Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 yang Menggunakan Model PjBL dengan Model Konvensional pada Materi Volume Kubus dan Balok di SD

Authors

  • Sintya Permatasari Universitas Negeri Malang
  • Suhartono Suhartono Universitas Negeri Malang
  • Yulia Linguistika Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i102022p996-1012

Keywords:

project based learning, conventional, cubes and cuboids, pembelajaran berbasis proyek, konvensional, kubus dan balok

Abstract

Abstract: The Project Based Learning (PjBL) model is able to be one of the options that can be taken for mathematics learning in elementary school, where students design a project and then present it. This study aimed to analyze the differences in mathematics learning outcomes of 5th grade students who used the PjBL model with conventional models on cube and cuboid volume materials at SDN Sananwetan 01 Blitar. This research used a quantitative approach with quasi experimental design forms in grades 5B (experiments) and 5A (control) SDN Sananwetan 01 Blitar. Data collection techniques are carried out through interviews and questionnaires with research instruments in the form of student learning outcome tests (pretest and posttest). The results showed a difference in the results of learning mathematics of 5th grade students who used the PjBL model with conventional models on cube and cuboid volume materials. This is indicated through the value of Asymp. Sig. (2-tailed) of 0.001 less than 0.05 on Mann Whitney U-Test test results and N-Gain Score of experimental class 0.4536 and control class 0.294.

Abstrak: Model Project Based Learning (PjBL) mampu menjadi opsi untuk pembelajaran matematika di Sekolah Dasar, di mana siswa merancang sebuah proyek kemudian mempresentasikannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas 5 yang menggunakan model PjBL dengan model konvensional pada materi volume kubus dan balok di SDN Sananwetan 01 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk quasi experimental design di kelas 5B (eksperimen) dan 5A (kontrol) SDN Sananwetan 01 Blitar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan angket dengan instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa (pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas 5 yang menggunakan model PjBL dengan model konvensional pada materi volume kubus dan balok. Hal ini ditunjukkan melalui nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 kurang dari 0,05 pada hasil uji Mann Whitney U-Test dan N-Gain Score kelas eksperimen 0,4536 dan kelas kontrol 0,2949.

References

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(2), 145 150. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225

Ariani, L., & Zainil, M. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning ( PjBL ) Terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas IV SD. Inovasi Pembelajaran SD, 8(5), 193–200.

Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian (12th ed.). PT Rineka Cipta.

Ariyana, Y., Ari, P., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Sajidan & R. Mohandas (eds.); Vol. 53, Issue 9). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Banawi, A. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Sintaks Discovery/Inquiry Learning, Problem Based Learning, Project Based Learning. Jurnal Biology Science & Education 2019, 8(1), 90–100.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Gava Media.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, 3(1), 34–44.

Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201–212. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187

Hidayat, A. A., & Trimurtini. (2020). Keefektifan Model PjBL Berbantuan Soal Open Ended Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 117–125.

Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika dalam Pembelajar Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106–114. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257

Makarim, F. R. (2021). 4 Tahapan Perkembangan Kognitif Si Kecil dalam Teori Piaget. https://www.halodoc.com/artikel/4-tahapan-perkembangan-kognitif-si-kecil-dalam-teori-piaget

Manullang, F. R. (2019). Konsep Dasar Matematika SD untuk PGSD (1st ed.). Prenadamedia Group.

Musfiqon, H., & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik (Nurdyansyah (ed.)). Nizamia Learning Center Sidoarjo.

Mustopo, A. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV Materi Keliling Luas Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Indonesian Journal of Basic Education, 2, 182–191.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian) (1st ed.). Parama Publishing.

Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD (N. N. Muliawati (ed.); 1st ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Rusydi, A., Yani, I., & Sagita, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VI SD Pada Materi Volume Kubus Dan Balok Dengan Menggunakan Alat Peraga Vokuba. Jurnal Pelangi, 8(1), 24–33. https://doi.org/10.22202/jp.2015.v8i1.337

Solekhah, I., Slameto, & Radia, E. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SD. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 6(2), 1–7.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (Sutopo (ed.)). ALFABETA.

Sujarweni, W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Pustaka Baru Press.

Sundayana, R. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. ALFABETA.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703

Syafnidawaty. (2020). Model Pembelajaran Konvensional. https://raharja.ac.id/2020/11/17/model-pembelajaran-konvensional/

Syahbana, A. (2013). Alternatif Pemahaman Konsep Umum Volume Suatu Bangun Ruang. Edumatica, 03(02), 1–7.

Usman, H., & Akbar, P. S. (2019). Pengantar Statistika: Cara Mudah Memahami Statistika (R. A. Kusumaningtyas (ed.); 3rd ed.). Bumi Aksara.

Wardani, D. K., Suyitno, & Wijayanti, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 207–213.

Winarni, E. S., & Harmini, S. (2017). Matematika untuk PGSD (A. Kamsyach (ed.); 7th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Yuniawatika. (2011). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar. Edisi Khusus, 2, 107–120. http://jurnal.upi.edu/file/12-Yuniawatika-EDIT.pdf

Downloads

Published

30-10-2022

How to Cite

Permatasari, S., Suhartono, S., & Linguistika, Y. (2022). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 yang Menggunakan Model PjBL dengan Model Konvensional pada Materi Volume Kubus dan Balok di SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(10), 996–1012. https://doi.org/10.17977/um065v2i102022p996-1012

Issue

Section

Articles