Retracted: Pengembangan Media Puzzle Berbasis Audio Visual dengan Penguatan Karakter Toleransi pada Subtema “Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku” di Kelas IV SDN

Authors

  • Eko Anis Setyorini Universitas Negeri Malang
  • Lilik Bintartik Universitas Negeri Malang
  • Sumanto Sumanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i102022p944-954

Keywords:

audio visual based puzzle, the sub-theme , tolerance, puzzle berbasis audio visual, subtema “Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku”, toleransi

Abstract

Following a rigorous, carefully concerns and considered review of the article published in Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan to article entitled “Pengembangan Media Puzzle Berbasis Audio Visual dengan Penguatan Karakter Toleransi pada Subtema “Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku” di Kelas IV SDN”. This paper has been found to be in violation of the Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan Publication principles and has been retracted. The document and its content has been removed from Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, and reasonable effort should be made to remove all references to this article.

References

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25-38.

Akbar, S. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arief, S, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatam Praktik: Jakarta:Rineka Cipta

Aroya. 2013. Pengaruh Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Peningkatan Kemampuan Calistung Peserta Didik Pendidikan Keaksaraan Fungsional Tingkat Dasat di UPTD SKB Kabupaten Trenggalek. Jurnal Unesa.

Arsyad. 2014. Media Pembelajaran . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2011. Media pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Devi Chintia. 2016. Pengembangan Media Card dalam Metode Index Card Match pada Tema “Cita-Citaku” Kelas IV di SDN Pakunden 1 Kota Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM.

Haryanto,dkk. 2015. Pengembangan Pembelajaran Permainan Bolavoli Menggunakan Media Interaktif di SMP Negeri 6 Kabupaten Situbondo. Jurnal Jasmani, 25(1), 123-128.

Jati, K., dkk. 2017. Dampak Penambangan Minyak Tradisional Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi dan Lingkungan Hidup (Studi Kasus Desa Ledok Kecamatan Sambing Kabupaten Blora). GeoEco, 3(1).

Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetendi Dasar. Jakarta: Kemendikbud.

Kosim, M. (2012). Urgensi Pendidikan Karakter. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 19(1), 84–92.

Lisa,dkk Lisa, dkk. 2018. Hubungan Antara Sikap Komunikatif Sebagai Bagian dari Pengembangan Karakter dengan Kompetensi Inti Pengetahuan Ips. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 121-128.

Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ningrum, dkk. (2016). Peran Industri Pengolahan Tembakau Dalam Perekonomian Dan Penyerapan Tenaga Kerja Di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Habitat, 26(3), 173-182.

Nurseto, T. 2011. Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1).

Oktafiani, D. 2016. Upaya Meningkatkan Sikap Percaya Diri Dan Prestasi Belajar Ips Melalui Permainan Crossword Puzzle Dengan Media Video Di Kelas IV SDN Karanglo [Phd Thesis]. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Presiden Republik Indonesia. 2017. Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tantang Pengutan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Presiden Republik Indonesia

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9-19.

Rohman, I. 2015. Arabic Puzzle Book Pengembangan Media Interaktif Untuk Keterampilan Membaca Bagi Siswa Kelas IV MI Di Kota Semarang [PhD Thesis]. Universitas Negeri Semarang.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajara. Jakarta: Rajawali Press.

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.

Sarinah. 2019. Ilmu Sosial Budaya Dasar (di Perguruan Tinggi). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Setiadi, M. 2011. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Fajat Interpratama Offset

Sudjana.N & Rivai.A. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sudrajat, A. 2011. Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).

Sugiono. 2016. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: CV Alfabeta

Sutarto, A. (2009). Reog dan Ludruk: Dua Pusaka Budaya dari Jawa Timur yang Masih Bertahan. Makalah untuk Jelajah Budaya: Pengenalan Budaya Lokal Sebagai Wahana Peningkatan Pemahaman Keanekaragaman Budaya, Javanologi, Yogyakarta.

Tumijan, dkk. (2007). Super 100! Aku Juara Kelas SD/MI Kelas 6. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Wahyuni, N. 2010. Pemanfaatan media puzzle metamorfosis dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Sawunggaling I/382 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1(2).

Yuliana, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan PMRI pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk SMP Kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 6(1), 60-67.

Published

30-10-2022

How to Cite

Setyorini, E. A., Bintartik, L., & Sumanto, S. (2022). Retracted: Pengembangan Media Puzzle Berbasis Audio Visual dengan Penguatan Karakter Toleransi pada Subtema “Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku” di Kelas IV SDN . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(10), 944–954. https://doi.org/10.17977/um065v2i102022p944-954

Issue

Section

Articles