Pengembangan Buku Cerita Elektronik dengan Metode Storytelling pada Teks Dongeng Fabel di Kelas 2 SD

Authors

  • Irhamillah Azza Universitas Negeri Malang
  • Alif Mudiono Universitas Negeri Malang
  • Ferril Irham Muzakki Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1085-1092

Keywords:

electronic storybook, storytelling, fable, buku cerita elektronik, dongeng fabel

Abstract

Abstract: This study has a goal, namely to produce learning media in the form of electronic story books with a valid storytelling method according to experts and practical according to students and teachers. In this study using the ADDIE research model. Product validity testing was carried out by material expers, media experts, and teacher as the next user for large group trials to 26 students of class 2 cut meutia SDN Kepanjenlor 2 Blitar City. Based on the validity test by the material expert, the percentage is 93,75 percent, the media expert is 93,75 percent, and the teacher as the user gets the percentage 96,87 percent. All three fall into the very valid category. The practicality of the product provided is 100 percent by the teacher and 97.2 percent by the students, both of which fall into the “very practical” category. Thus, the electronic storybook learning media proved to be very valid and very practical. It is better if the electronic storybook is not only developed on the text of fabels, but on other stories according to the target.

Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan yaitu menghasilkan media pembelajaran berupa buku cerita elektronik dengan metode storytelling yang valid menurut para ahli serta yang praktis menurut peserta didik dan guru. Pada penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE. Pengujian kevalidan produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan guru sebagai pengguna. Selanjutnya untuk uji coba pada kelompok besar akan diujikan kepada 26 peserta didik kelas 2 cut meutia SDN Kepanjenlor 2 Kota Blitar. Berdasarkan uji kevalidan oleh ahli materi mendapatkan persentase 93,75 persen, ahli media mendapatkan persentase 93,75 persen, dan guru sebagai pengguna mendapatkan persentase 96,87. Ketiganya masuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan kepraktisan produk mendapat persentase sebesar 100 persen dari guru dan 97,2 persen dari peserta didik serta keduanya termasuk kategori sangat praktis. Dengan demikian, media pembelajaran buku cerita elektronik terbukti sangat valid dan sangat praktis. Sebaiknya buku cerita elektronik tidak hanya dikembangkan pada teks dongeng fabel, namun pada cerita lain yang sesuai sasaran.

References

Kurniasari, A., Fitroh, S., &Deni, A.P. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), 2460-8475. http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Krisnawan, Hilarius A. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Anti Korupsi Untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas II B SD Negeri.

Lubis, A.H. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Cooperative Learning Tipe Numerad Heads Together. In FORUM PAEDAGOGIK (Vol.11, pp. 127-143)

Malawi, I. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi Magetan) : CV Ae Media Grafika

Mulyati, dkk. (2015). Keterampilan Berbahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jakarta : Universitas Terbuka.

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arif, S. Sadiman, dkk. (2014). Media Pendidikan : pengertian, pengembangan dam pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada

Smeda, N., Dakich, E., & Sharda, N. (2014). The effectiveness of digital storytelling in the classroom: a comprehensive study. Smart Learning Environments, 1(1), 6.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung : Alfabeta

Downloads

Published

30-11-2022

How to Cite

Azza, I., Mudiono, A., & Muzakki, F. I. (2022). Pengembangan Buku Cerita Elektronik dengan Metode Storytelling pada Teks Dongeng Fabel di Kelas 2 SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(11), 1085–1092. https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1085-1092

Issue

Section

Articles