Pengembangan E-Modul Muatan IPS Berbantuan Web Live Worksheet Materi Kegiatan Ekonomi di Lingkungan Sekitar Sampai Provinsi pada Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Melinda Puspitasari Universitas Negeri Malang
  • Puri Selfi Cholifah Universitas Negeri Malang
  • Arda Purnama Putra Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1027-1039

Keywords:

e-modul, economic activities, IPS, live worksheet, kegiatan ekonomi

Abstract

Abstract:The purpose of this research and development is to produce development products in the form of e-modules assisted by web live worksheets that are valid, practical, and attractive. The e-module development uses a research and development approach. The research and development model used is the ADDIE model which has 5 stages. The research and development subjects included material experts, teaching materials experts, fourth grade students at SDN Karangsari 2 with a total of 28 students. Data collection techniques in research and development are carried out by interviews, observations, questionnaires, and documentation. The results of the e-module product validity test show a level of validity that is very valid with an average validation value of 93.9 percent. The results of the practicality and attractiveness of the e-module product are very practical with an average practicality value of 97.3 percent and very attractive with an average attractiveness value of 100 percent. Thus, the e-module product is feasible to use and is expected to increase students' learning motivation.

Abstrak: Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan produk pengembangan berupa e-modul berbantuan web live worksheet yang valid, praktis, dan menarik. Pengembangan e-modul menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang memiliki 5 tahapan. Subjek penelitian dan pengembangan meliputi ahli materi, ahli bahan ajar,  siswa kelas IV SDN karangsari 2 dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi.Hasil uji kevalidan produk e-modul menunjukkan tingkat kevalidan yaitu sangat valid dengan rata-rata nilai validasi sebesar 93,9 persen. Hasil uji kepraktisan dan kemenarikan produk e-modul yaitu sangat praktis dengan rata-rata nilai kepraktisan sebesar 97,3 persen dan sangat menarik dengan rata-rata nilai kemenarikan sebesar 100 persen. Dengan demikian, produk e-modul layak digunakan dan diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

References

Afifah Widiyani, P. P. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software LIveworksheet pada Materi PPKn. Riset Pedagogik, 5, 1–23.

Agditianingrum, S., Madyonon, S., & Suminah, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Materi Kegiatan Ekonomi melalui Media Lectora Inspire pada Siswa Kelas IV SDN Karangtengah 1 Blitar. Wahana Sekolah Dasar, 28(1), 19–25. http://repository.um.ac.id/118809/

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Elvarita, A., Iriani, T., Handoyo, S. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (JPensil), 9(1), 1–7.

Erinawati, B. (2016). PENGEMBANGAN E-MODUL PENGGABUNGAN DAN PEMBERIAN EFEK CITRA BITMAP KELAS XI MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 KLATEN. https://doi.org/http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45091

Ghufroni, & Dewi, M. R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bermain Drama Dengan Model Pembelajaran Savi Pada Siswa Sma. Jurnal SEMANTIKA, 1(1), 31–46.

Gunamantha, I. M., Studi, P., Dasar, P., & Ganesha, U. P. (2021). FLIPBOOK MAKER UNTUK SUBTEMA PEKERJAAN DI SEKITARKU KELAS IV SD / MI Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. 5(2), 165–174.

Hizhar, D., Arni Yunita, R., & Utia, R. (2018). VALIDITAS, RELIABILITAS, PRAKTIKALITAS DAN EFEKTIFITAS BAHAN AJAR CETAK MELIPUTI LKS, HANDOUT, BROSUR, LEAFLET DAN WALLCHART.

Indah, Dewi., D. (2021). No Titl Pembelajaran Praktik Baik untuk Peserta Didik. Banjarmasin: Tinta Merah Indonesia.

Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul (Kemendikbud (ed.)). Kemendikbud.

Muis, M. (2019). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Gresik: Caremedia Communication.

Munifah, U., Nugraha, A., & Ganda, N. (2020). Pengembangan Media Diorama tentang Kegiatan Ekonomi di Lingkungan Sekitar untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 167–174. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Nugraha, A Subarkah, C. Z., & S. (2015). Penggunaan e-module pembelajaran pada konsep sifat koligatif larutan untuk mengembangkan literasi kimia siswa. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains, 201-204.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(1), 171–187.

Rizan Dwi Atmaji, I. M. (2018). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS LITERASI SAINS. 1(1), 28–34.

Rusdi. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sadjati, Ida Malati, Nasution, S., Afrianto, H., & NURFADILLAH SALAM, S. & J. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Pendidikam, 3(1), 1–62. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sagita, R., Azra, F., & Azhar, M. (2017). Pengembangan Modul Konsep Mol Berbasis Inkuiri Terstruktur Dengan Penekanan Pada Interkoneksi Tiga Level Representasi Kimia Untuk Kelas X Sma. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(2), 25. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jep.v1i2.48

Setiawati, S. (2016). Penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia (Kbbi) dalam Pembelajaran Kosakata Baku dan Tidak Baku pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Gramatika, 2(1), 80391. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22202/JG

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.

Syarief, A., Umar, G., & Permata, R. I. (2019). Evaluasi Desain User Interface Berdasarkan User Experience Pada iJateng. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(4), 11–21.

Teodardus, L., Yuniasih, N., & Nita, C. I. R. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Aplikasi Liveworksheets Pada Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Kebonsari 4 Malang Universitas. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5(November), 5–24.

Wibowo, S. (2021). Pengembangan E-Modul Materi Kepatan Dan Debit Berbasis Model 3N (Niteni, Niroke, Nambahi) Dengan Penguatan Karakter Mandiri Siswa KELAS VB SD NEGERI 1 KAUMAN. Industry and Higher Education.

Yunendar, W. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Smartphone (Android) Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Sma Negeri 2 Makassar. Tesis Universitas Negeri Makassar, 98.

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi 4.0. 2nd Science Education National Conference, 13(April), 1–18.

Downloads

Published

30-11-2022

How to Cite

Puspitasari, M., Cholifah, P. S., & Putra, A. P. (2022). Pengembangan E-Modul Muatan IPS Berbantuan Web Live Worksheet Materi Kegiatan Ekonomi di Lingkungan Sekitar Sampai Provinsi pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(11), 1027–1039. https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1027-1039

Issue

Section

Articles