Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN pada Materi Kegiatan Ekonomi

Authors

  • Delta Prima Putri Nastiti Universitas Negeri Malang
  • Puri Selfi Cholifah Universitas Negeri Malang
  • Siti Umayaroh Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i102022p961-973

Keywords:

problem based learning;, interactive powerpoint, critical thinking, pembelajaran berbasis masalah, powerpoint interaktif, berpikir kritis

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effectiveness and effect of applying a problem-based learning model using PowerPoint interactive media on the critical thinking skills of students at SDN Bandulan 4 Malang grade 5 on the material of economic activities. A quantitative approach was used in this research design using the Pre-Experimental Design and One Group Pretest-Posttest Design methods as the type of research design. The sample size for this study was 29 students using the saturated sampling technique. Data collection methods used include observation, interviews, tests and documentation. The Wilcoxon nonparametric statistical test was used as a data analysis method. The results of data analysis were obtained using the Wilcoxon test with sig. 0.000 less than 0.05. This means that the interactive media PowerPoint to assist the application of problem-based learning models have a significant effect on the critical thinking skills of 5th graders at SDN Bandulan 4 Malang on the material of economic activities.

Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifan serta pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media interaktif PowerPoint pada kemampuan berpikir kritis siswa SDN Bandulan 4 Malang kelas 5 pada materi kegiatan ekonomi. Pendekatan kuantitatif digunakan pada rancangan penelitian ini dengan menggunakan metode Pre-Experimental Design dan One Group Pretest-Posttest Design sebagai jenis desain penelitian. Besar sampel untuk penelitian ini adalah 29 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Uji statistik nonparametrik Wilcoxon digunakan sebagai metode analisis data. Hasil analisis data diperoleh dengan menggunakan uji Wilcoxon dengan sig. 0,000 kurang dari 0,05. Artinya dengan adanya media interaktif PowerPoint untuk membantu penerapan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SDN Bandulan 4 Malang pada materi kegiatan ekonomi.

References

Anomeisa, A. B., & Ernaningsih, D. (2020). Media Pembelajaran Interaktif menggunakan PowerPoint VBA pada Penyajian Data Berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 17–31.

Eliana, N. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal IPA Berorientasi HOTs. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 170–180.

Enterprise, J. (2018). Lancar Menggunakan SPSS untuk pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.

Fitriana, D. W. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis: Penelitian Eksperimental Kuasi dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hardani, H. A., Ustiawaty, J., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sykmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Buku metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Gaya Belajar Auditorial Terhadap Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(1), 1–8.

Herijanto, B. (2012). Pengembangan cd interaktif pembelajaran ips materi bencana alam. Journal of Educational Social Studies, 1(1).

Ibrohim, A. (2018). Jejak inovasi pembelajaran IPS: Mengembangkan profesi guru pembelajar. Yogyakarta: Penerbit LeutikaPrio.

Ilmawan, E. L., Hartati, T., & Rengganis, I. (2019). Pengaruh Ilustrasi Musik Klasik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 87–99.

Jalmur, N. (2016). Media dan sumber pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Jubair, M., & Kresnadi, H. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(7).

Laelasari, I., & Adisendjaja, Y. H. (2018). Mengeksplorasi kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu siswa melalui kegiatan laboratorium inquiry sederhana. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 1(1), 14–19.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48–55.

Munadi, Y. (2013). Media pembelajaran sebuah pendekatan baru. Jakarta: Referensi.

Muthoharoh, M. (2019). Media PowerPoint Dalam Pembelajaran. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 21–32.

Oktianita, R. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Simulasi untuk Menumbuhkan Sikap Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kompetensi Dasar Memahami Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Rumah dan Sekolah Pada Bidang Studi IPS Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negri Pasirkampung Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur). Skripsi. Universitas Pasundan Bandung

Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Prasetyo, F. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint 2016 Pada Subtema 1 Manusia Dan Lingkungan Di Kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint 2016 Pada Subtema 1 Manusia dan Lingkungan di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi. Univeristas Negeri Jambi

Pratiwi, S. (2016). Strategi Pembelajaran IPS di Sd Negeri Gambiran Umbulharjo, Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Doctoral dissertation. Universitas PGRI Yogyakarta.

Purbarani, D. A., Dantes, N., & Adnyana, P. B. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 24–34.

Reta, I. K. (2012). Pengaruh model pembelajaran Berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir Kritis ditinjau dari Gaya kognitif siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1).

Rezeki, M., Aritonang, H., Lada, E. Y., & Langkis, L. (2021). Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika dengan Pembelajaran Daring Asinkronus dan Sinkronus. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(03), 132–142.

Rizadewi, I. (2012). Penggunaan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkanpemahaman Konsep Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Bolong Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Universitas Sebelas Maret

Roviati, E., & Widodo, A. (2019). Kontribusi argumentasi ilmiah dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 56–66.

Sakdiyah, S. H., & Sari, Y. I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Card Sort Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V Se-Gugus Kebonsari Kecamatan Sukun Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 2004–2009.

Saparwadi, L. (2016). Efektivitas metode pembelajaran drill dengan pendekatan peer teaching ditinjau dari minat dan prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 39–46.

Sapriya, S. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran (Cetakan 8). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model problem based learning (PBL) dalam melatih scientific reasoning siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33–38.

Simanjuntak, D. J. P. (2020). Metode Wilcoxon Dalam Menentukan Perbedaan Signifikan antara BPJS Penerima Bantuan Iuran dan BPJS Non-Penerima Bantuan Iuran di Sumatera Utara.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2014). Pengembangan pembelajaran IPS di SD. Jakarta: Kencana Pernada Media.

Suyanto & Gio, P. (2017). Statistika nonparametrik dengan spss, minitab, dan r. Medan: USU Press.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Umbara, I. A. A. P., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 174–186.

Wahyudi, M. D. (2019). Penerapan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Sekolah Dasar. Doctoral dissertation. Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Wibowo, E. J. (2013). Media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa sekolah dasar kelas IV. In Seruni-Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer (Vol. 2, No. 1).

Wiratna, S. V. (2015). SPSS untuk Penelitian. Penerbit Pustaka Baru Press. Yogyakarta.

Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Zulhelmi, Z., Adlim, A., & Mahidin, M. (2017). Pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap peningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 72–80.

Downloads

Published

30-10-2022

How to Cite

Nastiti, D. P. P., Cholifah, P. S., & Umayaroh, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN pada Materi Kegiatan Ekonomi. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(10), 961–973. https://doi.org/10.17977/um065v2i102022p961-973

Issue

Section

Articles