Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman Teks Narasi pada Peserta Didik Kelas V SD

Authors

  • Oktarina Nur Restiani Universitas Negeri Malang
  • Muh. Arafik Universitas Negeri Malang
  • Titis Angga Rini Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1053-1067

Keywords:

reading comprehension ability, reading comprehension difficulty, kemampuan membaca pemahaman teks narasi, kesulitan membaca pemahaman teks narasi

Abstract

Abstract: Difficulty in reading comprehension of narrative texts is the difficulty experienced by students in understanding the contents of narrative texts. The purpose of this study is to determine the fifth grade students' ability to read and understand narrative texts and the difficulties in reading comprehension of narrative texts experienced by fifth grade students at SDN Karangbesuki 1 Malang. The approach in this study uses descriptive qualitative by describing the phenomena encountered in the field and producing descriptive data. Data collection techniques are used in the form of observations, tests, and interviews. The results showed that the students' ability to read and understand narrative texts was low. In addition, it was also found that students had difficulties in determining who, when, and where aspects related to the level of literal understanding; difficulties in determining the main ideas and messages contained in reading texts on interpretive understanding; difficulties in concluding the contents of readings related to critical understanding; and difficulties in retelling the reading text using their own language at the level of creative understanding.

Abstrak: Kesulitan membaca pemahaman teks narasi merupakan kesulitan yang dialami peserta didik dalam memahami isi teks narasi. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui kemampuan membaca pemahahaman teks narasi dan kesulitan membaca pemahaman teks narasi yang dialami oleh peserta didik kelas V SDN Karangbesuki 1 Malang. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan fenomena yang ditemui di lapangan serta menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca pemahaman teks narasi yang dimiliki peserta didik tergolong rendah. Selain itu juga ditemukan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam menentukan aspek siapa, kapan, dan dimana berkaitan dengan tingkat pemahaman literal, kesulitan menentukan gagasan pokok dan pesan yang terkandung dalam teks bacaan pada pemahaman interpretatif, kesulitan menyimpulkan isi bacaan berhubungan dengan pemahaman kritis, dan kesulitan menceritakan kembali teks bacaan menggunakan bahasa sendiri di tingkat pemahaman kreatif.

References

Ardiyanto, D., Sulistyawati, I., & Yustitia, V. (2021). Problematika Pemahaman Teks Narasi Pada Siswa Kelas 4 SDN Margorejo 1/403 Surabaya. Inventa, 5(1), 130–137. https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a3606

Cahyani, A., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Tulis Pada Teks Narasi Siswa Kelas V SDN 13 Manggelewa Kabupaten Dompu. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1.

Cresswell Jhon W. (2012). Educational Research. PEARSON.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Faridah, S., Astutik, R. W., Putri, N. S., Febriana, H. A., & Nurfaida, A. (2019). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Berbantuan Teks Cerpen Di Kelas VIII F SMP Negeri 1 Telukjambe Timur. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia Sasindo Unpam.

Halimah, A. (2015). Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Auladuna, 2(2). http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/877

Inayah, U. N., Fadhillah, D., Enawar, & Sumiyanti. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Di SDN Cipondoh 5 Kota Tangerang. Prosiding Samasta.

Niliawati, L., Hermawan1, R., & Riyadi2, A. R. (2018). PENERAPAN METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 14(2), 131–138. https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.115

Rudyanto, H. E. (2017). Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Soal Cerita Kelas IV. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(2), 175–182. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i2.34

Rumahorbo, E. M. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 6 NAGRI KALER. UPI.

Sholihah, S. M., Kurniasih, & Hartati, T. (2019). Penerapan Model Circ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 354–363.

Siswono. (2019). Paradigma Penelitian Pendidikan (Nita (ed.)). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Subadiyono. (2014). Pembelajaran Membaca (Ria Anggraini (ed.); 2014th ed.). c.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Alfabeta, Bandung (22nd ed.). Alfabeta, Bandung. https://doi.org/10.1103/PhysRev.47.506

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Susanti, L., Kurniaman, O., & Antosa, Z. (2017). An Analysis of Ability in Understanding Reading Discourse of Students Clasas V SD Negeri Se-Gugus III Sail Sub-District Pekanbaru City.

Wulandary, R. W. (2017). Pengaruh Budaya Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV MI AL-ABRAR Makassar. In UIN Alauddia Makassar. UIN Alauddia Makassar.

Downloads

Published

30-11-2022

How to Cite

Restiani, O. N., Arafik, M., & Rini, T. A. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman Teks Narasi pada Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(11), 1053–1067. https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1053-1067

Issue

Section

Articles