Pengaruh Penerapan Media Kartu Baca terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN

Authors

  • Septiana Fira Mawarni Universitas Negeri Malang
  • Titis Angga Rini Universitas Negeri Malang
  • Muh Arafik Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i102022p974-995

Keywords:

reading card media, beginning reading, media kartu baca, membaca permulaan

Abstract

Abstract: Beginning reading is an early stage that supports other language skills. Good reading skills can affect student learning success. This research is motivated by the problems that occurred at SDN Cemorokandang 01 Malang City, namely the lack of effective learning due to the pandemic period so that learning has been running for one semester there are still students who still have difficulty in reading the beginning and affect the student learning process, because students read to learn. The purpose of this study was to determine the application and influence of reading card media on the early reading ability of first graders at SDN Cemorokandang 01 Malang City. This study uses a quantitative approach with the Pre-Experimental Design method. The type of design used is One Group Pretest-Posttest Design. The number of samples in this study were 30 students with a total sampling technique. Data collection techniques used are observation, tests, and documentation. The data analysis technique used is the Wilcoxon Signed Rank Test nonparametric statistical test. Observation results show the percentage of 77 percent with the category of students participating in learning using reading card media well. The results of data analysis using the Wilcoxon Signed Rank Test obtained a significance of 0.000 less than 0.05, which means that there is a significant difference between the initial reading ability of first-class students at SDN Cemorokandang 1 Malang before and after learning using reading card media.

Abstrak: Membaca permulaan merupakan tahap awal yang mendukung kemampuan berbahasa yang lainnya. Kemampuan membaca yang baik dapat berpengaruh dalam kesuksesan belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi di SDN Cemorokandang 01 Kota Malang yaitu kurang efektifnya pembelajaran karena masa pandemi sehingga sudah berjalan pembelajaran selama satu semester masih terdapat siswa yang masih kesulitan dalam membaca permulaan dan mempengaruhi proses belajar siswa, karena siswa membaca untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan pengaruh media kartu baca terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Cemorokandang 01 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre- Experimental Design. Jenis desain yang digunakan, yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa dengan teknik total sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistika nonparametrik Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil observasi menunjukkan persentase 77 persen dengan kategori siswa mengikuti pembelajaran menggunakan media kartu baca dengan baik. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN Cemorokandang 1 Kota Malang sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan media kartu baca.

References

Adhiyah, M. 2018. Metode Pembelajaran Membaca Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Ar-Roihan Lawang. Tabiyah Dan Keguruan. http://etheses.uin-malang.ac.id/12156/1/14140092.pdf.

Alawiyah, Y., & Rukmi, A. S. 2021. Pengembangan Media kartu baca Berbasis Android Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–11.

Andhini, R. T. 2015. Pengembangan media kartu kata untuk melatih keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Wonokerto 01 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang oleh Roza Tiya Andhini. S1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Andriani, A. 2021. Pengaruh Media Papan Flanel Kata berbasis Metode Sas terhadap Keterampilan Membaca Permulaan. Universitas Muhammadiyah Magelang., 4(1), 1–23.

Anggie, A. 2018. Keefektifan Metode Pengajaran Membaca dan Menulis. Keefektifan Metode Pengajaran Membaca Dan Menulis, 4(1), 1-8.

Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Astuti, A. W., Drupadi, R., & Syafrudin, U. 2021. Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 73–81.

Astuti, S. K. 2016. Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelompok A Taman Kanak-Kanak ABA Pendowo. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(2).

Daeni, E. I. 2020. Meningkatkan Minat Baca Anak melalui Permainan Kartu Kata Bergambar di Kelompok B2 TK Darussalam. Jurnal Education Fkip Unma, 6(1), 500–503.

Dewi, M. S. 2017. Proses pembiasaan dan peran orang terdekat anak sebagai upaya penanaman nilai agama dan moral pada anak usia dini. Seling : Jurnal Program Studi PGRA, 3(1), 84–98.

Dhieni, N., & Fridani, L. 2017. Hakikat Perkembangan Bahasa Anak. (Online). (https://core.ac.uk/download/pdf/198234596.pdf), diakses 12 Desember 2021.

Djamilatun, D. 2021. Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Metode Suku Kata Berbantuan Kartu Bergambar pada Siswa Kelas I SD Negeri Becirongengor Wonoayu Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 620- 625.

Elinda, D. R. 2015. Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring dan Menulis Pengumuman dengan Model Student Teams Achievement Divisions Siswa Kelas IV SDN 01 Karangasem Rembang Tahun Pelajaran 2013/2014. Doctoral Dissertation, Universitas Muria Kudus.

Esti, T., & Irul, H. 2017. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kesehatan.(Online), (https://files.osf.io/v1/resources/deuxv/providers/osfstorage/5b684afe7e433e00150608d4?action=download&version=1&direct), diakses 10 Desember 2021.

Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. 2019. Pengaruh Metode Suku Kata dengan Media Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270.

Gusmaladewi, D. 2020. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Media Big Book Siswa Kelas II SD Negeri 102 Makale 5 Kecamatan Makale Kelurahan Buntuburake. Doctoral Dissertation, Universitas Cokroaminoto Palopo.

Gusri. 2015. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Sas Siswa Di SDN 115 Kab. Pinrang Gusri. Kuriositas: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 8(2), 31–39.

Hadi, I. A. 2017. Pentingnya pengenalan tentang perbedaan individu anak dalam belajar. Jurnal Inspirasi, 1(1), 71–92.

Halimah, A. 2014. Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di SD/MI. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 190–200.

Harras, K. A. 2014. Hakikat dan Proses Membaca. (Online), (http://repository.ut.ac.id/4744/1/PBIN4108-M1.pdf), diakses 11 Desember 2021.

Hartati, S. 2017. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata Berwarna pada Siswa Kelas IA MIN 1 Kota Bengkulu. Diksa: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–11.

Hasma, Barasandji, S., & Muhsin. 2014. Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Metode Bermain pada Siswa Kelas I SDN Nambo Kec . Bungku Timur. Jurnal Pendidikan Untad, 3(1), 147–160.

Havisa, S., Solehun, S., & Putra, T. Y. (2021). Pengaruh Metode Suku Kata Menggunakan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 23–31. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.765.

Herianti, K. D. W. A., & Bua, A. T. 2020. Perbandingan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Metode Global Berbantuan Media Gambar Di Kelas II SDN 045 Tarakan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4, 14.

Hilaliyah, T. 2016. Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Membaca Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1, 187–194.

Hilmawan, N. 2018. Pengaruh Penerapan Metode Ice Breaking (Yel-Yel) terhadap Hasil Belajar Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDI Sambung Jawa 1 Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Ekonomi & Bisnis, 3(3), 1–90.

Indria, V. P., Sumarsih, & Agustriana, N. 2017. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Membaca Glenn Doman pada Anak Kelompok A PAUD Sambela Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2), 95–100. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/2786.

Indrianty, D., Kurniawan, O., & Witri, G. 2017. Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik ) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas I SDN 88 Pekanbaru. Garuda.Ristekbrin.Go.Id, 72, 1–13. https://media.neliti.com/media/publications/205362-penerapan-metode-sas-struktural-analitik.pdf

Irdawati, Y., & Darmawan. 2014. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 1–14.

Istanto, B. 2014. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas I SD Negeri 1 Pandeyan Jatinom Klaten. State University of Yogyakarta Is a State University, 1–191.

Jannah, F. R. 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Belajar P4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa Kelas V Sdn Kebonsari 03 Jember. Repository Universitas Jember.

Kemendikbud. 2014. Pentingnya Membaca dan Penilaian di Kelas-kelas Awal. 1–10.

Kemendikbud. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–162.

Khotimah, H., Harjono, H. S., & Hadiyanto. 2019. Penggunaan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 4(2), 13–27.

Kifriyani, N. A. 2020. Analisis Penderita Gangguan Cadel Pada Kajian Psikolinguistik. Jurnal Konfiks, 7(2), 35–43. https://jurnal.unismuh.ac.id/index.php/konfiks/article/view/4485.

Kusmayanti, S. 2019. Membaca Permulaan Dengan Metode Multisensori. Jurnal Pendidikan Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam Dan Keguruan Universitas.

Kusuma, S. R. 2021. Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Fase Permulaan dengan Menggunakan Metode SAS Pada Peserta Didik Di MI Hidayatuth Tholibin Kalidawir Tulungagung. UIN Satu Tulungagung Institutional Repository, 98–113.

Larasshinta, D. 2018. Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Pada Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Mi Ma’Arif Nu Sokawera Padamara Purbalingga Tahun Pelajaran 2017/2018. 109.

Marlena, F. 2019. Penggunaan Metode SAS (Struktur Analisis Sintetik) dengan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 100 Seluma. Doctoral Dissertation, IAIN Bengkulu.

Maulida, N., & Majalengka, U. 2020. Penerapan Metode Generating Interaction Between Schemata and Text untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 461- 468).

Muammar. 2020. Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil. http://repository.uinmataram.ac.id/406/1/Buku Membaca Permulaan di Sekolah Dasar.pdf.

Mulyati, Y. 2014. Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa Indonesia SD Modul 1. Jakarta: PDF Ut. Ac. Id, 1–34.

Murti, R. A. N. 2017. Peningkatan Kemampuan Membaca Fungsional melalui Media Flashcard bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas II SLB N Pembina Yogyakarta. Occupational Medicine, 4, 1–183.

Musripah. 2020. Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Kartu Suku Kata. Jurnal Pedagogi: Jurnal Penelitian dan Pendidikan, 1(2), 54-62.

Mustikawati, R. 2015. Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Metode Suku Kata (Syllabic Method) Pada Siswa Kelas I SD Negeri Nayu Barat III Banjarsari Surakarta Tahun 2014/2015. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 2(1), 41–56.

Mustikowati, D., Wijayanti, E., & Darmanto, J. 2016. Meningkatkan Semangat Membaca Dan Menulis Siswa Sekolah Dasar Dengan Permainan Kata Bersambut. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 39.

Ningsih, M., & Purwandari, S. 2021. Peningkatan Kemampuan Membaca 46 Permulaan Siswa SD Melalui Metode KRSK berbantuan Media Papan Alur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 391-396.

Nurfalah. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Global Pada Siswa Kelas I SDN 9 Ampana Kota. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 27–40.

Nursanti, A. 2020. Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Dalam Membaca Permulaan Siswa Kelas Ii Sdn 004 Baturijal Hulu Kecamatan Peranap. Jurnal Pendidikan, 11(2), 70. https://doi.org/10.31258/jp.11.2.70-82.

Oyani, D. 2021. Pengaruh Metode Pembelajaran Sas (Struktur Analitik Sintetik) berbantuan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Di SD Negeri 49 Banda Aceh. Doctoral Dissertation, STKIP Bina Bangsa Getsempena.

Pratiwi, C. P. 2020. Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 1-8.

Putri, E. K. 2019. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Teknik ALBA (Abjad Langsung Baca) bagi Peserta Didik Kelas 1 di MIN 2 Pringsewu Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Putriana, S. 2019. Pengaruh penerapan metode sas (struktural analitik sintetik) terhadap keterampilan membaca dan menulis siswa kelas i mi sabilil islam madiun tahun ajaran 2018/2019. Doctoral Dissertation, IAIN Ponorogo, 3, 103–111.

Rismawati, Andari, K. D. W., & Kartini. 2020. Perbandingan Kemampuan Membaca Permulaan antara Metode Suku Kata dengan Metode Eja Berbantuan Media Kartu Kata. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 41-46.

S Dewi, N. 2018. Pengaruh Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Murid Kelas 1 SD Negeri Limbung Putera Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. (Online), (https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/4125- Full_Text.pdf), diakses 30 November 2021.

Safruddin, M., Halimah, A., & Sulaiman, U. 2021. Efektivitas Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetis (SAS) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas II SD Rappocini Makassar. Ilmiah Madrasag Ibtidaiyah, 03(2), 169–179.

Salawati, J. B., & Suoth, L. 2020. Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal of Elementary Education, 4(1), 100. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24383.

Suasaningdyah, E. 2017. Teknik Penguatan dan Yel-Yel Motivasi Meningkatkan Semangat Belajar Peserta Didik Pada Jam-Jam Akhir Pelajaran. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(2), 113–123. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p113-123.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Suphianto, R., & Nikmatillah, A. 2021. Panduan Mengajar Belajar Baca Ahe (Anak Hebat). Sukoharjo: Ahe Education.

Suriani, S., B, S., & Efendi, E. 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Ginunggung Melalui Media Kartu Huruf Kec. Galang. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(10), 62–77. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3633.

Tjoe, J. O. L. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Pemanfaatan Multimedia. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 17-48.

Utamiasih, N. N. S. (2020). Penerapan Metode SAS Berbantuan Kartu Huruf Berwarna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 8 AbabI. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 1–9.

Volistiana, R. N. 2014. Uji Reliabilitas Step Test untuk Keseimbangan Anak Usia 5-6 Tahun. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Wardhani, K. E. 2021. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 Pada Tema Diriku. Undergraduate Thesis, Uin Raden Intan Lampung., 30–31.

Wijaya, R. P. 2021. Efektivitas Model Quatum Learning Berbantuan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan. Journal of Education Action Research, 5(1), 26-32.

Wulandari, A. 2012. Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII SMP di Kota Yogyakarta. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FBS UNY, 264.

Yuliana, R. 2017. Pembelajaran membaca permulaan dalam tinjauan teori artikulasi penyerta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 1(2), 343–350.

Downloads

Published

30-10-2022

How to Cite

Mawarni, S. F., Rini, T. A., & Arafik, M. (2022). Pengaruh Penerapan Media Kartu Baca terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(10), 974–995. https://doi.org/10.17977/um065v2i102022p974-995

Issue

Section

Articles