Analisis Keterampilan Menulis Cerita Pengalaman pada Peserta Didik Kelas V SD

Authors

  • Dimas Ramadhani Bawono Universitas Negeri Malang
  • Muh. Arafik Universitas Negeri Malang
  • Suhartono Suhartono Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1068-1084

Keywords:

experience with writing skills, experience with writing problems, teacher's efforts to fix problem, keterampilan menulis cerita pengalaman, permasalahan menulis cerita pengalaman, upaya guru

Abstract

Abstract: The skill of writing experiential stories is a skill possessed by students in stories based on personal experience in accordance with written linguistic rules that have been set. This study aims to determine the skill level of writing experience stories in fifth grade students at SDN Karangbesuki 1, Malang City. The approach in this study uses descriptive qualitative by describing the phenomena encountered in the field and producing descriptive data. The data collection technique used in this research is observation, tests, interviews, and documentation. The results showed that the skills of writing experience stories in fifth grade students at SDN Karangbesuki 1 Malang City tended to be low. This is known based on the test results where students experience problems in writing stories based on intrinsic experience and mechanical aspects of writing. The teacher's efforts to help students overcome writing difficulties are also highlighted.

Abstrak: Keterampilan menulis cerita pengalaman merupakan sebuah keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik dalam menulis cerita berdasarkan pengalaman pribadi sesuai dengan kaidah-kaidah kebahasaan yang sudah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan menulis cerita pengalaman pada peserta didik kelas V SDN Karangbesuki 1 Kota Malang. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan fenomena yang ditemui di lapangan serta menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis cerita pengalaman pada peserta didik kelas V SDN Karangbesuki 1 Kota Malang cenderung rendah. Hal ini diketahui berdasarkan hasil tes dimana peserta didik mengalami permasalahan dalam menulis cerita pengalaman ditinjau berdasarkan unsur intrinsik dan aspek mekanik dalam menulis. Selain mengetahui tingkat keterampilan dan permasalahan peserta dalam menulis, upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan peserta didik dalam menulis juga turut menjadi fokus penelitian.

References

Cresswell, John. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Belajar.

Fadlilah, N. (2014). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MENULIS TERBIMBING PADA SISWA KELAS VC SD NEGERI JUMOYO 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Universita Negeri Yogyakarta.

Lestari, & Indihadi. (2019). Penggunaan Media Kartu Huruf dalam Peningkatan Pemahaman Penggunaan Huruf Kapital dalam Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6 (1), 16–27.

Mariandari, R. (2017). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENGALAMAN MELAKSANAKAN PERAN DALAM KELUARGA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN WRITING IN THE HERE AND NOW DI KELAS II MI NURUL ISLAM SIDOARJO [Universitas Islam Negeri Sunan Ampel]. http://digilib.uinsby.ac.id/16731/5/Bab%202.pdf

Moleong, Lexy. J. (2016). Metedologi Penelitian Kualitatif (36th ed.). PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Permatasari, T. A. (2020). ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR. Universitas Pendidikan Indonesia.

Puteri, D. A. (2019). PENERAPAN METODE QUANTUM WRITER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA SMK TELEKOMUNIKASI DARUL’ULUM. Jurnal Ilmiah SARASVATI, 1(1).

Rahmawati, I. S., Roekhan, & Nurchasanah. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL DENGAN MACROMEDIA FLASH BAGI SISWA SMP. Jurnal Pendidikan, 1(7), 1323–1329. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6561/2796

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343

Sari, P. J. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENGALAMAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (Vol. 14).

Setiawati, I. (2016). STRATEGI MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN KREATIF PADA SISWA KELAS 4 DAN 5. Jurnal Dinamika Penelitian, 16 (1), 107–127. https://doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.1.107-127

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (edisi ke-27). Alfabeta.

Suhartika, D., & Indihadi, D. (2021). ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PESERTA DIDIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR. In Journal of Elementary Education (Vol. 5, Issue 2). https://www.jurnalfai-uikabogor.org/attadib

Sumasari, Y. J. (2014). ANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK DALAM HIKAYAT CERITA TAIFAH. Jurnal Pendidikan Sastra Dan Bahasa, 4, 68–75. https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/2336

Downloads

Published

30-11-2022

How to Cite

Bawono, D. R., Arafik, M., & Suhartono, S. (2022). Analisis Keterampilan Menulis Cerita Pengalaman pada Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(11), 1068–1084. https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1068-1084

Issue

Section

Articles