sukamti, S., & Winahyu, S. E. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(11), 1110–1120. https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1110-1120

Issue

Section

Articles